Servis Rutin Honda Brio 10.000 KM

  • halo bro/sis semua..


    cuma mau sharing aja, ane td baru service brio satya ane
    Odometer baru 6.424 km, tadinya mau service aja karena terakhir jatah service gratis sampe tgl 19 Des 2016.
    Berhubung terakhir ganti oli (honda blue) Jun 2016 di 3.457 km (lebih dari 6 bln), akhirnya putusin sekalian ganti oli.


    Berikut rinciannya :
    -Oil HAO gold 480.000
    -Oil filter 37.000
    -washer drain 8.000
    -engine flush global 70.000
    -honda ultra brake fluid 44.000 (tambahan karena harga partnya ga terlalu mahal, & menurut ane penting juga jadi gpp lah.. hehe)
    -brake parts cleaner auto 68.000 (tambahan karena harga partnya ga terlalu mahal, & menurut ane penting juga jadi gpp lah.. hehe)



    Total +PPN jadi 777.700


    Tadinya SA-nya saranin spooring balancing (karena service gratis 10.000 KM), kurang lebih nambah 370rb. Tapi ane tolak karena KM ane baru 6.424, ane pikir nanti aja pas KM 10.000.


    Nah klo om yg lain ada yg pernah spooring balancing saat KM masih dibawah 10.000?


  • -honda ultra brake fluid 44.000 (tambahan karena harga partnya ga terlalu mahal, & menurut ane penting juga jadi gpp lah.. hehe)


    berarti minyak rem dikuras dan diganti baru ya om? 44ribu total semuanya? butuh berapa liter?


    Untuk spooring n balancing saya rasa cukup satu tahun sekali. Atau kalau mau extrim.. Spooring kalo ada gejala stir ngebuang ke kanan/ kiri. dan balancing kalo terasa ban bergetar (mental mentul) saat kecepatan tinggi.

  • Kemarin ini baru service mobil ane....sudah pas satu tahun...dan udah jalan 11500. Jadinya hari ini ane minta bantu supir setir mobil nya ke service mobil di Pluit (Jakut) .. ane bilang tolong bilang service mobil 10,000km. Ya udah...supir ane balik 1.5 jam kemudian...dan habis itu ane tanya gimana......

    Supir ane bilang harus kerjain 20.000km service soalnya sudah pas 1 tahun. Pas ane liat rincian service nya buset deh....


    - Honda Brake fluid

    - Honda Gold oil

    - Honda ATF DW1 (Automatic fluid DW1) Rp243ribu

    - Brake Parts cleaner

    - Engine Flush

    - Fuel Injector Cleaner Rp 250ribu

    - Washer plug and washer drain


    Total .. Rp1,2jt + PPN.


    Ane pertama kali pikir...ini ATF-DW1 apa ya... eh pas check di internet itu auto transmission fluid...buset deh, ngga salah ganti oli untuk auto di 11000kms?. Ane telpon service advisor nya, nanyain kenapa harus ganti oli transmisi?. dia bilang ya lebih bagus nya begitu pak. Terus yg engine cleaner mengapa di haruskan juga. Biasa lah...biar engine lebih bagus, tokcer blah blah blah. Ane bilang ane ngga mau bayar yg itu dua (transmisi oli dan injector cleaner), terus dia bilang waah sorry pak sudah di input. Ane bilang lagi...minta tolong untuk di sambungkan dgn manager service nya soalnya ane mau komplain... soalnya ane ngga pernah denger service advisor yg menganjurkan mengganti oli transmisi di 11000kms. Menurut di buku service ganti oli transmisi tuh di 40.000kms.


    Abis gitu baru deh dia nyerah....mungkin takut di marahin sama service Manager nya. Dia bilang pak yg itu pakai uang saya saja bagaimana?. ... ane bilang bayar setengah aja....akhir akhir nya ane bayarin dulu cost nya nanti minggu ini dia akan ganti uang ane... nanti ane minta tolong supir untuk menagih balik Rp250ribu.


    Ringkasan nya...itu service advisor kadang kadang banyak yg nakal...yg ngga perlu di kerjain sengaja di kerjain...mungkin untuk nambah quota pendapatan nya. Lain kali ane tau deh harus bilang apa... harus bilangin "Harus menurut buku service...semua tambahan tektek bengek ngga mau".... Sayang waktu itu ane ngga bilangin tegas ke supir untuk "Service 10.000km SAJA. Tok."


    hanya untuk meng-share pengalaman ane... moga moga brio owner yg lain ngga bisa di kibulin ama service "advisor" nya :).....

  • thanks om... infonya. Agar lebih bisa hati2 dan teliti dengan SA bengkel yang nakal...

    :thumbup::thumbup::thumbup:

  • Ikutan share, rekan2 Brio Community.

    Penggantian Oli/apapun Part secara umum dibilang berdasarkan jarak tempuh (Km).


    Menurut pengalaman technical saya :

    Penggantian Olie Gardan/Gearbox memang berdasarkan pada rotasi dari gigi didalamnya dgn kata lain berdasar jarak tempuh (Km). Ganti Ban/Bearing2 Penggerak Ban boleh juga berdasarkan pada jarak tempuh (Km).


    Tapi kalo penggantian OLI MESIN kurang bijak jika memakai acuan jarak tempuh (Km), karena ada pengaruh lain yg cukup dominan yaitu daerah tsb MACET atau TIDAK. sebagai contoh :

    brio dalam mencapai 5 km bisa berapa cepat??

    Kita harus tanya dulu, brio tsb dikendarai di daerah mana??

    - kalau di Sidoarjo mungkin hanya ditempuh 10 menitan.

    - kalau di Semarang mungkin 20 menitan.

    - kalau di Jakarta ....... muacet puol ........ mungkin bisa sampe 1 jam-an.

    Artinya sebenarnya pengaruh yg dominan adalah Running Hours (RH) mobil tsb.

    Jadi menurut hemat saya, akan lebih bijak jika kita tidak menyamaratakan Km Penggantian Olie Mesin.

    Mungkin kalo di Sidoarjo ganti Oli Mesin 7.500 sd 10.000 Km.

    Kalo di Jakarta ya jangan, sebaiknya per 5.000 Km saja.


    Itu share pemikiran saya u/rekan2 Brio Community.

    Mohon koreksinya jika ada yg salah....Suwun...:):)