Sekilas Mengenai Kabel Audio Mobil

  • Reserve tempat dulu ya min, kayanya belum ada pembahasan soal kabel audio mobil selama ini ya....


    Pada dasarnya, dalam audio mobil hanya ada 3 jenis kabel yang digunakan, yaitu kabel RCA, kabel speaker dan kabel stroom / ground (kabel remote saya abaikan ya, karena fungsinya hanyamenyalakan power amplifier, ngga terlalu signifikan hubungannya dengan suara).
    *maaf saya ralat, ada 3 kabel




    Lalu apa bedanya ketiga kabel tersebut?
    Kenapa kabel ada yang harganya permeter 5000 ada juga yang sampe jutaan?
    Pernah denger ada 0 awg, 8 awg, 16 awg, apa artinya?
    dst

    #mundu3Audio | #workshoprumahan | RawaManGun |

    The post was edited 1 time, last by FiQi ().

  • Coba, jawab setelah berguru dengan om @"FiQi" mengenai perkabelan, dan berhasil DIY pasang audio
    AWG adalah singkatan dari American Wire Gauge, yang merupakan standard kabel yang menunjukan berapa lebar ukuran diameter kabel
    Dimana semakin kecil angka AWG, semakin besar diameter dan luas penampang kabel
    Kembali, pertanyaan kenapa untuk kabel Power dibutuhkan minimal 8 AWG dan untuk kabel speaker disesuaikan dengan power (CMIW) ??
    karena standard AWG apabila kita konversikan, berhubungan dengan diameter kabel, dan otomatis berhubungan dengan, kekuatan arus dan suhu yang melewati kabel dalam Celcius (C) dan Ampere (A)


    Sebagai contoh apabila kita konversikan, :
    8 AWG = diameter = 3,260 mm dan luas penampang = 8,3500 mm2
    untuk kabel dengan diameter tersebut maksimal dapat melewatkan arus pada suhu 60/75/90 C sebesar 40/50/55 Ampere (CMIIW)


    Nah pertanyaan nya adalah, bagai mana dengan voltase ??? apakah berpengaruh apabila voltase nya adalah 6v , 12 V, 24 V, 110 V atau 220 V ??
    Mohon maaf ilmu saya belom sampai di sana, kita kembalikan pada para master untuk menjawab

  • Banyak orang ngga sadar, bahwa kabel adalah hal yang sangat penting dalam hal audio mobil.
    Kabel adalah alat yang menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya, dan ke sumber tenaga positif (accu) maupun negatif (body mobil). Coba bayangin, kalo ngga ada kabel, emang bisa nyala tuh Head Unit, Power, Speaker, dll?
    Emang pake wifi atau bluetooth?
    hehehe


    Setiap material kabel memiliki hambatan dan kecepatan dalam mengimpan dan melepas energy yang berbeda2 tergantung dari materialnya. Tentu saja kita mencari kabel dengan hambatan yang paling rendah, karena semakin rendah hambatan semakin banyak dan cepat pula arus di hantarkan oleh kabel tersebut....


    to be continued...


    terima kasih om @"wahyu febrianto" atas masukannya...
    monggo kalo yang lain punya msukan,pengalaman, atau apapun soal kabel audio di sharing juga, dari kita buat kita...

    #mundu3Audio | #workshoprumahan | RawaManGun |

    The post was edited 1 time, last by FiQi ().

  • Ngomongin kabel di audio, seng kebayang duit nya :)). Jaman masih suka audio portable, bela2in recable headphone dengan full silver. Kabel doank 600an klo gak salah inget. Yg lebih sadis, kabel lod 10-15cm doank, harga udah 3jt lebih, itu udah beberapa tahun lalu.

    The post was edited 1 time, last by zeguym ().

  • Pada dasarnya,
    Dalam audio mobil hanya ada 3 jenis kabel yang digunakan, yaitu kabel RCA, kabel speaker dan kabel strum / ground


    1. Kabel RCA
    Kabel RCA sering disebut juga sebagai interconection cable, menghubungkan antara Head Unit (output) ke Amplifier (input), jadi jangan heran jika audio standar brio tidak ada kabel RCA nya karena memang tidak ada amplifier eksternalnya, bahkan socket RCA di Head Unit OEM pun tidak disediakan (Kecuali untuk Brio Sport / CBU).
    Fungsi kabel RCA adalah menghantarkan signal Audio dari Head Unit ke Power Ampifier, sekaligus menghalangi "noise" masuk yang dapat mengganggu audio sistem. RCA juga sangat rentan terhadap induksi dari luar. Kabel RCA pengaruhnya besar sekali terhadap kualitas suara, bocor sedikit kresek2, terlalu dekat sama kabel strum muncul noise / denging. Oleh sebab itu ada RCA yang harganya cuma 10.000/meter, ada yang 1.000.000/ meter, bahkan ada yang hitungannya harganya per 30 cm.


