Konsumsi Bahan Bakar BRIO 1,2 AT

  • Saya akan menuliskan hasil pemakaian honda brio 1200AT yang baru keluar dari showroom honda, dimana mobil ini telah berjalan sampai saat ini 400km, dalkot surabaya.
    Saya ingin masukkan dari para pengguna brio 1300cc AT maupun 1200cc AT.
    Waktu pertama x masuk mobil, saya lihat odo menunjukkan 29km. Kondisi bensin tinggal 1 strip. Alhasil saya harus segera tancqp gas untuk isi bensin sebelum kehabisan. Maklum karena ingin mencoba performace mobil ini, saya ingi. Membandingkan antara pertamax plus dan premium. Untuk itu saya isikan dulu pertamax plus 100.000, odo kalau ngga salah menunjukkan 35km. Saya lupa harga pertamax plus pastinya berapa, asumsi 11.000 perliter, jadi asumsi dapet 9l lah. Saya pake keliling, normal ( eco nyala), pada waktu odo menunjukkan 115, bahan bakar sudah habis. Hitungan km/l mobil menunjukkan 1:8.8. Waktu itu saya terkejut, gila, apa saya salah cara setirnya ya.
    Next saya buru buru ke pom bensin untuk coba premium. Kali ini saya isi full tank kalau ngga salah saya habis 233.000 atau sekitar 35.xx liter. Dan kali ini saya bener2 perhatiin gaya setir saya. Skipp skippp.....indikator bensin menunjukkan bensin tinggal separo,dengan jarak tempuh 230km an, indikator PB 1:9. merasa rag, saya cobq untuk isi be sin lagi, habis sekitar 158.000.
    Karena saya yakin dengan hasil ini, saya coba menghubungi pihak honda untuk konfirmasi masalah ini. Untuk itu mereka menyarankan untuk membawa mobil ini ke dealer tsb. Pagi tadi, saya kesana untuk melakukan test. Sewaktu bertemu pelayan service saya berusaha membandingkan dengan beberapa mobil yang pernah saya pakai dr mesin 2500cc yang saya hitung dalkot 1:7-8, toyota wish 1800cc dalkot 1:10-11, tetapi kenapa ini 1200 1:9, yang menurut expectasi saya pastinya diatas 1:10. Dari hasil test dinyatakan bahwa mesin normal. Sya tanya berdasarkan apa dia bilang normal. Dia menceritakan bahwa telah dicoba oleh teknisi dan mengahasilkan perbandingan bensin 1:12 dengan gaya setir pelan ( eco) .Itu yang dijadikan patokannya. Dia mengatakan bisa juga masalah klep, tetapi untuk saat ini dia ngga berani test, apalagi menyetelnya. Tunggu sampai 10.000km. Saya ngga mengerti why? Kalau memang salah setup kelp dr pabrikan, kenapa ngga boleh di betulin sekarang? Ataulah paling ngga di check/dilihat. Mendengar penjelasan tsb terus terang saya kecewa .why? Kalau cuman berdasarkan hasil odo, kayaknya saya ngga perlu untuk buang2 waktu kesana. Justru saya sebagai konsumen menginginkan pihak bengkel mencari tahu secara fisik maupun teknis dari literatur honda.
    Dari cerita saya yang panjang ini, saya hanya ingin tahu, apakah memang honda brio ini sudah 100% benar? Kalau memang itulah faktanya, saya lebih lega meskipun kecewa krn diluar expektasi saya dimana mobil 1200cc pastinya diatas 1:10. Tetapi kalau memang mobil ini ada yang salah, saya tolong lebih fair dan professional.
    Untuk itu karena pihak honda tidak dapat memberikan penjelasan yang menurut saya logis, saya disini ingin mendengar masukan masukan, pengalaman, fakta2 dari pengguna honda brio khususnya 1200cc AT. Terima kasih

  • Om, ane belom sempet baca semua karena bacanya di mobile nih jadi untuk sementara waktu coba ini dulu ya. Reset hitungam km/l, caranya di laya mid km/l teken tombolnya dan ditahan sampai 0 pada saat isi bensin hingga full. Selain itu coba juga compare dengan methode full to full, yaitu catat odometer pada saat isi full tank, terus bandingkan lagi dengan odometer dan jumlah bensin yg diisi pada saat mengisi bensin lagi.
    Saat ini ane dalam kota campur tol kurang lebih dapet 12.7 km/l. Odometer saat ini 555km.

