Posts by PamPam

Khusus member forum yang sudah register dengan facebook dan twitter, dan tidak bisa login, silahkan lakukan reset password

    • Dari link di atas "Hasil penelitian menunjukkan bahwa oil treatment yang dicampur dengan minyak pelumas mampu meningkatkan sedikit kualitas, yaitu berupa peningkatan kekentalan, khususnya pada suhu operasi motor di bawah 70 derajat C."


      Agak bingung, artinya oli makin kental=makin bagus?


      Setuju sama om zikri, saya juga bingung kenapa disebutkan peningkatan kekentalan yg dianggar meningkatkan sedikit kualitas..
      padahal kita tahu bahwa semakin encer malah semakin mahal dan semakin baik suatu produk oli


      tp setahu saya suhu oprasi di bawah 70 derajat itu tidaklah mungkin.. tempartur oli saat mesin bekerja pastilah di atas 70derajat.
      namun semenjak saya mengetahui adanya produk sejenis ini adalah pada saat saya masih menggurakan kendaraan tua dulu jaman kuliah, produk ini di aplikasikan apabila tidak punya uang untuk ganti oli saja..
      jd jika oli sudah melebihi 5000km dan kita belum punya dana ganti oli, maka sebaiknya pakai engine oil treatment dulu untuk sementara agar kekentalan oli diharapkan hampir sama seperti oli baru (ini kesimpulan pribadi saya aja sih)
      tp yang pasti ganti oli merupakan hal yang terbaik
      karena kita tahu banyak sekali residu2 yang sebetulnya harus dikeluarkan dr dalam mesin, makanya pabbrikan jg menganjurkan untuk ganti filter oli setiap beberapa kali ganti oli

        • semprot bagian dalam kap mesin juga om? jika sudah di anti karat tidak papa, jika belum sebaiknya jangan diulangi.. krn di dalam kap mesin ada lubang buat sirkulasi udara biar panas mesin langsung tersalurkan keluar.. jika di semprot air takutnya akan ada yang mengendap.. wajar jika ada tetesan krn disemprot dr dalam, kalau semprot dr luar kemudian ada tetesan di bagian manifol brarti ada selah kecil yg bikin airnya masuk tp itu wajar..
          jika memang tidak ingin ada tetesan air bisa dipasang peredam di kap mesin, atau setelah dicuci minta disemprotkan dengan kompresor udara biar tidak ada air yang mengendap..
          tp untuk lebih amannya bagian mesin cukup di lap saja, baik mesinnya maupun kap bagian dalam

            • saya kurang tau om zik.. itu nguncinya posisi pedal di tekan atau malah bikin tidak bisa ditekan
              kalau bikin tidak bisa ditekan itu oke, tapi kalau malah nginci di posisi tertekan lama2 seal rem bisa kalah.. per kopling jg akan kalah
              saya juga belum pernah pakai

                • nda terlalu perlu om sebetulnya.. toh ya kita rutin ganti oli tiap 5000km..
                  penggantian oli baru masih lebih baik daripada menambahkan additif oli seperti ini..
                  ya walaupun sebetulnya cukup meningkatkan kualitas oli, tp nd ngefek untuk mobil stdart

                    • wah, resiko setir bisa dipotong emang dr dulu kepikiran sih.. berhubung saya juga pakai kunci ganda yang demikian..


                      sebetulnya saya pengennya ganti setir yang bisa dicopot, tp pasti nd bakal ada lagi namanya Airbag.. mobil tua saya pakai setir demikian, kesannya asik dan aman..
                      ada juga pengaman kunci di pedal kan? saya belum pernah coba, apakah itu bisa lebih aman dr kunci setir?

                        • thx om verdin, lebar 6,5 aja msh nongon 2cm ya, apalagi lebar 7.
                          tp saya ada beberapa foto lebar 7 ET41 kok bs rata masuk ya, bilangnya sih tanpa camber.


                          boleh tau ban 185/55 nya merek apa om verdin ?
                          antara bibir velg dengan ban mendonat apa mengotak ya om ?


