Terjang Banjir, Check Engine Nyala - ECO Mati

  • Ada pertanyaan masuk ke meja redaksi :hahaha: (lewat FB)


    Quote

    Salam kenal mas, mobil saya tadi siang menerjang genangan air ga lama kemudian engine checknya nyala, dan lampu ECO tidak berfungsi, kenapa ya mas....


    Kira-kira kenapa ya?
    Kalo menurut saya ada masalah dengan O2 sensornya, bisa jadi O2 sensor terendam air banjir yang kotor. Akibat O2 sensor kotor bacaan sensor dan output nggak benar, sehingga check engine nyala dan pembakaran nggak efisien (ECO mati).


    Gimana pendapat rekan-rekan?

  • @"Zikri Irfandi" : itu bisa kemungkinan bisa terjadi... tetapi bukan hanya dari O2 sensor saja... Di mobil sekarang semua sensor tersambung dengan ECU. jadi bisa jadi dari kemungkinan yang lain2nya juga bisa terjadi.


    Saran Saya coba cabut aki dulu saja diamkan sekitar 10-15 menit. lalu dicek apakah sudah mati atau belum?


    Jika masih belum mati. coba Cabut aki lagi. lalu sensor2x yang sekiranya tadi terendam atau terkena dengan air dibersihkan dengan cara ditiup2 dengan kompressor tekanan rendah. lalu dipasang kembali. itu adalah tahap2x awalnya jika tidak terlalu extreme kondisi banjirnya.


  • Saya barusan gitu om. Sampai pusing juga.
    Itu kalau nyala ngaruh/ bakalan rusak mesin gak om..


    Nerjang banjir om?
    Coba dibaca berapa kali kedipan check enginenya, nanti ketahuan error codenya.


    kalo memang yang rusak O2 sensor, pengaruhnya ke jumlah BBM yang disemprot, terlalu banyak (kaya), brio jadi boros dan kerak karbon menumpuk.


    Terlalu miskin, maka brio jadi ndut-ndutan, dan mesin cepat panas.

  • Update: kali ini problem solve dengan cabut aki. Klo gak salah, cabut aki 10-15 menit = mereset ecu. Cuman, blm sempat ngolong utk meriksa kondisi sensor dan kabel2nya

  • saya pernah lg hujan deras banget jalanan cukup tinggi airnya, sampe suara air di bawah kedengeran dr dalem mobil... untung ga kenapa2 sih, gak ada masalah sama sensor dll..

    betul gan, mungkin yang bersangkutan lagi apes hehe.. saya juga pernah nerjang banjir, ya emang sih ga tinggi banget, sekitar setengah ban mobil kerendem.. kecepatan sekitar 10-20kmh keadaan ac (air conditioner) mobil tetap menyala, tp aman-aman aja nih ga ada ngaruh yg negatif. Kelistrikannya juga aman..


    kemungkinan sih emang ada kelistrikan yang ga beres, jd disaat kena genangan air..pengaruh deh ke sensor nya.. dan masih banyak kemungkinan lainnya juga seperti yang udah dijelasin diatas..