Kecelakaan Honda Brio


  • Posisi dijateng skitar Semarang aja Om.. dbgkel umum..bengkel ny yg pesen sperpart di dealer. Tp kl brg pas kosong inden min 1,5 bln..jd kl ad dcrikan dluar dealer.minta info brg kali ad jasa perbaikan atau matikan air bag..mksh


    air bag susah ya carinya om? teman ane juga gitu, lama restorasinya karena nunggu air bag.


    Dulu ane pernah baca ada yang jual chip bypass air bag, untuk yang suka ganti stir aftermarket.


    Tapi ane saranin cari air bag aja om.. demi safety.


    Oya, seat belt gimana om? ada bagian yang harus diganti?


  • Air bag tmn saya ganti hampir 16an..itu sdh sma sensor2 dll. Sbuk pgman trnyta sekali pake..satu rusak ganti smua ktnya..pnya saya blm diproses sbuk pgman ny..


    16 juta om? wow...


    iya, di sabuk pengaman itu ada pretensioner, yang otomatis bekerja saat kecelakaan, mengencangkan sabuk supaya nggak terlempar kedepan saat kecelakaan. Prinsip kerjanya sama dengan air bag juga. Kalo nggak salah pakai gas juga, sekali pakai seperti air bag.


    Tapi sepertinya cuma seatbelt depan deh om..

  • Kemarin tanggal 20 Desember di Jalan Palagan Tentara Pelajar Yogyakarta sekitar Spesial Sambal (indomaret), ada kecelakaan kecil melibatkan Honda Civic dan Mobilio RS, bukan brio sih cuman ada kata-kata yang menurut ane terlalu bergantung dengan teknologi.


    saya lupa foto, mohon maaf namun bila digambar seperti ini,



    Posisinya, honda civic sedang posisi keluar(sign kiri), mobilio posisi sedang mundur.


    Honda civic sedang menunggu jalan kosong, mobilio langsung mundur saja, mungkin tidak melihat spion belakang, padahal jarak mobil belakang (civic) sudah sangat dekat, saya disamping sudah teriak stop stop.


    DAN DUKK!!


    sayang gaada fotonya, ttp nyesel..


    supir mobilio keluar, dan ngomong "maaf mbak ngga ada alarmnya"


    :nangis:


    kedua belah pihak damai setelah itu, cuman yang saya sayangkan apakah segitu perlunya sensor parkir? padahal bila kita melihat spion diposisi spt itu seharusnya mobil tersebut sangat terlihat jelas dispion tengah maupun samping.


  • supir mobilio keluar, dan ngomong "maaf mbak ngga ada alarmnya"


    Ini yang menjadi cerminan bagaimana kondisi sebagian pengendara di Indonesia. Sekalipun kita sudah berusaha berkendara dengan aman, ada orang yang kayak gini yang masih bisa membahayakan kita. Jadi inget pernah baca artikel, seorang pelatih mengemudi di Eropa sono bilang "consider to drive around dumb people, so you will have your care with you" (kurang lebih kyk gitu). Bukan mengolok2 orang lain sih, tapi mari, fokus kita adalah utk "taking our care with us" ketika berkendara.


    Moral story dari kisah ini:
    1. Ketika kita lagi mundur, selalu tekan kopling sebelum masukin gigi R dan selalu cek kaca spion sebelum melepas kopling (MT, utk AT, pastikan rem terinjak sempurna).
    2. Ketika kita dalam posisi menghalangi kendaraan yang mundur (sekalipun bukan salah kita), kasih sinyal (bisa lampu, klakson atau teriak) biar kalau ada kejadian gak terduga bisa diantisipasi (setidaknya berusaha).
    3. Ketika kita melihat kondisi yang berpotensi mencelakakan, mari kayak om @"highend", teriak sedikit untuk saling mengingatkan adalah hal yang bagus.
    4. Ketika kejadian yang gak mengenakkan sudah terjadi, gak usah saling menyalahkan kecuali sampai pengadilan, gak usah saling membenarkan diri kecuali udah sampai pintu surga, mari saling mengkoreksi diri dan saling memaafkan saja.

  • akhirnya damai pakai duit nggak om highend ?


    Kalo ane beda lagi, pernah isi bensin di SPBU, ternyata di suruh mundur sama petugas SPBU, mbaknya cuma terus-terus aja gitu, ane belum sempat ngelihat spion, eh sudah jeduk kena bumper mobil lain, padahal sebelumnya mobil itu belum ada.


    Semenjak itu ane nggak pernah percaya lagi sama "tukang parkir" abal-abal.. hehehe


    Harus sigap dalam kondisi apapun.


    Untuk kasus mobilio - civic ini bisa jadi driver mobilio pikirannya sedang di tempat lain, jadi nggak fokus dengan kondisi lingkungan.


  • Betul mas... Saya sendiri ga percaya dengan tukang parkir terkadang.


    Untungnya brio ane ada sensornya jd bisa minimalisir deh, walaupun ada jangan pernah ragu buat liat spion atau keluar dr mobil dan recheck apakah aman atau tidak.


    Soalnya jaman duluu sblm saya lancar berkendara, saya pernah mundurin avanza bapak, mundur cukup cepat dan dukk.. Nabrak pot semen, penyok