Honda Brio Satya Tak Sanggup di Tanjakan

  • Numpang sharing juga ah,...
    Iim ane Satya E MT, sama seperti om2 alami, kadang loss power.
    Kebetulan di Komplek ane cinere, kontur kompleknya tanjakan/turunan hampir 45 derajat.
    Awal2 ane lakuin sama seperti om2, injek gas pol angkat kopling, atau di bantu rem tangan, jadi ya mesin ngegerung, padahal baru mau jalan kantor, jadi kondisi mesin gak panas (ane selalu nyalain mesin kl 2-3 menit sebelum start jalan ke Kantor)


    Sekarang ane dah tau sela nya. Pada saat di gas gak jalan/berat nanjak, lepas gas, jangan di paksa atau nahan kopling nti loncat, kembalikan ke posisi netral, injek rem Tarik rem tangan, trus kembali ke awal lagi seperti mau jalani Mobil,.....
    Injek kopling masking Gigi 1, gas ancang2,
    Angkat kopling bersamaan injek ga, turunin rem tangan (semua nya pake perasaan) brio Akan jalan normal
    Tentunya itungannya detik, cue kin aja klakson belakang.
    Terakhir,... Yakin pasti bisa


    Kalau mau Latihan di tempat ane juga boleh soalnya di Komplek dan gak ada yg klaksonin, paling di komplain Ane tetangga.
    :hahaha::hahaha::hahaha:

  • Cb "kecilkan" tempratur AC ..misal dlm posisi diam AC dimatikan dl jk dlm posisi tanjakan dg komposisi pnmpng full :D


    Tp pengalaman ane saat ditanjakan (parkir di mall khususnya) lmyn enteng kok tarikannya .. Bhkn sempet ane cb berhenti dl pas ditanjakan trs lepas gas dg pelan :D


  • Paling murah sih menyesuaikan kaki om Firman, bener, rpm di tahan di atas 2500 baru lepas kopling, tapi cara ini kan buat berkendara nggak nyaman. Kalo om AnoGun ngatasinya dengan memperbesar pasokan udara masuk, kalo om @"Dedy_Sulistianto" nyekolahin kakinya.. :hahaha: mungkin om-om yg saya sebut bisa bantu jawab...


    @"vmn"


    ikut nimbrung plus nanya ya suhu... maaf klo agak OOT dengan tanjakannya, ini mo nanya yg loss power cuma gak tau thread yg mana


    saya ngerasain juga nih loss power di RPM 2000-2500, mobil brio E CKD A/T masih 1000an km
    ngak nyaman klo mau nyalip dari kecepatan rendah om, lambat banget buat nyalipnya
    selama ini main di posisi shift D aja om, ada kepikiran pas mo nyalip pindah ke D3, cuma ragu mo mindah tu bejek rem dulu trus pindah ke d3 atau langsung aja pencet shift knop dan pindah ke d3? newbie nih om... infonya dong om @"Zikri Irfandi" @"KAZ3" dan om2 lainnya yg mobilnya metic juga


    selama ini klo mo nyalip dari posisi pelan RPM 2000an pasti bejek gas dulu sampai mesin ngeraung (lihat RPM 3000an) baru deh tuh boil ngacir, rasanya kok kasian amat ya dipaksa2 gtu :nangis:


    makasih ya suhu ilmunya


  • Punya saya MT, tapi itu memang karakter AT kan? kalo dikick down gigi otomatis turun, jadi torsi jadi lebih besar. Cmiiw

  • Satya E ane 2x ngerasain mati mesin pas tanjakan
    1. Tanjakan pake gigi 2, rpm sekitar 1000, mobil masih jalan pelan, pas injek gas malah mati, tarik rem tangan, injek kopling, starter, pindah gigi 1, setengah kopling, siap2 injak gas, lepas rem tangan sambil injek gas, ngacir deh
    2. Macet di tanjakan, posisi berhenti gigi 1 setengah kopling ga pake rem tangan, injek gas serasa g diinjek gasnya pdhl udah lumayan dalem, lepas gasnya langsung mati


