Bluetooth Audio di Brio E

  • Selamat sore teman2 pengguna Honda Brio!
    Mohon maaf jika saya sok tau mencoba buat thread DIY, mudah2an berguna.


    Dan mohon maaf saya belum bisa buat spoiler, jadi boros traffic untuk gambar.


    Buat saya, dan mungkin sebagian teman2 lain, kualitas audio head unit double DIN OEM JVC di Honda Brio E sudah cukup memadai, terutama setelah ketemu setelan loudness dan bass treble yang pas.


    Kita pun dapat menggunakan fasilitas USB player dan AUX Line In. Namun sayang sekali belum ada fasilitas bluetooth. Dan buat saya, yang ingin memainkan musik dari smartphone, bluetooth yang absen ini cukup mengganggu.


    Di pasaran sudah banyak beredar (tokopedia.com, lazada.co.id, dll) receiver audio bluetooth yang dapat dihubungkan dengan AUX IN di head unit mobil kita.



    free picture upload


    Beberapa minggu saya bertahan dengan set up seperti itu, tapi kemudian beberapa kekurangan berikut sangat mengganggu:


    • Kable terlihat tidak rapi
    • USB port tidak bisa digunakan, karena power dongle bluetooth ambil dari situ
    • Tampak kurang rapi


    Lalu saya punya ide untuk "menanam" dongle bluetooth di dalam head unit. Ruangan di dalam head unit double DIN masih banyak yang kosong, jadi saya yakin tidak ada masalah space untuk "menanam" dongle tersebut.


    Langkah pertama, menelanjangi dongle bluetooth. Ada dua versi yang saya temui, keduanya dapat dibongkar dengan mudah.



    gifs upload


    Isinya seperti ini:

    free picture hosting


    Langkah kedua, membongkar head unit Brio kita. Di forum ini ada tutorial untuk melepaskan dashboard dan mencabut head uni. Setelah head unit dapat dilepas, bukalah braket di samping kiri dan kanan. Lalu buka juga penahan bingkai di kiri kanan. Panel depan head unit (yang ada LCD dan tombol2) hanya diikat oleh dua baut kecil, satu di sisi kiri dan satu di kanan.


    Lalu kita kembali ke dongle bluetooth kita. Selanjutnya kita solder sepasang kabel untuk catu 5V (yang diambil langsung dari head unit). Ada 4 jalur di dalam soket USB, jalur terluar adalah catu daya (+5v dan ground 0v), dua jalur di tengah adalah data. Kita hanya menggunakan dua jalur terluar. Di gambar di bawah ini kabel putih berstrip rapat (atas) ada +5v dan yang di bawahnya adalah 0v.



    screen capture software


    Untuk singal audio, saya putuskan untuk memanfaatkan socket 3.5mm yang ada di dongle. Tetapi jack audio 3.5mm yang di ujung satunya saya potong untuk disolder langsung ke board head unit, yang berada di bagian belakang panel display.



    image upload no ads


    Setelah disolder dengan baik, bungkuslah dongle dengan plastik heatshrink agar tidak terjadi hubungan pendek dengan board head unit.



    free image hosting


    Lalu gunakan perekat agar dongle diam di tempat.


    Pasangkan kembali panel depan head unit, lalu braket kiri dan kanan. Sebelum dashboard dipasang kembali, cobalah untuk mengaktifkan head unit dan mencoba apakah dongle bluetooth bekerja dengan baik.


    Selama head unit Honda Brio active, dongle bluetooth juga active dan kita harus memilih source AUX untuk mendengar audio yang dikeluarkan dari bluetooth dongle.


    Selamat mencoba dan mudah2an ada manfaatnya..


    Salam,
    nyoman


  • Kreatif om [emoji106] btw itu slot aux 3,5mm msh bs dipake ga klo mw nyolok ke hp atw DAP?


    Makasih Om Razgriz, sekadar cari kesibukan weekend kemarin :D


    Dan pertanyaannya jeli juga Om, terus terang saya belum coba colokin kable audio langsung ke line in 3.5mm itu.


    Jawaban singkat: Mestinya bisa, secara fisik port 3.5mm itu masih bisa digunakan.


    Jawaban rada panjang: Mungkin lama2 akan membebani (secara listrik) either dongle bluetooth-nya atau hp/DMP. Jika tetap ingin menggunakan port input 3.5mm yang di depan itu, saya sarankan untuk menyisipkan resistor 100 - 120 Ohm secara seri di antara output bluetooth dongle dan titik solder di board head unit, masing2 satu untuk sinyal kiri dan kanan.


    salam,
    nyoman

  • sy sudah pake dongle ini cuma warnanya putih beli di lazada ketika sedang enak2 nya dengerin musik trus ada telpon masuk akan terdengar bahasa cinanya ngfak mudeng sih artinya tapi mungkin maksudnya memberitau ada telpin masuk ...

  • thank you om @"Zikri Irfandi" mudah2an bermanfaat! :D
    [hr]
    Sedikit update dari saya.


    Waktu pertama kali melepas head unit di Brio, saya perlu lebih dari sepuluh menit untuk mencari cara melepas konektor-nya. Yang saya maksud konektor (warna abu-abu tua) yang berisi kabel speaker, power, dll, di sebelah kiri. Untuk konektor antena (warna putih, lebih kecil), yang di sebelah kanan, melepasnya sangat mudah.


