Kopling manual seret

  • oh iya om... sharing aja,,, klo bole jangan pake cairan wd40 yang wrna biru yg biasa kita liat dijual2 di toko alat2 mtor atau jangan juga dipakai cairan silikon karena silikon bukan dikhususkan untuk melumasi besi dengan suhu panas mesin yang tinggi.

    kemarin saya pake cairan wd40 high performance white lithium grease,,, ini wd40 yg beda dgn yg biasanya,, karena ini cairan pelumas yang ada greasenya (gemuk) high performance dan tahan terhadap suhu tinggi. (gemuk putih)

    kemarin beli di ace hardware klo ngga salah harganya 98.000

  • agak berat gimana om? berat dipindah atau susah masuknya?? klau susah masuk biasanya mungkin pengaruh mobilnya masuk jalan atau biasa koplingnya yang ngga diinjak smpai penuh...

    susah masuk R nya Om, jadi mesti di majuin sikit mobilnya baru enteng masuk ke R, mobilnya masuk jalan itu gimana om? ;)

  • Sama om kl kopling dilebas walupun pelan ada suara ngik ngik... tapi itu kayaknya seperti kuran pekumasan saja om.. punyaku juga . tapi tak diamke. udah beres belum om sekarang.

  • Saya juga merasakan demikian om...

    Bunyi suara ngik ngik pada saat melepas kopling saja, dan yang ingin saya tanyakan adalah :


    *apakah diberi pelumasnya pada bagian kopling yang berada di dalam kabin atau dri ruang mesin om ?


    om iandbrio saya akan coba WD 40 yang high performance, sepertinya recommended terlihat dari bentuk kalengnya. hehehehe ;);)

  • kalau saya kmren coba dilumasin di tiga titik.

    1. Di pedal kopling dalam kabin.

    2. Master kopling bawah didalem karetnya ada pistonnya nah pistonnya yg d gemukin.

    3. Garpu di master bawah nya semprot ke bagian yg ada bearing matahari nya.


    Sampe skrng udah gak ada masalah dipake macet gak pegel empuk kayak baru.

  • Dibengkel ya om... atau sendiri melumasinya.

  • Ngalamin juga kayak gini, km 37rb. Sampai kreket2 suara dan rasanya di kaki nggak enak banget. Mampir beres, sama dia di garpu kopling karet di buka, terus di semprot penetrant (katanya sejenis wd), sambil montir satunya ngocok2 kopling, SOLVED. Suruh pulang nggak usah bayar, hehehehe. Sekarang sudah 2 bulan mulai kadang bunyi lagi. Mungkin memang harus pakai pelumas.