Sedikit tambahan info krn ane beberapa minggu lalu baru aja pasang anti karat. Ane pake TKD, kena 2.387.000. Memang rada mahal tp rasanya worth it.
Awalnya ane bimbang antara 4 merk antikarat: TKD, Ziebart, Valugard & Ultragard. Setelah browsing & cari informasi selama 1 bulan, ini sedikit penjelasan ttg ke-empatnya:
- TKD
Udah ada di Indonesia lama
Jenis anti karatnya masih pake bahan aspal, jadi lebih tebal
Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
Beberapa bagian dilobangin untuk masukin obatnya (tp nanti ditutup lagi pake karet).
Interior mobil jadi bau, baru hilang sekitar 2 minggu
Harga untuk Brio: 2.387.000
- Ziebart bisa dibilang sama ky TKD
Udah ada di Indonesia lama
Jenis anti karatnya masih pake bahan aspal, jadi lebih tebal
Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
Beberapa bagian dilobangin untuk masukin obatnya (tp nanti ditutup lagi pake karet)
Interior mobil jadi bau, baru hilang sekitar 2 minggu
Harga untuk Brio: 2.400.000
- Valugard bisa dibilang baru di Indo (ga selama 2 merk di atas)
Bahannya pake wax based compound yang disemprot pake sistem atomized system
Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
Ga pake ngelobangin mobil
Interior mobil juga berbau, walaupun ga sebau 2 merk di atas
Harga untuk Brio: 1.980.000
- Ultragard mirip2 valugard
Bahannya pake wax based compound yang disemprot pake sistem atomized system (tapi ini water based, teknologi ramah lingkungan)
Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
Ga pake ngelobangin mobil
Karena water based, interior jd ga bau
*Kl ga salah Ultragard rekanan sama Daihatsu
Harga untuk Brio: 1.540.000
Akhirnya ane pilih TKD karena memang workshopnya ga gitu jauh dr rumah ane & berasanya lebih tebal & manteb krn bahannya aspal.
Jadi knp ane pasang anti karat? Krn di brio ane berasa bgt anti karat bawaan tipis, beberapa kali dicuci bagian bawah & digosok pake tangan malah ada yg rontok. Ditambah beberapa baut underbody panel ada yg berkarat walaupun baru keliatan sedikit.
Sempet tanya2 jg ke bengkel body kit, bengkel asuransi, detailer, katanya anti karat bawaan pabrik memang tipis & sebenernya fungsi utamanya cuma buat ngelindungin mobil "sementara", entah itu ngelindugin pas shipping kendaraan ke kota2 tujuan atau ngelindungin pas kendaraan nongkrong di pabrik/showroom.
Karat sendiri memang kadang ga akan langsung keliatan, walaupun mobil udah jalan tahunan/puluhan tahun, karena biasanya beberapa muncul di bawah lapisan cat/sela-sela kendaraan. Itu kenapa kadang kita liat di bawah cat ada gelembung2 atau ada titik2 karat. Karat jg ga hanya muncul di kawasan pesisir, kualitas air yang jelek (buat cuci mobil) jg bisa jd pemicu, begitu jg air hujan krn mengandung asam.
Kalo kemaren ane di TKD, awalnya akan ada proses penyemprotan untuk "mematikan" biang karat dulu (terutama untuk mobil2 lama), baru abis itu disemprot pake anti karatnya. Bahannya kalo udah kering kayak karet, ga yang bener2 keras kaya batu.
Ya sebenernya soal anti karat ini balik lg ke pribadi masing2 sih, mau pasang/nggak.. Ane cuma sekedar berbagi info aja, maaf kalo kepanjangan & CMIIW.. :p