    Untuk menghemat waktu teman2 saya buatkan sketsa cara melepas konektor head unit Honda Brio.



    free image hosting


    Selamat ngoprek! :D
    [hr]


    sy sudah pake dongle ini cuma warnanya putih beli di lazada ketika sedang enak2 nya dengerin musik trus ada telpon masuk akan terdengar bahasa cinanya ngfak mudeng sih artinya tapi mungkin maksudnya memberitau ada telpin masuk ...


    Om @"Bina Pratomo" haha... mungkin Om beli yang mahalan :D karena ada fungsi speakerphone-nya.


    Dongle bluetooth yang saya pake ga ada fungsi speakerphone (ga ada microphone di modulnya). Yang putih di foto saya, beli di tokopedia.com (90rb, kemahalan hehe). Yang hitam saya beli di glodok electronic, dekat kantor di Sarinah, 74rb. Dua2nya ga ada fungsi speakerphone, jadi kalo ada telpon masuk harus tetap diangkat handset-nya, musik akan otomatis pause. Setelah telepon hang up, musik akan resume play lagi.


  • tutrial cara copotin headunit dr tempatnya donk heheheheh


    Om @"Sefiandy Chang" gampang kok copotin HU-nya. Hanya ada 4 baut yang ikat braket ke frame di dashboard. Setelah itu cabut konektor besar (seperti di foto) dan konektor antena yang kecil.



    Om @"iwawid" hehe saya juga refer ke situ waktu cabut dashboard. Nyaris tanpa tool, saya pake kunci untuk congkel lubang kecil di sisi kanan setir itu. Selanjutnya tinggal tarik pelan2.. :D
    [hr]
    =UPDATE=


    Referensi buat yang pengin "nekat" bongkar head unit :tanya: saya lampirkan foto2 dan keterangannya. Mudah2an membantu.. :senyum:



    screen capture windows 7



    free screen capture



    image hosting no register



    how do you print screen


    :D


  • Wah upgrade murmer, nice share om nyoman :D
    Kalau saya baca sebenarnya ada tambahan untuk modul bluetooth JVC KWR OEM nya, tp mungkin kl beli itu budgetnya 10 kali lipat daripada DIY kaya om nyoman :)


    Betul Om @"loadeddiapers" :D kalo modalnya ada sih pake modul bluetooth ori JVC. Bisa sekalian untuk jawab telpon, karena ada microphone juga. Tapi DIY lebih asik (dan murmer hehe)..


    Tapi di Brio saya HU-nya model yang welcome text-nya "Enjoy Honda" jadi gada port 3.5mm di belakang (dan gada RCA Line Out juga). Jadi walaupun pake modul BT or dari JVC, tetap harus pake AUX 3.5mm yang di depan... bikin sepet mata liat kabel seliweran... hihi.. :D


  • oke done !!! thanks tutroialnya .... abis selesai solder2 ... maknyossss


    Mantap Om @"Sefiandy Chang"! Makasih udah Being brave to try it :hahaha:


    Boleh tau HU-nya model yang ada aux di panel belakang, atau yang seperti punya saya (tanpa aux belakang)?


    Ini jadi motivasi saya untuk DIY selanjutnya, bikin rangkaian untuk bypass speed limiter di Hond Brio :cool:

  • Mantap Om @"Sefiandy Chang"! Makasih udah Being brave to try it :hahaha:


    Boleh tau HU-nya model yang ada aux di panel belakang, atau yang seperti punya saya (tanpa aux belakang)?


    Ini jadi motivasi saya untuk DIY selanjutnya, bikin rangkaian untuk bypass speed limiter di Hond Brio :cool:



    HU saya yang Enjoy-brio , nah ada rca belakang ... nah saya ga tau deh aux yang belakang...



    btw kayaknya HU gw kalo pake aux kabel depan atau solder langsung hasilnya mono ya.. selalu kanan yang keluar... speaker kiri ga keluar sama sekali .. gw doank atau smua ya??


  • Punya saya Enjoy Brio pake AUX depan keluar kanan kiri kok om sef. Mau DIY kaya om nyoman blm ada waktu bongkar2 HU nya hehehe Mudguard aja udah berbulan2 blm ada waktu buat pasang :nangis:


    thanks respon nya !!, gw jadi buka lg HU ... ternyata solderan yang left copot !! pantesan ga keluar yang kiri ...


    sekarang lancar lg deh ... oh iya HU gw ga ada lobang aux yang belakang

  • thanks respon nya !!, gw jadi buka lg HU ... ternyata solderan yang left copot !! pantesan ga keluar yang kiri ...


    sekarang lancar lg deh ... oh iya HU gw ga ada lobang aux yang belakang


    Mantap Om Sef! Kalo nyolder sendiri rasanya pasti lain ya hehe... It certainly gives you pleasant satisfaction! :D


    Btw, kalo HU-nya model yang "Enjoy Brio" menurut manual JVC ada satu lubang aux di panel belakang, dan melalui menu bisa di-rename jadi BLUETOOTH (mungkin saya salah, karena belum pernah lihat langsung).



    image upload


    salam,
    nyoman
    [hr]


    Punya saya Enjoy Brio pake AUX depan keluar kanan kiri kok om sef. Mau DIY kaya om nyoman blm ada waktu bongkar2 HU nya hehehe Mudguard aja udah berbulan2 blm ada waktu buat pasang :nangis:


    Om Henry, seperti kata John Lennon "life is what happens when you're busy making other plans" hehe...


    Saya juga ada satu project lagi yang sudah berbulan2 tertunda, bikin alat untuk bypass speed limiter. Komponennya udah beli, tapi belum dapat waktu untuk merakitnya... :dongkol:


    salam,
    nyoman