    Klo lost power ane ngerasain di rpm <2000, klo udah >2000rpm pasti ngacir


  • Satya E ane 2x ngerasain mati mesin pas tanjakan
    1. Tanjakan pake gigi 2, rpm sekitar 1000, mobil masih jalan pelan, pas injek gas malah mati, tarik rem tangan, injek kopling, starter, pindah gigi 1, setengah kopling, siap2 injak gas, lepas rem tangan sambil injek gas, ngacir deh
    2. Macet di tanjakan, posisi berhenti gigi 1 setengah kopling ga pake rem tangan, injek gas serasa g diinjek gasnya pdhl udah lumayan dalem, lepas gasnya langsung mati


    Klo lost power ane ngerasain di rpm <2000, klo udah >2000rpm pasti ngacir


    Klo pengalaman ane gigi 2 dibrio satya pas udah berhenti sedikit lagi tanjakan yg agak curam emang susah tarikannya harus pindahin ke gigi 1, tapi kalo padat merayap di tanjakan gigi 2 masih ngangkat kok om, ane udah test pass lewat tanjakan dago pakar Sama lembang I


  • saat turun diparkiran hypermart mobil aman aja giliran waktu mau naek satya ku ngak kuat ditanjakan...
    mesinnya langsung mati,apakah satya memang ngak sanggup ditanjakan y?ada yg punya pengalaman ngak saat naek ditanjakan..jadinya trauma mau naek tanjakan...:02:*&


    Waktu baru bbrp minggu bawa Satya, pertama kali naik tanjakan cukup curam + berkelok + jalan rusak parah (bekas arus air deras banget smpe hanyut aspalnya) + 4 pnumpng trmasuk saya (driver), awalnya naik, pake gigi 2. Bgitu di tengah tanjakan jalan sudah mulai parah dan ada sdqt macet d depan, mobil mulai batuk-batuk, rpm gak mau naik, saya shift down ke gigi 1,eh masih batuk-batuk juga, rpm blum juga naik, telat shift down kayaknya, jadi deh mati mesinnya. Di belakang ada Pajero yg udah ngomel2 klaksonnya. Rem tangan ditarik, hidupin mesin, angkat kopling perlahan sambil rem tangan diturunin, gak mampu juga naik, mati lagi mesinnya. 3 kali bgitu. Jadi malu bingits. Nti keempat kali baru sadar bahwa itu tanjakan yg cukup tinggi, gak cukup klo cuma ngandalin gas idle wktu lepas kopling perlahan, jadi saya naikin gasnya smpe sqtr d atas 2000 rpm, bru deh jalan mesinnya. Mulai dari situ saya paham karakter nih mobil, gak tnggung2 lagi injak gas kalo tanjakan, n scepatnya shift down klo mobil sudah ngos2an. Ini juga tdk trlepas dari teknologi Drive By Wire-nya. Kelebihan teknologi ini utk mngamankan mobil loncat krn pedal gas diinjak tiba2, slain utamanya mengatur aliran bensin pada saat digas; kekurangannya ya gak bisa smaunya nginjak pedal gas, trutama di situasi spt itu. So, driver aja yg hrus adaptasi dengan mobil, bukan mobil yg loyo di tanjakan.


  • Kebetulan sy jg pake yg E A/T...menurut pengalaman sy selama 75 hari sy pake yg A/T emg kyk gt om.yg penting om jgn bejek gas aja waktu ngoper gigi krn bs merusak sistem transmisi n sebisa mgkn sblm pindahin tuas transmisi om rem dikiiiiiitt aja tanpa hrs menimbulkan efek mengerem...pake jempol kaki jg bisa om :senyum: tp sbg pengguna brio A/T kt cukup terbantu dlm hal yg namanya TANJAKAN om...ga perlu repot2 lg atau takut mblnya mundur di tanjakan...:69:*& malah bs sambil godain ABEGEH lwt....hehehhee...ppiiiss