Minta DIY kamera mundur Universal buat Brio Donk!

  • Hallo member HBC,


    Minta ilmunya dikit dong,


    ane baru order kamera mundur yang model butterfly (bulat lonjong gak pake LED). Merk Blitz (Semoga Awet).


    nah yang ane bayangin kalo pasang sendiri, itu kabelnya diurutin dari mana sampai mana yah?
    1. lokasi selipin kabel panjang warna kuning (Di dalam kabinkah?),klo iya dari mana titik bolongan diluar yang bisa tembus ke dalam ruangan dari belakang kedepan.
    2. kabel merah buat power haruskah kupas kabel lampu mundur? (lebih baik sebelah kiri / kanan? )




    mohon petunjuk para member yang udah pernah buka2 interior brio.


    Salam,


    Yudi

  • Pesen di indonesia kok om..


    ampernya kecil om.


    ane udah coba selipin dari lobang lampu plat nomor. tapi gak nyampe2 ke dalam kabin.. :(
    mau buka bumper belakang masih takut banget. ngeri patah dan gak bisa masang lagi..


    give up..!!!


    kira2 dealer honda mau gak yah suruh pasangin kamera ginian?


    kemarin ini sih, mud guard yang dibeli dipasangin ama dealer.
    gak tau deh kalo ini, mau apa gak ya?


  • Kabel jalan lewat atas (plafon) bisa, lewat bawah juga bisa, paling gampang seperti saran om zikri sih, lewat bawah, bisa dr sisi kiri atau kanan, sekalian jawab pertanyaan kedua, sesuaikan sama jalur kabel dr depan, om lewat kiri atau kanan? Tidak ada yg lebih baik, sama aja

    BrioKustik |
    Clarion | Ground Zero | LM Audio | Stinger | Real Cable | Harmonic Harmony | Automat | Jacaranda | STP
    Mundu Tiga Audio | RawaManGun |

  • OK. om semuanya..
    terimakasih atas infonya...
    akhirnya saya bisa pasang sendiri neh kamera mundurnya.. :)
    butuh perjuangan 1jam buat ngurutin kabel dari belakang ke depan..


    sebelumnya ane punya kendala nembusin kabel dari plat nomor ke dalam kabin, eh ternyata ada satu barang yang sangat berguna tidak dipikirkan selama ini
    yaitu Kawat !!! :D..


    gara2 ini barang jadi pending pengerjaannya..


    so kesimpulannya :
    1. buka semua cover bagian belakang dalam mobil berikut penutup ban cadanganngan, buka 2 pin tempel (posisi pertama ada di bagian belakang atas , kedua ada disamping dekat seat bealt sedikit keatas. 1 pin lagi berada di bagian dasar dekat kaki kursi belakang (buka cover agak sedikit di dorong ke bagian depan, bunyinya lumayan menakutkan tapi lentur kok gak usah takut patah)
    2. kawat di tembusin lewat lobang sebelah lampu plat nomor. (arahkan kawat ke lobang plastik hitam berbentuk bulat) coba di intip pake senter deh pasti kliatan ada lobang berbentuk plastik hitam
    3. jika sudah tembus ambil kabel kamera warna kuning, rekatkan dengan solasi dengan ujung kawat yang sudah tembus di bagian dalam mobil. lalu tarik hingga keluar mobil, setelah keluar kabelnya, hubungkan kabel tersebut dengan kameranya, kuning ke kuning, dan rekatkan kembali dengan solasi soket merah dan kuning menjadi satu bagian, setelah tarik kabel kuning tersebut dari dalam mobil secara perlahan, jika mentok, ulur kembali dan tarik lagi sampai tembus ke dalam.
    4. berikutnya kabel merah buat power kamera, sama seperti langkah 2, tapi yang ini ujung kawat sudah direkatkan dengan kabel ujung power adaptor.
    5. buka lampu belakang brio dengan kunci L (T25), lepaskan semua soket lampu dan kabel, supaya tidak menggantung, taruh batok lampu belakang ditempat aman.
    6. ambil kawat kembali rekatkan ujung kabel yg terkelupas (kabel power kamera) arahkan ke samping lurus ke bagian lampu belakang.
    7. nah sekarang kupas sedikit aja kabel di bagian lampu mundur, dengan mengunakan tang kecil, jika sudah kliatan serat kabelnya , hubungkan kabel adaptor warna merah ke hijau garis hitam lampu mundur, dan kabel hitam adaptor ke kabel hitam lampu mundur. solasi masing2 bagian kabel dan setelah itu satukan kabel tersebut.
    8. sekarang letakan kameranya di atas plat nomor, kalo saya patokan tengahnya dari lobang kunci bagasi, males ngukur2 pake meteran :P
    9. setelah bagian belakang selesai, masuk ke bagian dalam mobil urutin deh pinggir2an cover buat selipan kabel kuning tersebut hingga mencapai bagian head unit, lalu colokan kabel kuning ke port R-Cam , ada tulisannya kok dibelakang HU.. gak perlu bongkar head unit. bisa di lihat dari bagian glove box.
    10. test dulu tampilan layar di bagian headunit, kunci kontak posisi 1 (On engine off), injak rem pindah perseneling ke gigi mundur, nah liat deh di bagian layar HU, jika tidak nyala cek bagian kabel adaptor, sudah terpasang sempurna apa belum?..


    11. selesai deh, rapihkan semua interior yang dibuka dan lampu belakang.


    Semoga bisa dibayangin buat kalian semua, ane gak sempet foto2, soalnya dikerjain pada jam 5 pagi.. :D


    semua pengerjaan ini terinspirasi dari thread ini..
    http://hondabrio.org/Thread-Pa…1-di-Plat-Bumper-Belakang


    karena kawatlah, pengerjaan tidak bisa tuntas..


    Salam,


    Yudi