    Saya sudah membuktikan sendiri, kabel RCA yang biasa saya pake seharga 50.000 / 3 meter, dibandingkan dengan kabel yang dipinjami guru saya seharga 10juta / 5 meter, dipasang di perangkat yang sama, sangat berbeda sekali hasilnya. Tapi kembali lagi, jika dibandingkan dengan beli kabel RCA 10juta / 5 meter, saya mending upgrade head unit dan speaker, hasilnya jauh lebih terasa. So, pilihlah RCA yang memiliki pelindung baik, namun memiliki penghantar signal yang baik pula. Namun jangan lupa, pasang lah audio anda khususnya kabel2 dengan baik, saya pernah ngalami pake RCA yang harganya 1juta per meter, tapi muncul noise / denging setiap nginjek gas, instalasinya ngawur....


    Ada faktor lain sebenernya dalam hal Kabel RCA, yaitu Kepala RCA nya itu sendiri, tapi itu nanti saja lah, kita bicara RCA yang sudah jadi saja. Monggo kalo ada yang mau nambahin...
    [hr]


    Ngomongin kabel di audio, seng kebayang duit nya :)). Jaman masih suka audio portable, bela2in recable headphone dengan full silver. Kabel doank 600an klo gak salah inget. Yg lebih sadis, kabel lod 10-15cm doank, harga udah 3jt lebih, itu udah beberapa tahun lalu.


    Betul sekali om @"zeguym"
    Tapi harga tidak pernah bohong, namun saya sering bilang, kabel audio mobil terlalu mahal ngga worthed, karena posisi ngga ideal, sehingga kabel yang dibutuhkan panjang2, semakin panjang kabel semakin besar pula hambatannya.


    Contoh:
    Di Home Audio yang jarak antara Head Unit dan amplifier ngga sampe 30 cm (biasanya ditumpuk) sehingga beli kabel muahal sekalipun ngga masalah, ada lho yang beli kabel seharga 100.000/cm buat home audio...colek om @"Godlspeed"
    Lha kalo di mobil beda lagi, kita taro Head Unit di posisi standard (dashboard), lalu kita taro amplifier di bawah jok, itu saja sudah butuh kabel RCA sekitar 3 meter, apalagi yang demi kosmetik orang naro amplifier nya di bagasi, paling ngga butuh 5 meter, tentunya hambatannya lebih besar lagi daripada kl ditaro di kolong jok.

    #mundu3Audio | #workshoprumahan | RawaManGun |

    The post was edited 1 time, last by FiQi ().

  • Ane pernah baca untk ukuran kabel tweeter disaranin pake yg 16awg, midrange 14awg dan mid bass/sub woofer pake yang 12awg atau 10awg. Cuma ga djelasin kaitan nya dgn power yg dipake sama jarak dari msng2 speaker ke power. Klo untk kepraktisan bisa ga kita pake satu ukuran kabel untuk menyuplai arus ke berbagai jenis speaker (tweeter,mid range, mid bass)?mungkin kecuali sub woofer krn secara kebutuhan arus untk subwoofer jauh lebih besar.


  • Ane pernah baca untk ukuran kabel tweeter disaranin pake yg 16awg, midrange 14awg dan mid bass/sub woofer pake yang 12awg atau 10awg. Cuma ga djelasin kaitan nya dgn power yg dipake sama jarak dari msng2 speaker ke power. Klo untk kepraktisan bisa ga kita pake satu ukuran kabel untuk menyuplai arus ke berbagai jenis speaker (tweeter,mid range, mid bass)?mungkin kecuali sub woofer krn secara kebutuhan arus untk subwoofer jauh lebih besar.


    semakin besar diameter kabel, semakin banyak arus yang bisa dihantarkan namun hambatannya juga semakin besar (angka awg berbanding terbalik dengan diameter, semakin besar awg semakin kecil diameternya).
    Setiap ukuran kabel punya jarak maksimal antara speaker dengan amplifier sehingga arus dihantarkan baik dan hambatannya minimum, dulu pernah ada tabelnya saya lupa ada dimana, pada dasarnya, semakin dekat jaraknya, semakin pendek kabelnya, maka semakin bagus hasilnya.
    Mengenai apakah bisa semua speaker pake 1 ukuran, tentu saja jawabannya bisa banget, saya biasa pake ukuran 16 awg buat semua speaker...

    #mundu3Audio | #workshoprumahan | RawaManGun |

  • ini ga ada kelanjutannya lagi om fiq....?? :tanya: :tanya: :tanya: :tanya:


    dilanjut dong om, kebetulan next project urut kabel nih :hahaha: :hahaha: :hahaha:

    BRIO SATYA E "Si-CUPU" DENGAN "AUDIO SEADANYA" :

    Alpine CDA 9855
    Lotus RW 165/1 L0017-04S
    Lotus RM120 L0021-04S
    SS R2904/7000-05 Black Faceplate
    Precision Power PPI 2.300M
    Audio System Twister F2-190
    NV 4.100
    DLS References RW10"
    PXA H700 with RUX C700
    Harmonic Harmony Acapella
    # Built By Mundu-3-Audio #


    Regards,
    Irshan