Lampu kelap kelip transmisi matic

  • kali ini saya mencoba membuat rumah lampu transmisi matic spy menyala.
    terasa gelap d mlm hari, sedikit menyulitkan meski ada lampu indikator transmisi d spedometer


    gambar 1 :
    buka pin penjepit kiri & kanan dgn obeng min (-)
    gak perlu sampai baut lepas, cukup sampai longgar aja & tarik pin bagian dlm



    gambar 2 :
    buka sampai terlapas baut ples (+) ini



    gambar 3 :
    masukan ke dua jari tangan d antara celah penutup lubang yg ada d bwh rem tangan.
    tarik penutup tsb ke arah atas, kemudian tarik lg ke arah belakang.



    gambar 4 :
    setelah penutup terbuka (gam 3)..
    masukan lg 4 jari kita ke dlm lubang & tarik ke atas.
    *d sini perlu dikit tenaga soale jepitan sangat kuat*
    tp jgn khawatir,,, gak akan ada yg rusak kok.



    gambar 5 :
    pindahkan tuas perseneleng ke arah D utk memudahkan panarikan consolbox



    gambar 6 :
    angkat consolbox dari arah belakang sampai dgn posisi nungging, sampai kepala tuas tenggelam dari lubang & tarik ke arah belakang



    gambar 7 :
    buka soket terminal lighter yg ada d bagian depan consolbox dgn cara menekan pin penjepit yg ada d bagian bawah. tarik ke arah dpn sampai terlepas



    gambar 8 :
    akhire.... rmh transmisi pun keliatan
    ada empat penjepit rumah transmisi,
    buka jepitan dng menggunakan dua jari ke arah kiri (u sebelah kiri)
    dan ke arah kanan (u sebelah kanan) sampai terlepas semua



    gambar 9 :
    angkat rumah transmisi..(gak bisa sampai lepas soale ada tuas perseneleng)
    & cari dua penjepit kotak hitam lampu transmisi.
    cara melepaskannya d tusuk dgn obeng min (-)



    gambar 10 :
    aha.... ini yg saya maksud dgn kotak hitam. wkwwkwkwk
    lepasin mika lampu dgn cara menggunakan kuku, kemudian jalankan sampai terlepas semua



    gambar 11 :
    waktunya merakit lampu d dlm kotak hitam..
    pilihan lampu tergantung selera masing2
    satu sinar saja atau seperti yg saya buat berkedip kedip.
    saya pakai lampu led 10 titik mata lentur yg seukuran dgn panjang kotak hitam.
    lem dengan dobeltip & keluarkan kabel liwat lubang yg ada d bagian belakang.
    rakitan lapu selesai, pasang kembali mika dgn menambahkan sedikit lem castol biar lebih kuat nempelnya.



    *setelah semua d rakit & d lem...
    pasang kembali kotak hitam ke rumah transmisi (gam 8 ) dgn cara memasukan satu bagian penjepit terlebih dahulu. kemudian penjepit lainnya (jumlah 2 penjepit)
    *setelah kotak hitam terpasang d rmh transmisi, pasang kembali empat jepitannya ke tempat semula (gam 8)
    ingat !!!!!!! posisi P ada d depan yo


    gambar 12 :
    atur kabel2 lampu mengikuti jalur yg udh ada & ikat dgn kabel tis biar terlihat rapi



    gambar 13 :
    buka panel ac untuk cari setrum lampu senja buat d hubungkan ke lampu transmisi yg kita rakit tadi.
    gampang kok, tinggal tarik dgn jari ke dua tangan ke arah belakang



    gambar 14 :
    jeroan indikator panel ac..
    cari soket lampu senja warna abu
    kupas sedikit kabel warna abu (+)
    kemudian sambung kabel lampu transmisi (+) ke kabel lampu senja yg warna abu tadi
    utk kabel lampu transmisi min (-)
    lilitkan d bagian besi yg ada bautnya
    setelah semua kabel sdh terpasang dan d isolasi
    tutup kembali panel ac



    selesai deh
    ini hasilnya



    saran...
    *kita bisa menambahkan stop kontak untuk yang merasa terganggu dengan lampu kelap kelip ini pd saat menyala, sehingga dpt d matikan setiap saat tanpa hrs mematikan lampu senja
    *monggo klo mau d coba tp, tolong d perhatikan semua aliran setrumnya agar gak salah sambung dan hrs d isolasi dgn benar
    rekaman video menyusul..
    terima kasih sdh membaca dan mohon maaf klo bahasa sy agak belepotan ya
    hehehe


  • Mantab, terimakasih DIY nya om alex, disempatin update DIY walaupun excel masih sakit... semoga lekas sembuh yah..


    tks om zik.... semoga ada manfaatnya buat temen HBC lainnya
    cuma sy gak ngerti cara kecilin potonya gimana ya
    hehehe segede bagong..
    iya om ini lg gantian ama mamanya jaga si excel


  • wow mantap, DIY nya. masih ngeri kalo mau bikin beginian :ngiler:


    Hehehe makasi om..
    Iya klo emang ngeri bikin sendiri mending kasi yg berpengalaman d masalah setrum om
    Gak maen2 soale klo urusan setrum..
    Terutama kabel2 perlu d pertimbangkan tebal tipisnya serabut dgn mantab, hrs sesuai dng beban yg mau d pasang
    [hr]


    Wah mantap nih om. Boleh di coba nanti.


    BTW lampu lednya di toko variasi ya om Alex?


    Silahkan om noeqx.... Lampu led banyak d variasi motor
    Setelah pasang pasang jgn mpe lupa isolasinya ya
    Hehehe..

  • Lazada Indonesia
    loading...