[ASK] New Brio Bisa Minum Premium?

  • Halo semua, di buku manual New Brio 1.2L direkomen untuk menggunakan RON 92 dan di sticker pintu bensin dituliskan minimum RON 91. Pertanyaannya apakah aman untuk menggunakan premium pada mobil tersebut?

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *

  • Om Chris...kalo memakai premium dalam jangka panjang akan mengakibatkan penurunan performa mesi. Kalo pake pertamax 92 terlalu mahal kita bisa diakali dengan memakai pertamax plus (maksudnya mencampur pertamax plus dengan premium) dengan perbandingan 1:1 (pertamax plus Ron 95 dan premium Ron 88 = (95+88):2= 91,5)...saya juga lakukan ini untuk innova saya..tarikan mesinnya juga enak


  • Om Chris...kalo memakai premium dalam jangka panjang akan mengakibatkan penurunan performa mesi. Kalo pake pertamax 92 terlalu mahal kita bisa diakali dengan memakai pertamax plus (maksudnya mencampur pertamax plus dengan premium) dengan perbandingan 1:1 (pertamax plus Ron 95 dan premium Ron 88 = (95+88):2= 91,5)...saya juga lakukan ini untuk innova saya..tarikan mesinnya juga enak


    di Metro nggak ada yang jual pertamax plus...:02:*&


  • Om Chris...kalo memakai premium dalam jangka panjang akan mengakibatkan penurunan performa mesi. Kalo pake pertamax 92 terlalu mahal kita bisa diakali dengan memakai pertamax plus (maksudnya mencampur pertamax plus dengan premium) dengan perbandingan 1:1 (pertamax plus Ron 95 dan premium Ron 88 = (95+88):2= 91,5)...saya juga lakukan ini untuk innova saya..tarikan mesinnya juga enak


    Thanks for response. Tadi coba browsing dan mendapatkan tabel ini, bener gak kira2?


    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *

    The post was edited 1 time, last by ultrakyo ().

  • Nambahin article dari The Economist.



    Source: http://www.economist.com/blogs…ge/2012/09/octane-ratings

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *

  • But cars today have sensors that listen carefully for the knocking sound, and instantly retard the ignition system when they detect that detonation is about to happen.


    Tapi mobil-mobil saat ini mempunyai sensor (knock sensor -red) yang dapat mendengarkan bunyi knocking dengan jeli, dan langsung memundurkan sistem pengapian, saat sensor tadi mendeteksi knocking saat akan terjadi.


    To sum up, if the car’s handbook says that premium petrol is “recommended” (rather than insisting it is “required”), then the engine will automatically adjust itself to run smoothly on a lower octane fuel. Because of the retarded ignition, the engine will, of course, produce less power, and have slightly higher fuel consumption. But the poorer fuel economy is likely to be outweighed by the savings at the pump.


    Kesimpulannya, jika manual book menyarankan BBM oktan tinggi, bukan mengharuskan, maka mesin dapat menyesuaikan diri agar dapat berjalan lancar dengan BBM oktan rendah. Karena timing pengapian yang dimundurkan, tentu saja tenaga mesin berkurang dan lebih boros. Tapi walaupun BBM yang lebih boros, tetap saja uang yang dikeluarkan lebih sedikit daripada untuk membayar BBM oktan tinggi <= yang terakhir terjemahan bebas disesuaikan.. :04:*&