Posts by Michael Adhi


    • Ouw, jd ada fungsi ya. Kirain hanya melindungi rangka bawah waktu gasruk ke poldur aja


      Fungsi aerodinamis Om. Di kecepatan tinggi, udara yang bergerak di bagian atas mobil lebih cepat dibanding yang di bawah, menciptakan sensasi "melayang". Dengan underbody panel, udara yang bergerak di bawah mobil jadinya tidak menemui halangan apapun dan mengurangi efek melayang. Ini sebenarnya prinsip sayap, dan bentuk mobil sebenarnya juga mirip saya, mblendung di atas, rata di bawah. Bonus juga, karena bagian bawah mobil banyak gelantungannya seperti canister exhaust, pipa-pipa, tanki bensin, tonjolan ban serep, semuanya memberikan hambatan udara. Dengan adanya panel ini, hambatan udara mendekati nol di kolong Brio.


      Tujuan saya membeli Brio untuk maksimalkan keiritannya... Jadi kehilangan underbody panel ini membuat saya kesal :onfire:


      Memang saya melihat ada routing pipa ABS, apakah karena ABS ini jadi underbody panel tidak muat di Brio.

        • Ada yang punya Brio E AT juga untuk diperbandingkan? Kalau bisa yang tahun 2015... Sales saya tidak tahu menahu soal ini. Takutnya kalau dia tanya supervisor, malah digampangin, paling diminta bilang ke saya kalau Brio E AT memang tidak ada panel kolong supaya cepat urusannya. Sama seperti saya dulu beli samsung Galaxy Spica (Android pertama Samsung). Baru beli tidak ada getar. Datang ke Service center kelapa gading dibilang kalau Samsung Galaxy Spica tidak ada getar... Tapi ternyata teman saya beli ada getar... Kapok saya beli Samsung. Jangan sampai Honda juga seperti ini.

            • Halo semuanya... Akhir pucuk dicinta ulam tiba, Honda Brio saya sudah mendarat dengan selamat di rumah, lengkap dengan surat-surat :hahaha: Sebenarnya sih sudah satu minggu tapi keasikan nyetir sampai mau pulang aja putar tol JORR dulu (pokoknya edan banget).


              Nah, baru aja cek kaki-kaki sehabis seminggu putar-putar kayak orang gila... Ada satu hal yang sangat mencolok mata saya... Kok Brio E AT saya tidak ada underbody panel ya? :gosong:


              Dulu saya pernah ulas Honda Brio di blog pribadi di http://michaeladhi.com/2013/06…-could-honda-brio-review/


              dan satu hal yang saya elu-elukan itu fitur underbody panelnya karena menambah nilai aerodinamis di kecepatan tinggi dan membantu mengefisienkan bahan bakar.


              Nah, saya baru saja foto... Bagian bawah Brio saya tidak ada underbody panel sama sekali.


              Berikut foto dari blog saya... Foto kolong Brio 2013.



              Dan ini foto kolong Brio saya (2015).



              Ini pengurangan fitur atau apa ya? Semoga underbody panel bukan dicabut oleh pihak Ziebart karena saya pasang anti karat ya... Soalnya saya minta semua beres dari dealer sampai ke tangan. Nah kalau pengurangan fitur... Bisa tidak saya beli underbody panel Brio? :heran:

                • Rekans, mau tanya nih posisi ideal dudukan/pegangan hape/GPS di Brio bagusnya selain di kaca depan di mana ya? :tanya:


                  Untuk saya, area kaca depan dan dashboard mobil itu sakral, gak boleh ada hiasan, gantungan, bahkan stiker (kecuali terpaksa sekali seperti parkir langganan). Alsan utama jelas supaya mata tidak terganggu oleh benda-benda tersebut. Kalau di mobil anak-anak (Honda Freed), saya taruh GPS persis di bonggolan setir, kebetulan odometer posisi di atas jadi tidak menghalangi dan terlihat rapih seperti unit navigasi bawaan.


                  Kalau dahulu pakai Honda Jazz GD3, saya taruh GPS persis di frame kaca sebelah kanan pengemudi jadi tidak menghalangi kaca depan. Apakah di Brio ada tempat ideal selain di area tersebut untuk pasang dudukan/pegangan hape/GPS?

                    • Salam kenal Tante Maya (udah Tante belum, kalau belum mohon maaf, karena saya semuanya panggil om di sini). Untuk grup WA atau BB bisa ke sub bagian regional, nanti gabung saja di situ.

                        • Halo om (om bukan? Kalau bukan maaf ya), kalau orang tua bilang, sedikit orang bersuara lantang ketika ada masalah tapi banyak yang hening bila tidak ada masalah :cool:


                          Jangankan Brio, forum Ferrari dan forum Lamborghini pasti ada yang berkeluh kesah tentang mobil mereka yang berharga lebih dari rumah saya :socute:


                          Kalau memang ada masalah, produk massal pasti ada lemahnya, berbeda dengan produk hand made yang diteliti satu persatu, itu pun juga masih ada kemungkinan nyelip sedikit. Yang penting itikad baik dari pemegang merek untuk mengatasi bilamana ada masalah.

                            • @"ImanR" itu setahu saya ya om. Kadang memang tidak enak dilihat tapi wajar. Seperti bopeng di muka bekas cacar, menyebalkan ketika dilihat, tapi tidak berarti muka kita keseluruhan jadi jelek karenanya.


                              @"Zikri Irfandi" om Zik, kalau sudah berjamur berarti ada endapan air, sudah pasti cacat itu.