(ASK) Perlukah Anti Karat untuk Brio?

  • pasti perlu donk gan, karena kan iklim di Indonesia mudah menimbulkan karat. Baca di sini deh http://www.russianrivermusic.o…-dengan-rust-guard-sel-q/

  • Dari yang saya baca, kecuali kita tinggal di daerah dekat pantai yang airnya sering mengandung garam, nggak perlu tambahan anti karat. Mobil saya yang lama dulu juga dibujuk sales untuk ditambahin anti karat, tapi saya nggak mau :) Setelah 9 tahun tidak ada karat kok, padahal saya termasuk males merawat mobil (jarang cuci, setelah hujan dibiarkan dst).

  • Sepertinya perlu banget buat anti karat, brio ane satya 2014, sudah mulai kelihatan berkarat sekitar tie rod :nangis: .
    BTW adakah kawan2 HBC di sini recomend tempat pengecatan anti karat yang murmer daerah jakarta.


  • Sepertinya perlu banget buat anti karat, brio ane satya 2014, sudah mulai kelihatan berkarat sekitar tie rod :nangis: .
    BTW adakah kawan2 HBC di sini recomend tempat pengecatan anti karat yang murmer daerah jakarta.


    otogard mungkin om .. daerah cibubur bengkeLNya ...


  • Dari yang saya baca, kecuali kita tinggal di daerah dekat pantai yang airnya sering mengandung garam, nggak perlu tambahan anti karat. Mobil saya yang lama dulu juga dibujuk sales untuk ditambahin anti karat, tapi saya nggak mau :) Setelah 9 tahun tidak ada karat kok, padahal saya termasuk males merawat mobil (jarang cuci, setelah hujan dibiarkan dst).


    Iya, ane juga pernah dengar begitu, makanya kalo beli mobil second, nggak mau dari wilayah dekat pesisir.. :)

  • Sedikit tambahan info krn ane beberapa minggu lalu baru aja pasang anti karat. Ane pake TKD, kena 2.387.000. Memang rada mahal tp rasanya worth it.


    Awalnya ane bimbang antara 4 merk antikarat: TKD, Ziebart, Valugard & Ultragard. Setelah browsing & cari informasi selama 1 bulan, ini sedikit penjelasan ttg ke-empatnya:
    - TKD
    Udah ada di Indonesia lama
    Jenis anti karatnya masih pake bahan aspal, jadi lebih tebal
    Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
    Beberapa bagian dilobangin untuk masukin obatnya (tp nanti ditutup lagi pake karet).
    Interior mobil jadi bau, baru hilang sekitar 2 minggu
    Harga untuk Brio: 2.387.000
    - Ziebart bisa dibilang sama ky TKD
    Udah ada di Indonesia lama
    Jenis anti karatnya masih pake bahan aspal, jadi lebih tebal
    Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
    Beberapa bagian dilobangin untuk masukin obatnya (tp nanti ditutup lagi pake karet)
    Interior mobil jadi bau, baru hilang sekitar 2 minggu
    Harga untuk Brio: 2.400.000
    - Valugard bisa dibilang baru di Indo (ga selama 2 merk di atas)
    Bahannya pake wax based compound yang disemprot pake sistem atomized system
    Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
    Ga pake ngelobangin mobil
    Interior mobil juga berbau, walaupun ga sebau 2 merk di atas
    Harga untuk Brio: 1.980.000
    - Ultragard mirip2 valugard
    Bahannya pake wax based compound yang disemprot pake sistem atomized system (tapi ini water based, teknologi ramah lingkungan)
    Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
    Ga pake ngelobangin mobil
    Karena water based, interior jd ga bau
    *Kl ga salah Ultragard rekanan sama Daihatsu
    Harga untuk Brio: 1.540.000


    Akhirnya ane pilih TKD karena memang workshopnya ga gitu jauh dr rumah ane & berasanya lebih tebal & manteb krn bahannya aspal.
    Jadi knp ane pasang anti karat? Krn di brio ane berasa bgt anti karat bawaan tipis, beberapa kali dicuci bagian bawah & digosok pake tangan malah ada yg rontok. Ditambah beberapa baut underbody panel ada yg berkarat walaupun baru keliatan sedikit.
    Sempet tanya2 jg ke bengkel body kit, bengkel asuransi, detailer, katanya anti karat bawaan pabrik memang tipis & sebenernya fungsi utamanya cuma buat ngelindungin mobil "sementara", entah itu ngelindugin pas shipping kendaraan ke kota2 tujuan atau ngelindungin pas kendaraan nongkrong di pabrik/showroom.


    Karat sendiri memang kadang ga akan langsung keliatan, walaupun mobil udah jalan tahunan/puluhan tahun, karena biasanya beberapa muncul di bawah lapisan cat/sela-sela kendaraan. Itu kenapa kadang kita liat di bawah cat ada gelembung2 atau ada titik2 karat. Karat jg ga hanya muncul di kawasan pesisir, kualitas air yang jelek (buat cuci mobil) jg bisa jd pemicu, begitu jg air hujan krn mengandung asam.


    Kalo kemaren ane di TKD, awalnya akan ada proses penyemprotan untuk "mematikan" biang karat dulu (terutama untuk mobil2 lama), baru abis itu disemprot pake anti karatnya. Bahannya kalo udah kering kayak karet, ga yang bener2 keras kaya batu.


    Ya sebenernya soal anti karat ini balik lg ke pribadi masing2 sih, mau pasang/nggak.. Ane cuma sekedar berbagi info aja, maaf kalo kepanjangan & CMIIW.. :p


  • gijrut yang dilapis antikarat itu pintu bagian dalam ya om? jadi lepas door trim?
    Kap mesin bisa difoto om yang sudah ditreatment pakai antikarat?


    Halo om, iya bagian pintu dalam, jd lepas door trim. Kalau untuk kap mesin jg kayaknya disemprot bagian dalemnya, soalnya ga keliatan abis treatment kalo diliat pas buka, cuma keliatan sedikit di sela2 atau pas ada bolongan2..