Halo semua, di buku manual New Brio 1.2L direkomen untuk menggunakan RON 92 dan di sticker pintu bensin dituliskan minimum RON 91. Pertanyaannya apakah aman untuk menggunakan premium pada mobil tersebut?
10-22-2013, 09:21 AM
[ASK] New Brio Bisa Minum Premium? |
Halo semua, di buku manual New Brio 1.2L direkomen untuk menggunakan RON 92 dan di sticker pintu bensin dituliskan minimum RON 91. Pertanyaannya apakah aman untuk menggunakan premium pada mobil tersebut?
10-22-2013, 09:21 AM
Sebenernya semua mobil ada knock sensor, yang bakal ngubah timing pembakaran kalo terjadi knocking di mesin, tapi konsekuensinya ke performa dan efesiensi pembakaran.
btw, premium itu RON 90?
HBC Store | Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451
10-22-2013, 09:50 AM (This post was last modified: 10-22-2013, 12:16 PM by Zikri Irfandi.)
Om Chris...kalo memakai premium dalam jangka panjang akan mengakibatkan penurunan performa mesi. Kalo pake pertamax 92 terlalu mahal kita bisa diakali dengan memakai pertamax plus (maksudnya mencampur pertamax plus dengan premium) dengan perbandingan 1:1 (pertamax plus Ron 95 dan premium Ron 88 = (95+88):2= 91,5)...saya juga lakukan ini untuk innova saya..tarikan mesinnya juga enak
10-22-2013, 12:15 PM
(10-22-2013, 12:15 PM)awanpadangbengipeteng Wrote: Om Chris...kalo memakai premium dalam jangka panjang akan mengakibatkan penurunan performa mesi. Kalo pake pertamax 92 terlalu mahal kita bisa diakali dengan memakai pertamax plus (maksudnya mencampur pertamax plus dengan premium) dengan perbandingan 1:1 (pertamax plus Ron 95 dan premium Ron 88 = (95+88):2= 91,5)...saya juga lakukan ini untuk innova saya..tarikan mesinnya juga enak di Metro nggak ada yang jual pertamax plus...
HBC Store | Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451
10-22-2013, 12:17 PM
(10-22-2013, 12:15 PM)awanpadangbengipeteng Wrote: Om Chris...kalo memakai premium dalam jangka panjang akan mengakibatkan penurunan performa mesi. Kalo pake pertamax 92 terlalu mahal kita bisa diakali dengan memakai pertamax plus (maksudnya mencampur pertamax plus dengan premium) dengan perbandingan 1:1 (pertamax plus Ron 95 dan premium Ron 88 = (95+88):2= 91,5)...saya juga lakukan ini untuk innova saya..tarikan mesinnya juga enak Thanks for response. Tadi coba browsing dan mendapatkan tabel ini, bener gak kira2?
10-22-2013, 01:19 PM (This post was last modified: 10-22-2013, 01:20 PM by ultrakyo.)
Brio, compression rationya cuma 10,2 - 10,5, harusnya masuk oktan 88 ya om Chris.. anehnya, brio ane yang CR nya 10,5 aja di manual book minimal RON 88, logikanya, CR lebih rendah lebih boleh lagi pake RON 88.
HBC Store | Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451
10-22-2013, 01:23 PM
(10-22-2013, 01:19 PM)ultrakyo Wrote:(10-22-2013, 12:15 PM)awanpadangbengipeteng Wrote: Om Chris...kalo memakai premium dalam jangka panjang akan mengakibatkan penurunan performa mesi. Kalo pake pertamax 92 terlalu mahal kita bisa diakali dengan memakai pertamax plus (maksudnya mencampur pertamax plus dengan premium) dengan perbandingan 1:1 (pertamax plus Ron 95 dan premium Ron 88 = (95+88):2= 91,5)...saya juga lakukan ini untuk innova saya..tarikan mesinnya juga enak kalau saya dl perna maen2 ke forum avanza xenia, ada yg komen klo compressi 9 saja sebaiknya minum RON 92 ke atas
10-22-2013, 01:34 PM
Nambahin article dari The Economist.
Quote:EVEN at the cheapest petrol station in your correspondent's neighborhood, filling up the family kidmobile with premium (91 octane) fuel now costs over $70. As the meter clocks up dizzying dollar amounts, he looks longingly at the regular (87 octane) pump. Switching from his vehicle’s recommended premium-grade fuel to the cheaper variety would lower his fuel bill by at least 20 cents a gallon (more than five cents a litre). The question is, would it be worth it? Source: http://www.economist.com/blogs/babbage/2...ne-ratings
10-22-2013, 04:45 PM
But cars today have sensors that listen carefully for the knocking sound, and instantly retard the ignition system when they detect that detonation is about to happen.
Tapi mobil-mobil saat ini mempunyai sensor (knock sensor -red) yang dapat mendengarkan bunyi knocking dengan jeli, dan langsung memundurkan sistem pengapian, saat sensor tadi mendeteksi knocking saat akan terjadi. To sum up, if the car’s handbook says that premium petrol is “recommended” (rather than insisting it is “required”), then the engine will automatically adjust itself to run smoothly on a lower octane fuel. Because of the retarded ignition, the engine will, of course, produce less power, and have slightly higher fuel consumption. But the poorer fuel economy is likely to be outweighed by the savings at the pump. Kesimpulannya, jika manual book menyarankan BBM oktan tinggi, bukan mengharuskan, maka mesin dapat menyesuaikan diri agar dapat berjalan lancar dengan BBM oktan rendah. Karena timing pengapian yang dimundurkan, tentu saja tenaga mesin berkurang dan lebih boros. Tapi walaupun BBM yang lebih boros, tetap saja uang yang dikeluarkan lebih sedikit daripada untuk membayar BBM oktan tinggi <= yang terakhir terjemahan bebas disesuaikan..
HBC Store | Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451
10-27-2013, 02:09 PM
|
« Next Oldest | Next Newest »
|