Menghilangkan Jamur Kaca Mobil dengan Glass Scrub

  • Jamur di kaca memang sangat mengganggu pandangan pengemudi, efeknya saat hujan sapuan wiper jadi tidak sempurna, sehingga meninggalkan jejak air di windscreen mobil. Terlebih lagi saat malam, jamur di windscreen membuat sorot lampu dari arah depan lebih menyilaukan mata.


    Ada beberapa "obat kaca" yang dijual di pasaran. Pertama adalah obat kaca jenis cair, biasanya berwarna pink dan mudah sekali ditemukan di supermarket. Dari aromanya saja, kita tahu bahwa obat kaca ini sifatnya asam/keras, sehingga tidak heran jika setelah digunakan, banyak yang mengeluhkan efek kaca "terbakar" yang ditimbulkan, termasuk saya.. :nangis: Bukannya kaca menjadi bersih, malahan timbul lapisan putih seperti awan yang mengganggu pandangan. Saran saya jangan pernah menggunakan obat kaca jenis ini.



    Yang kedua adalah obat kaca jenis scrub, sesuai namanya obat kaca ini berbentuk cream yang digosokkan (srub) di permukaan kaca, sehingga jamur-jamur yang hinggap di kaca akan 'ngelotok'. Memang proses menghilangkan jamur kacanya akan lebih lama dan membutuhkan tenaga. Tapi hasilnya lebih bagus, dan tidak beresiko terbakar. Di pasaran, obat kaca scrub yang paling terkenal adalah Glass Scrub Unelco.


    Berikut cara penggunakan Glass Scrub Unelco untuk menghilangakn jamur di kaca mobil kita.



    1. Tuangkan Glass Scrub pada kain lembut (micro fiber) secukupnya, lalu gosokkan dengan arah melingkar pada permukaan kaca yang berjamur.


    2. Selanjutnya seka glass scrub yang menempel di kaca dengan micro fiber.


    3. Bilas permukaan kaca mobil dengan air.


    4. Keringkan permukaan kaca dengan kain.


    5. Hasilnya, kaca mobil bebas jamur.


  • untuk alasan safety baik nya pake glass scrub, tp penggunaan asam jika digunakan dengan baik dan benar "profesional use only" akan lebih efektif dalam masalah waktu cleaning
    sy sndirI menggunakan asam pekat (hydrofluoric acid) HF untuk cleaning full brio saya...
    kaca dan body aman... semua tergantung cara menggunakan nya om klo menurut saya...
    kaca brio om dzikri, itu sudah terkena proses etching, karena pada dasar nya asam bereaksi lgsg dengan silika dimana silika itu bahan dasar kaca...masih beruntung berarti kaca nya g sampe bolong...
    aturan main asam itu adalah soal dilute om, jd g asal pake...hehehee



    AUTOSHINE NANO COATING
    BY AQUARTZ

  • Setuju..! kalo gk bisa/amatir jangan pake yang cair. pengalaman mobil temen kacanya jadi "kebakar" semuanya jadi warna putih.
    Sangat Efektif menghilangkan jamur dan kacanya sekalian, jadi ganti baru semua tuh full satu body :hahaha:

  • Mau tanya, ada yg pernah pake Glassmear buat ngilangin jamur di kaca?
    Share pengalamannya ya..


    Penampakan produknya

  • infonya itu bisa buat kaca putih putih seperti terbakar om @"randyaulia"


    sepertinya bahan dasarnya nggak jauh beda dari obat kaca yang warna pink itu, hanyak kemasannya lebih praktis. Saya juga nggak jadi pakai glassmear ini, setelah baca2 review di forum otomotif. :nangis:
    [hr]
    iya om @"whisnu"


    kapok saya pakai cairan asam itu :nangis: