Cara Pasang Tachometer Defi pada Honda Brio

  • Sugeng Siang Mas Mas Briyo....


    Saya mau tanya adakah yg sudah pasang tachometer defi di honda brio???


    di dealer honda resmi ndak berani.....aduuuhhh suuusaaah....


    ada rekomendasi bengkel mana yg bisa pasangin area jogja-solo????


    Saya sudah terlanjur merakit, tp gk ada yang berani sambungi kabel2nya


    Jadi cuma nongkrong aja di dashboard, gak nyala


    Mohon sedikit cahaya dari sesepuh2 HBC


    Maturnuwun

  • Mungkin krn lebih besar, jd lebih keliatan. Secara visual juga keliatan lbh keren, ada warna biru n merah.
    Juga ada shift light, jd pas rpm brp hrs pindah gigi lampu tsb menyala.
    Tp jujur saja, dulu pengen mobil yg ada rpm, tp tyt jg jarang bgt dilihat rpm tsb.


    @"Walidin"
    mungkin lbh baik dipasang di bengkel modif biasa.
    kl di beres biasanya mrk ga mau repot pasang acc tambahan spt itu aplg jg bkn s/p honda.

  • Pernah baca dr artikel luar. Kalau kendaraan berpeforma tinggi, revcounter jauh lebih penting dr speedometernya. Dan mobil2 tertentu punya revcounter yg lebih mudah dibaca biar perpindahan gearnya pada saat tenaga puncak. Salah satunya adanya fitur lampu untuk pindah gear, biar driver fokus ke jalan tanpa memperhatikan revcounter



    Misalnya Mini JCW, revcounter depan setir. Speedo terletak di dashboard (tapi mini cooper baru instrumental panelnya lebih konvebsional)
    [hr]

    Atau ini. Contoh instrumental panel pada aventador


  • Pernah baca dr artikel luar. Kalau kendaraan berpeforma tinggi, revcounter jauh lebih penting dr speedometernya. Dan mobil2 tertentu punya revcounter yg lebih mudah dibaca biar perpindahan gearnya pada saat tenaga puncak. Salah satunya adanya fitur lampu untuk pindah gear, biar driver fokus ke jalan tanpa memperhatikan revcounter


    [IMG]http://img.tapatalk.com/d/14/06/27/3e4yma9a.jpg[IMG]
    Misalnya Mini JCW, revcounter depan setir. Speedo terletak di dashboard (tapi mini cooper baru instrumental panelnya lebih konvebsional)


    Om amal pernah TD ini??? :ngiler:
    Ngiri ngiri ngiri ngiri ngiri ngiri :nangis:


    Mini John Cooper Works :nangis:


    Btw, kalo aventador digital murni itu om panelnya, jadi bisa switch pilih antara Speedo (tacho bentuknya digital di kanan bawah), atau mau tacho (speedo digital di kanan bawah, ky poto yg dipost sama om amal).


    Quote
  • Om amal pernah TD ini??? :ngiler:
    Ngiri ngiri ngiri ngiri ngiri ngiri :nangis:


    Mini John Cooper Works :nangis:


    Btw, kalo aventador digital murni itu om panelnya, jadi bisa switch pilih antara Speedo (tacho bentuknya digital di kanan bawah), atau mau tacho (speedo digital di kanan bawah, ky poto yg dipost sama om amal).


    Iya om. JCW enak banget hahaha. Serasa bawa go kart. Respon dr mobilnya direct banget ke drivernya.


    Btw nice info om. Pas ane test gak sempet coba fitur2nya. Masih dalam bahasa italy juga dan waktu terbatas :'(


  • halo om sekalian, ada yg bisa kasih tutorial cara pasang tachometer defi di honda brio satya 2014-2015? trims sebelumnya..


    Sebenernya mudah om pasang tachometer Defi baik yang Advance ataupun yang BF yang 9000rpm atau juga yang 11000rpm, kalau yang banyak duit tinggal ke bengkel aksesoris pasang bayar kelar, tapi kalo yang memang hobi ngoprek, kringetan, n Ngirit mending pasang sendiri, karena ongkos pasang tacho di bengkel aksesoris gilaaakkk mahal boneng... giliran tau cara masang nya cuman kek gt, ane juga bisa... wkwkwkwk...
    singkatnya begini gan.. yang pasti agak beresiko ya gan karena kita akan ngoprek bagian Elektrikal di mobil brio kita. saya baru pasang sekitar 3 mobil tapi Brio Satya ya,,,
    1. siapin kabel kurang lebih 2 meter untuk narik kabel dari dalam mesin hingga ke dashboard. (panjang tergantung mo naruh tachonya dimana) kalau bisa warna hijau biar sama kaya tachonya.
    2. buka cover stir atas dan bawah. bawah ada baut skrupnya 3 biji.
    3. cabut soket yang berwarna coklat yang ada beberapa kabel agak besar isinya warna merah, kuning, putih, orange dan pink
    4. kabel tachometer defi biasanya terdiri dari 5 warna tersebut, nah tinggal sambungin aja tuh ke konektor itu Merah untuk power, Kuning ke kuning, putih ke putih, Hitam ke ground (apa kek yg pnting besi di deket stir) nah khusus yang HIJAU ini sambungin ke kabel pada item 1 tadi sampai ke bagian mesin. masukin ke lubang atas pedal kopling hingga ke engine bay.
    5. karena brio itu mobil DBW maka kabel sensor untuk RPM bukan ambil dari negatif coil busi tapi harus liwat dari ECU. nah kabel hijau tadi disambungkan ke kabel yang ada di dalam ECU yang warna Hijau juga. caranya cabut negatif accu trus buka cover plastik ECU kemudian buka soket yang bagian atas karena ada 2 soket atas dan bawah. nah cari tuh kabel warna HIJAU TUA yang agak kecil, tidak bergaris atau pelangi. trus sambungkan dengan kabel hijau dari dalam tadi, kalau bisa sambungnya metode akupuntur aja, soalnya ECU. agak rawan takutnya ada kebocoran induksi.


    kalau sudah dicoba test dulu ya... sambung aki kembali soket ECU pasang jugak , soket bawah stir sambungkan jugak baru nyalain mesin. coba digas kalo jarum RPM naik brarti berhasil
    Selamat mencoba


    nb: fotonya nyusul

  • yang kabel hijau ini nggak bisa dihubungkan ke kabel tachometer di dashboard juga om?


    Ga bisa om, saya sudah pernah bongkar speedometer nyari jalur tachonya tapi ga ketemu, sebenernya kalau mau yang lebih mudah lagi belinya yang komplit pakai Defi Link advance system. tinggal colok OBD2 aja om untuk sensor2 nya, sama jalur + dan - ground


    ada lagi yang lebih mudah n Keren, beli aja OBD2 scanner + pake apk android Torque yang pro/full. pake Tab taro ditengah tengah. ada semua disitu dari RPM, Water Temp, Vaccum, Oil Temp, Voltmeter, Exhaust Temp dll deh...