[DIY] Tire Maintenance Guide

  • Ok, sesuai janji saya kepada om Momod @zikri_irfandi untuk bikin tutorial soal tire maintenance.. :04:*&


    Terlepas anda pengguna nitrogen atau murni udara saja, it's your choice. Please take a look at this article for more information: Should you fill your cars's tires with nitrogen?


    Disebutkan agar Nitrogen bekerja sempurna minimal kadarnya mencapai 93%. Sedangkan udara sudah mengandung 78% nitrogen, artinya kita menambah 15% kadar nitrogen dan mengurangi kadar oksigen yang ada pada tire kita seharga Rp 10.000~/tyre. Seberapa significant sih? kalau ternyata pressure tire kurang, harus top-up nitrogen lagi. kalau ditambah udara biasa, kadar nitrogennya turun dari 93%, tidak optimal.


    Saya berinisiatif menggunakan udara biasa saja, untuk maintenance-nya, berikut tools yang saya gunakan:



    1. Mini Air Compressor -powered by lighter, tools mobile yang powerful (up to 150 Psi). Price: Rp 349.000
    2. Tire Pressure gauge, model analog, cukup akurat, mudah digunakan untuk all-around check. Price: Rp 72.800
    3. Tire repair kit, seandainya tire saya bocor lebih dari 1 buah tire. Satu menggunakan additional tire, dan satunya harus saya tambal manual. Price: Rp 89.000


    (Perlengkapan dapat diperoleh di ACE terdekat)


    Kenapa harus beli lagi tire pressure gauge? kan di mini air compressor sudah ada? Betul, cuma pasti ribet gotong sana-sini hanya untuk cek pressure. Lebih cepat dan simple pakai tire pressure gauge untuk pengecekan harian/mingguan. Selain itu skala gaugenya lebih detil.


    Berikut cara penggunaannya:


    1. Tire Pressure Gauge
    untuk mobil Brio Satya, pressure standard dapat dilihat pada bagian pintu driver,



    Pastikan kondisi tire dalam keadaan dingin, release pressure dengan menekan tombol release pada tire gauge jika terdapat pressure paga gauge, lalu cek pressure tire satu per satu sesuai standardnya. Jangan lupa tekan kembali tombol release pada gauge setelah melakukan pengecekan pressure.
    (Ingat, 1 Psi = 1 lb/in2 )
    Apabila ada pressure yang tidak standard, segera top-up menggunakan Mini Air Compressor.


    2. Mini Air Compressor

    Cara penggunaan:
    a. Pasangkan nozzle mini air compressor pada tire seperti gambar dibawah ini


    b. Pressure gauge pada mini air compressor akan naik sesuai pressure tire

    c. Pastikan Engine Mobil sudah hidup, lalu Hubungkan kabel power mini air compressor ke power outlet mobil (lighter)

    d. Tekan tombol ON untuk menghidupkan mini air compressor, amati pressure gauge hingga tercapai pressure yang kita inginkan

    e. Tekan tombol OFF untuk mematikan mini air compressor, lakukan langkah sebaliknya untuk berpindah ke tire lainnya.


    3. Tire Repair Kit
    Sehubungan tire saya belum ada yang bocor, jadi cuma petunjuknya aja yaa :D


    WARNING:
    Kurang tekanan atau kelebihan tekanan pada ban dapat mengakibatkan biaya lebih dan bahaya. Umur ban, kenyamanan mengemudi, daya cengkram dan pengereman yang bagus:
    Performa ini dapat dipengaruhi oleh tekanan udara yang tidak sesuai.


    Kurangnya tekanan udara dapat menghasilkan kelenturan yang berlebih dari casing ban yang menghasilkan panas, peningkatan daya tahan luncur dan keausan yang prematur. Dalam kondisi ekstrim tekanan udara yang kurang dapat menyebabkan kerusakan ban.


    Demikian juga, tekanan udara berlebih dapat mempengaruhi umur masa pakai ban. Ini menyebabkan berkurangnya cengkeraman dan aus yang tidak wajar terutama pada pemasangan as kemudi.
    Sumber: Right Pressure - Michelin

  • Om, tp yg bikin sy bingung, kenapa tekanan angin di brio cbu 1.3 dan ckd/satya berbeda ya?
    Bahkan waktu sy di beres iseng tanya tekanan angin brio brp, di kasih tau sesuai tekanan cbu, 32/29 klo sy ga salah inget.


    Tekanan 26 menurut saya terlalu "kempes"
    Efeknya ban cepet aus, mobil jd lebih berat.
    Klo saya pribadi saat ini ban saya 31-29


    Sy ga tau apakah ada pengaruh dari mobil kecil makan tekanan lebih kecil. Krn avanza saya ban depan 35belakang 33
    [hr]
    Btw, ane pertamax gan... Wkwkwkw
    Ga berlaku ya pertamax disini :D


  • Kalau dari berat kosongnya berbeda Om.
    Manual: 910-930 Kg
    Automatic: 950-965 Kg
    Saya belum compare sih antar type pressurenya berapa aja. Logikanya jika berat kosong lebih tinggi, pressure ban akan menyesuaikan.


    Sifat udara kan klo dipanaskan akan mengembang, kalau didinginkan justru menyusut.
    Saya setting pressure di Brio Satya sekitar 30 Psi (front), 28 Psi (rear). Sengaja dinaikin 1-2 Psi, untuk mengantisipasi penyusutan om.
    Kalau dibilang kempes emang keliatannya gitu, tapi kalau panas kan dia naik sendiri pressure nya.
    Kemarin setelah delivery dari dealer sampai garasi, pressure (rear) kanan malah mencapai 40 Psi. Horror banget om.. :D

  • baru 40..
    saya waktu itu sampe 50an :D
    jadi ceritanya, siang - siang lagi mo isi shell, skalian pikir tambah angin dah ..
    sambil whatsapp / bbm om ultrakyo ( dah lama banget ya om :D )


    pas mo isi, koq ga ngisi2 ya ? saya set depan 33 blakang 30..
    akhirnya disamperin ama petugas, terus di cobain isi.. ternyata keluar current pressure di ban tuh uda 50an :D


    jadi bukannya ngisi angin, brio ane malah "buang angin" di sana :D