                          saya skrng pakai ban atr sport dan enkei rpf1 15 x 7 ET 40
                          ban depan pakai 185/55
                          ban belakang pakai 195/50


                          ban depan jika dilihat dari atas memang agak keluar fender, tidak masalah kecuali mobilnya agak mengayun berasa agak gesrot di depan..
                          nah saya sebetulny ud cukup puas dengan ukuran depan, namun ukuran belakang saya masih berasa agak kopong fendernya
                          inginnya saya padukan dengan ban 195/55.. kira2 aman nd yah? secara kalkulator bedanya tipis memang hanya nambah 1cm aj.. itupun saya masih bingung pakai ban merek apa ukuran segitu.
                          dan saya beli velg + ban dalam kondisi 2nd, jadi ya kembangannya sudah agak berkurang..



                          saya inginnya ganti ban yang lebih awet dan harga lebih murah, yah resikonya memang tapak ban tidak bisa sebagus ATR ini, yang saya kurang suka dr ATR krn terlalu cepat habis..
                          :nangis:

                            • wah baru baca lg thred ini, masalah gigi ngelepeh dulu pernah dijelaskan mekanik saat lagi bongkar gearbox.. sayangny skrng ingatan tersebut sudah hilang.. hahahah
                              yang pasti gearny tidak mau masuk, jika dipaksa masuk akan balik sendiri ke netral kecuali tongkat presnelingnya di tahan

                                • Awalnya saya mengira karena brio anda sudah cukup lama digunakan, sehingga bagian kanan pasti ambles karena anda mengemudi di sebelah kanan. namun apabila ada perkataan setelah ganti shockbreaker yang sama2 baru bagian kanan dan kiri masih saja lebih ambles sebelah kanan, brarti ada yang tidak presisi.. coba ke bengkel resmi untuk dperiksakan bagian kaki2 nya..
                                  untuk lebih pastinya coba diukur pakai alat bantu seperti waterpass untuk mengetahui apakah memang mobilnya miring atau kitanya miring :hahaha: :hahaha: :hahaha:

                                    • Om om.. mau tanya, kl oper gigi itu yang ideal seperti apa ya?
                                      apa nunggu sampe max speed / limit baru oper?
                                      apa sampe rpm tertentu per gear nya baru oper?
                                      apa sampe mesin ngeden baru oper ? :senyum:


                                      pertama menurut saya idealnya oper gigi adalah pada saat tiap kali oper tidak berbunyi "kemratak" saat kopling di lepas, apalagi yang ingin nyetir hemat.. bukan berarti gigi tinggi dengan kecepatan rendah itu baik, jika dipaksakan terus maka bagian transmisi bisa kalah duluan. kalau bisa ideal lah.. lambang Eco jg bisa menjadi patokan


                                      kedua, oper gigi mengikuti torsi yang tertera di brosur dimana torsi puncak yang tertulis didapatkan pada RPM 4500 maka bisa dijadikan panduan kita oper di RPM tersebut untuk mendapatkan tenaga maksimal,


                                      bagaimana dengan oper gigi dengan RPM hingga titik merah? tidak masalah, brio sanggup dan juga terdapat limiter agar mesin tidak cepat rusak. Namun cara berkendara tersebut akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang cenderung boros.


                                        • sebaikny jgn cuma cek goyang ban aja si, karena kasus saya dulu jg begitu saat dibongkar langsung mrotol.. :hahaha: :hahaha: 
                                          selama belum prnah masukin apapun ke mesin kayanya mesin nd ada masalah, coba minta di cek aja di bengkel resmi. jangan menunggu 20ribu kalau memang ud berasa nd nyaman, karena nyetirnya jg nd enak.. munkin performa nd masalah, tp bunyi janggal kadang bikin hati dan kuping tidak tentram

