Membersihkan Throttle Body Honda Brio


  • Sudah ada dua orang yang BBM ane mengenai throttle body cleaning di Honda Brio,


    mereka DIY throttle body cleaning, hasilnya rpm jadi hunting, naik turun... Solusinya harus reset dan rekalibrasi throttle body, di beres ongkos jasanya 220ribu, katanya sih melalui OBD2..



    saya gak ada gejala apa" bro.
    malah throttle body nya saya porting dan saya polish moncong" throttle body nya.
    trik nya sebelum di bongkar,usahakan mobil sebelum di matikan biarkan idle dulu kira' 10 detik,setelah itu matikan dan cabut kunci.
    lalu baru bongkar throttle body nya dan bersihkan , butterfly nya di gerak"in juga gak masalah.
    setelah selesai dibersihin baru be pasang lagi semua nya,jamin deh rpm gak hunting,kalau pun rpm hunting,tinggal di biarkan idle saja,kalau rpm sudah idle di 900 rpm,baru matikan mobil+cabut kunci nya,lalu reset ecu nya dgn cara lepas kepala busi di (-) kira" 10 detikan. pasti normal lagi.

  • saya gak ada gejala apa" bro.
    malah throttle body nya saya porting dan saya polish moncong" throttle body nya.
    trik nya sebelum di bongkar,usahakan mobil sebelum di matikan biarkan idle dulu kira' 10 detik,setelah itu matikan dan cabut kunci.
    lalu baru bongkar throttle body nya dan bersihkan , butterfly nya di gerak"in juga gak masalah.
    setelah selesai dibersihin baru be pasang lagi semua nya,jamin deh rpm gak hunting,kalau pun rpm hunting,tinggal di biarkan idle saja,kalau rpm sudah idle di 900 rpm,baru matikan mobil+cabut kunci nya,lalu reset ecu nya dgn cara lepas kepala busi di (-) kira" 10 detikan. pasti normal lagi.


    Sip infonya, cleanernya merk apa om?

  • saya gak ada gejala apa" bro.
    malah throttle body nya saya porting dan saya polish moncong" throttle body nya.
    trik nya sebelum di bongkar,usahakan mobil sebelum di matikan biarkan idle dulu kira' 10 detik,setelah itu matikan dan cabut kunci.
    lalu baru bongkar throttle body nya dan bersihkan , butterfly nya di gerak"in juga gak masalah.
    setelah selesai dibersihin baru be pasang lagi semua nya,jamin deh rpm gak hunting,kalau pun rpm hunting,tinggal di biarkan idle saja,kalau rpm sudah idle di 900 rpm,baru matikan mobil+cabut kunci nya,lalu reset ecu nya dgn cara lepas kepala busi di (-) kira" 10 detikan. pasti normal lagi.


    Sip infonya, cleanernya merk apa om?



    Wah lupa bro pake merk apa,wktu itu malah saya amplas trus saya porting sedikit pake tuner,dan saya polish pake autosol.
    Hasil nya tarikan bawah nya enak pol,


    Wah ini ilmu....untung belum saya semprot2 sendiri hehehe....ijin konsul2 yak om@Linggauzzz

  • Tadi pagi (miinggu) mumpung libur, bersihin , throtle body sekalian porting,, amplas ampe alus di mobil brio 1.3 dan grand livina 1.8 (sekalian).


    Hasilnya untuk brio kok hampir gak ada perbedaan, tapi untuk livina hasilnya “galak”


    Tapi,

    Kemaren (sabtu), sempat mobil dua duanya MAP saya bersihin dengan CAC cleaner.. kalo ini dua dua nya mobil baik brio dan livina luar biasa jadi ngacir.. untuk brio tanda eco nya hampir nyala terus (mungkin bisa bikin hemat bahan bakar ya)


    Mungkin brio nya udah optimal kali ya... jadi biar di porting pengaruhnya gak banyak

  • matsubi DIY om? MAP sensor yg di box air filter y?

    betul om zikri, DIY

    MAP sensor yang ada di box filter


    seminggu sebelumnya saya ganti filter udara pakai ferrox-> recomended .. tenaga jozz (ini pengalaman saya di livina 3 tahun pakai ferrox, jadi saya gak ragu beli lagi buat brio)


    bersihin MAP saya dapat info dari forum disini.. luar biasa,, hampir gak bisa dipercaya ,, hanya dengan bersihin map yang notabene secara visual kagak kotor (tetesan cleaner yang keluar juga bersih, pertanda sensor juga sebetulnya bersih) tapi hasilnya mengesankan


    untuk porting polish throtle body hanya kelihatan efeknya di livina tidak di brio

    dari awal saya agak ragu om. karena secara visual begini bedanya


    . di livina dalamnya throtle body, setengahnya area yang dekat butterfly itu sudah mulus mengkilat, setengah lagi mendekati mulut yang kasar kulit jeruk -> jadi kalo bagian yang kasar itu kita polish pastilah udara akan lebih lancar mengalir ke throttle body

    sedang di brio, bagian yang mengkilat itu hanya sebatas butterflay saja (sedikit), dan bagian yang kasar itu ada tangganya , ada step trus turun begitu menuju mulut (jadi pipa body menyempit mendekati butterfly karena ada tangga tadi).

    --> asumsi saya kalaupun bagian yang kasar ini di polish sekalipun tetap saja aliran udara akan terhambat oleh tangga di depan butterfly ..

    harusnya saya foto ya :-)


    . di livinabagian bibir throtle body sudah ada R nya (melengkung) sedang di brio masih tajam ( jadinya bagian ini saya kikis)