Tentang rem dan usia aki

  • Halo agan-agan,


    Pengen minta saran-saran suhu-suhu yang udah antep bener ama Brio. Maaf yah kalo repost, soalnya sepertinya problem ane spesifik nih. Jadi gini, ane punya Brio Satya E 1.2 MT usia udah 1 tahun 6 bulan. Selama ini baek2 aja pemakaian, km sekarang "baru" 8000 km-an. Ane emang jarang pergi-pergi jauh, paling dalam kota aja jalannya.


    • Ane pernah baca thread tentang problem rem yang sepertinya ane alami juga. Entah perasaan ane atau apa, kok rasanya rem cakram depan ane mudah berkarat ya. Apa normal? Kadang rem juga bunyi "grek-grek" yang sepertinya dialami oleh sebagian besar pengguna Brio. Memang setelah jalan agak lama jadi mulus lagi.
      :bingung:
    • Kalo ane ngerem mendadak atau pas mundur untuk parkir lalu ngerem terdengar suara "kletak" atau "tok" lumayan kenceng. Perasaan seperti datang dari rem depan kanan. Kira-kira ada yang mengalami hal yang sama ga? Problem ini udah agak lama sebenernya, pas servis ke Beres sempat dikomplainkan 3 bulan yl, sempet ilang dan sekarang kok muncul lagi.
      :dongkol:
    • Usia aki Brio itu berapa lama ya? Secara umum aja karena ane tahu kalo usia aki tergantung pengguna juga. Masalahnya, malam ini ane balik dari ngantor, seperti biasa nyalain audio, lampu, AC, biasanya ga ada masalah. Malam ini rada aneh, audio-nya seperti tersendat kayak tape rusak. Apakah karena usia aki ya gan?


    Semoga berkenan yah agan-agan. Salam Brio !

  • Untuk pertanyaan no 1 dan 2, sama ane juga ngalamin om, Brio 1300cc MT, malah kasusnya dari pertama beli, sampai sekarang ya masih begitu :)


    Pertanyaan nomor 3, umur aki tergantung jarak tempuh sekali starter, kalo terlalu sering starter n jalan nya pendek2 ya lebih cepat tekor. Pengalaman aki soak, nggak akan berpengaruh pada output suara headunit, jadi itu mungkin masalah berbeda, nggak ada hubungan dengan aki.


    btw, ngidupin headunitnya waktu mesin nyala kan?


  • Untuk pertanyaan no 1 dan 2, sama ane juga ngalamin om, Brio 1300cc MT, malah kasusnya dari pertama beli, sampai sekarang ya masih begitu :)


    Pertanyaan nomor 3, umur aki tergantung jarak tempuh sekali starter, kalo terlalu sering starter n jalan nya pendek2 ya lebih cepat tekor. Pengalaman aki soak, nggak akan berpengaruh pada output suara headunit, jadi itu mungkin masalah berbeda, nggak ada hubungan dengan aki.


    btw, ngidupin headunitnya waktu mesin nyala kan?


    Makasih bokeh nih Om Zikri. Ngidupin headunit-nya waktu mesin nyala iya. Kebiasaan sih starter mesinnya nyala, ane tunggu beberapa detik baru nyalakan AC, habis itu nyalakan headunit. Baru deh lampu kalo memang diperlukan. Ohh jadi bukan karena aki soak yah. Coba besok pas servis berikut ane tanyakan ke Beres. Dulu pernah diganti headunit-nya karena rusak kelistrikannya (nyala sendiri ga mau mati). Ini headunit baru om, usia masih 7 bulan (udah ga garansi lagi nih).


    Semoga bukan masalah yang parah deh..
    :haus:

  • kalo dari pengalaman ane selama pake nih brio untuk no 1 kejadiannya sama om sama saya setiap kali keujanan di parkir ato brio abis dicuci cakram selalu karatan, entah itu kualitas besi cakramnya yang rendah or gimana saya juga kurang paham yang pasti honda hrv rekan saya juga mengalami hal yang sama


    untuk no 2 saya blom pernah rem mendadak waktu parkir, jd saya blom pernah ngalamin hal tersebut


    untuk no 3. umur aki itu tergantung dari pemakaian kita, kl kita sering jalan malam otomatis umur aki akan berkurang. suhu juga mempengaruhi umur aki, biasanya saya sering buka kap mobil setelah menempuh perjalanan tujuannya agar aki tidak terkurung suhu panas mesin

  • mohon izin ikutan sharing ya om,...
    1. klo karat, ngalamin om, klo bunyi2 blm sampai saat ini (atau karena kuping panci ane yah...wkwkwkwk)
    2. blm ngalamin
    3. soal umur aki: dr pertama beli des 2013 sampe hari ini, aki masih bs dibilang lancar, walaupun akhir2 ini mulai batuk2 dikit.

    BRIO SATYA E "Si-CUPU" DENGAN "AUDIO SEADANYA" :

    Alpine CDA 9855
    Lotus RW 165/1 L0017-04S
    Lotus RM120 L0021-04S
    SS R2904/7000-05 Black Faceplate
    Precision Power PPI 2.300M
    Audio System Twister F2-190
    NV 4.100
    DLS References RW10"
    PXA H700 with RUX C700
    Harmonic Harmony Acapella
    # Built By Mundu-3-Audio #


    Regards,
    Irshan


  • mohon izin ikutan sharing ya om,...
    1. klo karat, ngalamin om, klo bunyi2 blm sampai saat ini (atau karena kuping panci ane yah...wkwkwkwk)
    2. blm ngalamin
    3. soal umur aki: dr pertama beli des 2013 sampe hari ini, aki masih bs dibilang lancar, walaupun akhir2 ini mulai batuk2 dikit.


    Bentar lg itu om, sebaiknya klo sdh ada gejala g bisa start, ganti aja

  • mantep nih HBC....semua masalah Brio ada disini, tinggal rajin-rajin aja nyari thread-nya...om-om semua, saya juga mengalami masalah yg no.1, rem depan discbrakenya mudah berkarat dan bunyi grek-grek, terutama kalau baru jalan atau sudah lama parkir...pernah tanya ke bres, katanya memang begitu dari sononya (tanpa ada solusi)...kepikir pingin ganti discbrake dengan punya jazz atau aftermarketnya, ada yg pernah coba ganti gak ya....?


  • mantep nih HBC....semua masalah Brio ada disini, tinggal rajin-rajin aja nyari thread-nya...om-om semua, saya juga mengalami masalah yg no.1, rem depan discbrakenya mudah berkarat dan bunyi grek-grek, terutama kalau baru jalan atau sudah lama parkir...pernah tanya ke bres, katanya memang begitu dari sononya (tanpa ada solusi)...kepikir pingin ganti discbrake dengan punya jazz atau aftermarketnya, ada yg pernah coba ganti gak ya....?


    Om @"Zikri Irfandi" bener tuh Om @"ARIPRASETYO", untuk semua Honda kayaknya model cakramnya yang karatan gitu. Pas kapan ane penasaran coba tukeran make HRV sodara. Eh sama aja, karatan juga. Yang penting setiap servis minta dibersihin aja.

  • Karat itu normal om buat semua mobil yang discnya berbahan besi, kalau masalah bunyi grek saya rasa karena di brake cukup lama, brake pad kan karet..


    tidak masalah.


    umur aki tergantung mbl om standar atau tidak.