                                            • Setuju sama om PamPam.. Soal ngerubah ke sistem hidrolis dan kalau mau ganti piringan cakram yang lebih besar, maka velg juga mesti upgrade..
                                              Tapi kalo soal tromol lebih pakem dari cakram, saya masih agak ragu.. Soalnya selama ini pengalaman merasakan rem cakram lebih pakem daripada tromol.. Atau mungkin ada perbandingan kondisi seperti : jika tromol ukuran besar bisa lebih pakem daripada menggunakan rem cakram dengan piringan kecil..
                                              CMIIW.. :D


                                              hahaha, bandinginnya sama yang seukuran dong om..
                                              kenapa tromol bisa lebih pakem? dikarenakan rem tromol ada 2 kampas rem yang bekerja di bidang yang berlawanan yaitu kiri dan kanan atau atas dan bawah. sedangkan jika di rem cakram hanya menggunakan 1 kaliper saja, itulah yang menyebabkan rem cakram tdk sepakem tromol untuk kendaraan standart.
                                              tp kenapa mobil2 mewah menggunakan disc brake? karena umumnya mobil2 mewah akan melaju dengan kecepatan tinggi, dan lebih sering gas rem gas rem, maka disc lebih cocok dikarenakan lebih cepat dalam membuang panas. agar lebih pakem dipakaikan disc ukuran besar, dan menggunakan kaliper dengan jumlah piston lebih banyak. dengan begitu bidang kampas yang menekan disc menjadi lebih besar sehingga rem bisa lebih pakem. agar rem cepat dingin, maka dibuatlah disc dengan alur bergurat2 layaknya selulit dan dibolong bolongi. :hahaha: :hahaha: :hahaha:


                                              belum lagi perawatan rem cakram yang lebih mudah, karena rem cakram tidak akan menyimpan kotoran (kikisan kampas rem) berbeda dengan tromol yang pasti akan terkunci di dalam area tromol, tidak perlu rutin setel tromol, bisa di bayangkan yang punya lamborghini kalau pakai tromol pasti marah2 sebelum pakai harus setel lg, saat menerobos banjir? rem tromol kalah telak disini :senyum:

                                                • Kalo memang waktu tanjakan mau nggak mau harus dibetot om, tapi kalo parkir di tempat datar, baiknya slow aja narik rem tangannya


                                                  Kalau di tanjakan, rem tangannya di genggam erat2, tarik ke atas sampai urat2 kelihatan.. biar macho gt :socute:


                                                  kalau parkir di tempat datar rem tangannya di tarik pakai kelingking aja :hahaha: :hahaha: :hahaha: :hahaha:


                                                    • nubie permobilan ini, ngecek level oli, air radiator, tire pressure itu gmn caranya gan?


                                                      pengecekan selalu dilakukan sebelum mobil digunakan, akan lebih baik setelah parkir semalaman dicek dulu sebelum berangkat kerja


                                                      1. Mengecek oli, buka kap mesin, cari yang namanya dipstick (di brio saya lupa warna apa) cari yang bisa ditarik (ntah merah atau kuning warnanya). setelah dicabut, bagian pucuknya di lap kering dulu. kemudian masukkan lg sampai mentok, dan ditarik lagi. nanti akan terlihat posisi oli ada di antara 2 titik ataukah oli berada di posisi dibawah titik. jika dibawah titik, mungkin anda telat dalam melakukan pergantian oli, atau mungkin ada kebocoran di mesin. jika ada bengkel terdekat, segera masukkan. namun jika dirasa agak jauh, sebelum berangkat ditambahkan oli 0,5 liter atau secukupnya saja.


                                                      2. air radiator, bisa dilihat ada tabung yang bisa diisi dan berisi cairan warna merah. perhatikan baik2 tabungnya, akan ada petunjuk dimana batas aman air radiator seharusnya


                                                      3. Tire pressure, mau tidak mau beli dulu alatnya. ada yang murah, sampai yang mahal. selama menunjukkan angka di atas 20 (ini patokan saya sendiri), masih aman dipakai hanya saja kendaraan akan lebih boros. note, jangan coba2 mengukur kerasnya ban dengan cara dipencet pencet, anda bukan superman yang punya jari yang keras ataupun ini bukan sepeda motor yang masih bisa di pencet ban ny jika gembos