ABS&EBD dan Sport Tuning Suspension RS Type

  • Misi semuanya, saya Adi dari Bandung. Salam kenal
    Kebetulan baru meminang Brio seminggu yang (Akhirnya punya mobil sendiri :hahaha: )
    Saya ambil yang Satya E Manual (Manual till i die :cool: ) dan Satya versi manual ternyata ga kebagian ABS dan EBD
    Dan juga, RS itu beda kaki - kakinya, katanya sih ada adaptive damper nya, jadi pengendalian lebih sporty tapi agak lebih keras
    Yang ditanyakan adalah:
    1. Bisa ga sih pasang ABS & EBD Aftermarket?
    2. Merk apa yang sekiranya berkualitas? Bisakah pasang ke Hondanya langsung?
    3. Apa resikonya kalo pasang ditengah jalan(bukan dari baru)
    4. Harus nyiapin budget berapa kira - kira?
    5. (memang agak mengawang pertanyaannya, harap maklum) Bener ga sih itu Sport Tuning Suspension RS Type? Ada yang bisa konfirmasi?
    Semua reply akan sangat di apresiasi, terima kasih

  • Salam kenal om Adi,


    Mengenai perbedaan suspensi Brio RS dan Satya:
    Saya kurang paham juga kalo ada alat yang namanya adaptive damper, setau saya suspensi Brio RS dan Satya adalah sama, keduanya menggunakan jenis MacPherson Strut pada bagian depan dan H-shape torsion beam di belakang. Namun pada RS, caster angle pada kaki depan diubah agar mendapatkan tambahan kestabilan - lebih kaku. Efeknya Brio RS lebih lincah dalam bermanuver dan mengurangi body roll. Body roll adalah transfer beban ke arah luar tikungan, jadi jika body roll dikurangi, maka kemungkinan ban (bagian dalam tikungan) terangkat lebih kecil.



    Mengenai ABS dan EBD:
    Sekilas info: Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD) adalah alat yang bisa mengontrol dan mendistribusikan tekanan kampas rem saat kita melakukan hard braking / rem mendadak. Sehingga ban tidak akan mengunci, efek dari ban mengunci adalah hilangnya grip ban ke aspal, sehingga mobil bisa hilang kendali.


    Nah, kembali ke pertanyaan om Adi, apakah memungkinkan jika pasang ABS dan EBD ke Brio yang dari pabriknya belum ada? Jawabnya bisa dan memungkinkan, tapi pasti akan sangat mahal, efisiensi biayanya nggak akan masuk. Karena Honda melengkapi Brio Satya AT dan RS dengan ABS / EBD secara massal, maka biaya pemasangan ABS / EBD bisa ditekan. Jika dipasang "di tengah jalan" IMHO biaya nya akan sangat mahal.


  • What a nice info! Noted
    Terima kasih banyak