Agar file mp3 Terbaca di USB Head Unit OEM Satya S (Fujitsu)

  • Sepertinya banyak yang kesulitan memutar file mp3 melalui USB port Head Unit OEM Satya S. Ada yang flash disk tidak terbaca, ada yang lagunya tidak selesai tiba2 ngadat, ada juga yang loncat2 sebelum lagunya selesai. Sy sendiri pernah mengalaminya, sampai mencoba 3 buah FD, bahkan pernah lagu yang saya copy ke FD terhapus otomatis setelah dicolok ke USB port HU :20:*&


    Nah, mudah2an thread ini bisa memberi solusi. Jadi jangan putus asa dulu gan, trus lgsg mau ganti HU, kecuali kalau mmg mau memperbaiki kualitas suara.


    1. Pastikan FD mendukung sistem FAT12, FAT16 atau FAT32. Dalam hal ini saya pakai Toshiba 8 GB USB 2.0


    2. Format ulang (jangan gunakan "Quick Format").


    3. Banyak file mp3 yang beredar dengan format yang beragam, dalam hal ini format frekuensi (Hz) dan laju bit (bps). Agar file mp3 tersebut bisa terbaca dgn baik pada HU seragamkan saja formatnya dengan aplikasi Format Factory, bisa di download di sini. #tentu bisa menggunakan aplikasi sejenis yang lain.


    4. Buka format factory, klik "Audio" lalu klik "All to mp3"


    5. Klik "Output Setting" untuk mengubah format mp3.


    6. Pilih "High Quality", ganti sampel frekuensi menjadi 44.100 Hz, ganti laju bit menjadi 128 kbps. #Saya belum coba format yang lain.


    7. Masukkan file mp3 yang ingin diformat.


    8. Klik "OK" lalu klik "Start"


    9. Tunggu hingga format selesai.


    10. Kelompokkan file ke dalam folder-folder. Atur sesuai selera, misalnya "1 Pop", "2 Jazz", "3 RnB", dst. Hindari menggunakan titik (.) dalam penamaan folder seperti "4. Dangdut"



    11. Copy file yang sudah di dalam folder ke Flash disk.


    12. Colok Flash disk ke Port USB Head Unit sebelum HU dinyalakan.


    Selamat mencoba...


  • Kalo dari HP gimana om zik? karena punya ane gak bisa setel mp3 klo langsung dr hp..
    atau memang head unitnya blm support ya.. (satya E m/t 2015)


    dulu sempet muter file mp3 dari hp nokia katrok yang cuman bisa smsan bisa kok...cuman kalo android kadang rada kacrut...#pengalaman pribadi