i-vtec brio mulai aktif di rpm berapa?

  • permisi suhu suhu, salam kenal. ane mohon pencerahan terkait i-vtec di mesin L12, ane ada brio satya e manual tahun 2017. Sudah mau 4 tahun owning experience dah pernah bejek sampe limiter rasanya linear linear aja tenanganya, ga ada sensasi vtec kicked in seperti yg dibilang orang.

    Pertanyaannya:

    1. Apa memang vtec nya ini beda karena sudah pakai "i" Di depannya jadi i-vtec mungkin kalo tidak perlu sekali tidak keluar durasi cam high nya? Dan faktor apa saja yg memicu vtec nya aktif?

    2. Apakah vtec di L12 ini hanya vtc (variable timing control) saja artinya hanya memajukan atau memundurkan durasi katup tanpa ada cam lobe yg menekan katup lebih dalam?


    Mohon pencerahan suhu suhu sekalian mohon maaf kalo newbie, terimakasih sebelumnya🙏

  • Dahsyat ya gan yg All New Brio tarikan 3000 Rpm nya joss....itu aja belom ganti full exhaust.

    ga kebayang kalo udah di ganti full exhaust + open filter.

    Oh ya lupa gan.. mobil ane yang manual ya.. jadi bisa mainin rpm nya..

  • I vtec brio sepertinya lebih untuk efisiensi BBM deh om.. Saya juga sering baca di forum forum honda, tentang kick in vtec ini.. Tapi imho itu untuk honda honda lama, yg memang ada masanya bnyk produsen mobil berlomba buat mobil ngebut, era 90an.

    iya kah? tapi kok rata2 bensin brio saya mentok di 11.1 ya wakakak kacau lah... jalan dalkot turun bisa ampe 9.6