10 Cara Menghemat komsumsi BBM Honda Brio

  • Honda Brio adalah mobil yang sudah irit dari pabriknya, namun kondisi mobil dan attitude berkendara, sangat mempengaruhi konsumsi mobil mungil ini, berikut ane coba share 10 cara yang bisa membuat Honda Brio kita jauh lebih hemat, Check it Out!


    1. Periksa Air Filter
    Air filter atau filter udara adalah komponen yang sangat penting karena fungsinya menyaring pasokan udara ke mesin. Filter udara yang kotor akan membuat aliran udara terhambat, maka perbandingan campuran udara:bbm akan menjadi rich. Sehingga sebagian bbm tidak terbakar dan terbunang percuma. Maka bersihkanlah filter udara saat melakukan perawatan rutin, dan bila sudah sangat kotor, filter udara wajib diganti.


    Filter udara yang bersih dapat menghemat up to 10% BBM.


    2. Spooring & Balancing Ban
    Fungsi spooring adalah agar roda depan dan belakang lurus. Sedangkan fungsi balancing adalah agar ban seimbang pada titik pusat roda. Ban yang tidak lurus dan seimbang, selain tidak nyaman dan cepat aus, akan menyebabkan konsumsi BBM boros, hal ini karena beban kerja mesin akan bertambah.


    Ban yang lurus dan seimbang dapat menghemat up to 10% BBM.


    3. Tune Up
    Tune up adalah mengembalikan kondisi mobil ke kondisi idealnya.


    Mobil yang di tune up secara berkala dapat menghemat konsumsi BBM up to 4%.


    4. Check tekanan ban
    Check tekanan ban secara berkala, karena udara dalam ban bisa menyusup keluar. Ban kurang angin dapat menyebabkan konsumsi bbm menjadi lebih boros, kan ban kurang angin akan menyebabkan luas penampang ban yang menyentuh aspal menjadi lebih lebar, hal ini akan menungkatkan gesekan antara ban dan aspal. Efeknya mobil jadi berat, kinerja mesin lebih berat, dan selanjutnya BBM boros.


    Ban dengan tekanan sesuai dapat menghemat 2,8% konsumsi BBM


    5. Check tutup tanki BBM