Oli mesin brio E Satya Oli berkurang

  • selamat malam agan2 semua.

    Perkenalkan saya Yogi dari bekasi, mobil saya BRIO E Satya 2017. Matic


    Maaf mau nanya.

    Ada yang pernah ngalamin oli mesin brio berkurang ngga ya?

    Saya pake oli Shell helix astra 5W 30.

    Setelah pemakaian 5 bulan est 7000 an km.

    Dipakai di jalur macet cikampek est 60 km/day.

    Dan dipakai jarak jauh est 1200km 2x.


    Hari ini pas cek oli ternyata dibawah batas low nya di deep stiknya.

    Ada yang pernah ngalamin ngga ya?

    Sama solusinya gmna ya agan2?


    Terima kasih

  • Duh gejalanya apa ya?
    Saya Juga Jalan Jauh 57000++

    ngga ada gejala sih gan, itu saya taunya pas ngecek karena di pakai mudik.

    cm saya khawatir apakah ada problem, karena di cek di area engine ngga ada temuan rembes.

  • Sebelumnya, untuk memastikan saja, apakah sudah dicek sebelumnya (ketika habis ganti oli), seberapa level tinggi oli di dipstick?

    Kemudian, apakah sudah dipastikan bahwa pengukuran level oli dilakukan di tempat yang datar?


    Kalau memang tempat pengukuran sudah datar dan ketinggian oli sehabis diganti sudah di level standar, kemungkinan adalah beberapa hal berikut (harus dicari sumber masalahnya dulu, baru membahas penyelesaiannya):

    1. Kebocoran pada ring piston >> ada asap putih dari knalpot ketika mesin digeber, parah kalau sampai ujung knalpot ada jejak oli

    2. Kebocoran pada perpak mesin >> ada rembesan oli pada mesin, yang parah oli sampai menetes di tempat parkir/garasi

    3. Kebocoran pada baut pembuangan oli >> rembesan oli terletak pada lubang pembuangan, oli sampai menetes

    4. Penguapan oli, seharusnya tidak sampai mengurangi level oli sampai bawah dipstick. Tapi kalau parah, filter udara bagian bawah bisa basah karena oli.

  • Biasanya sih karna penguapan om, apalagi olinya rada encer..


    Harusnya itu wajar selama berkurangnya gak banyak

    Iya ini menurutku lumayan banyak om berkurangnya, soalnya pas awal ganti itu saya cek di atas batas atas dikit.

    Kmrin kaget aja tiba2 udah dibawah low levelnya dip stick nya.

  • Thanks om saya coba cek one by one, cm klo rembes kmrin pas saya ganti oli minta cek mekanik ngga nemu rembesan.

    Yang di filter udara sama knalpot belum saya cek.

  • Ini sama dengan Brio Satya E 2014 MT yg saya punya, sy ganti oli dari yg :
    - ELITE SN/GF-5, 0W20
    - AMS Signature 0W20
    - Shell Helix Power OW40

    Oli nya harus di isi lagi tambah setiap 3 bulan. hahaha... Awal nya mikir itu penguapan, tp ko udh 3 kali ganti merek itu selalu di bawah titik minimum setiap 3 bulan cek oli.

    Baru ketauan nya kemarin banget pas lg bersih - bersih bagian mesin, itu di intake manifold nomer 4 (paling kanan) bagian bawah, ada noda Oli yg lumayan. Padahal di Intak Manifold yg 1 - 3 itu saya raba pake tangan ampe bawah ga ada noda oli. Rencana nya mw di bawa ke bengkel buat cek seal/karet2 nya. Klo perlu sekalian Overhaul aja karena maklum mesin udah mau 8 tahun dan jarak tempuh di atas 120rb Km hehehehehehe

  • Thanks om saya coba cek one by one, cm klo rembes kmrin pas saya ganti oli minta cek mekanik ngga nemu rembesan.

    Yang di filter udara sama knalpot belum saya cek.

    Untuk rembes, biasanya nih daripada mekanik lebih jeli tukang cuci mobil (yang pake hidrolis). Jadi pas diangkat ke atas, sebelum dicuci, minta diperhatikan dulu aja bagian bawah apakah ada noda oli. Atau di bagian bawah garasi/tempat parkir jg bisa dicek kalau-kalau ada bekas tetesan oli.