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *

    The post was edited 1 time, last by ultrakyo ().

  • Ini FC saya dengan bensin pertamax kondisi jalan campur dalam kota dan tol. kalau dalam kota banyak stop and go dan bisa berhenti total, mungkin rata 10-15 km/jam, kalau tol sekitar 80-110 km/jam. Jarak tempuh untuk FC tersebut sekitar 350 km dari terakhir ke reset. Terakhir isi bensin odometer ada di 169.7 km pada hari jumat kemarin.



    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *


  • sama seperti saya, dalkot gak sampe 9km/L.. itu sdh banyakan eco..
    hmm 1.3L AT dibohongin HPM.


    Kondisi jalananya seperti apa om Adul?

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *

  • kondisi jalan normal datar tidak banyak tanjakan, stop n go..
    berhenti stop tdk lebih dr 30 detik pada titik2 tertentu bisa lebih spt traffic lamp.
    selebihnya go banyak econya.. kecp gak sampai 60 km/hr


    jadi skrg gak mikir itu "ECO".. yang penting sampai.
    sekarang lebih banyak pake premium gak terlalu berpengaruh pake pertamax
    cuma selisih 2 ron aja..


  • Seahrusnya si dapet 1:10 ya, ane jarak tempuh rata2 33km dan waktu sekitar 1 jam 15 menit - 1 jam 30 menit dapet FC 12.7 tuh, itu juga udah termasuk pengetesan 0-100 km/jam (injek gas full) sebanyak 5 kali.

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *

  • Seahrusnya si dapet 1:10 ya, ane jarak tempuh rata2 33km dan waktu sekitar 1 jam 15 menit - 1 jam 30 menit dapet FC 12.7 tuh, itu juga udah termasuk pengetesan 0-100 km/jam (injek gas full) sebanyak 5 kali.


    nah itu di om, diluar ekspetasi saya nih BRIO
    mmg dibeli untuk pemakaian sehari2, mangkanya ambil ini, katanya irit tapi gesit..


    rencana nanti pas ganti oli di 5k km, mau minta direset ulang..


  • Om, ane belom sempet baca semua karena bacanya di mobile nih jadi untuk sementara waktu coba ini dulu ya. Reset hitungam km/l, caranya di laya mid km/l teken tombolnya dan ditahan sampai 0 pada saat isi bensin hingga full. Selain itu coba juga compare dengan methode full to full, yaitu catat odometer pada saat isi full tank, terus bandingkan lagi dengan odometer dan jumlah bensin yg diisi pada saat mengisi bensin lagi.
    Saat ini ane dalam kota campur tol kurang lebih dapet 12.7 km/l. Odometer saat ini 555km.


    Mungkin sudah kebiasaan saya setiap x isi bensin odo selalu saya reset. Dan pengalaman saya angka odo selalu lebih bagus dari kenyataan walau kadang terpaut sedikit. Dalam cerita saya ini, saya juga sudah mengisi full to full juga. Sampai saya lihat sendiri pengisian fullnya( kelihatan bensinnya)


    Untuk kondisi jalan saya rasa normal ya. Ya pastinya ada stop n go. Tapi begini, kita ambil rata2. Contoh untuk xtrail yang saya pakai, separah2nya kondisi jalanan di sby, paling mentok 1:6.5 itupun jarang banget kalau ngga macet karena dijalanan ada something. Omong jeleknya rata2 yang sering adalah 1:7-8.
    Penggunaan brio ini sendiri saya ngga berani be ac ria didalem mobil buat ngtem bro, hahahahaa....padahal sixtrail sering gw pake buat otak atik audio, juga ngga sampai bikin shock.
    Mungkin karena awalnya saya memang ngga banyak berpikir masalah konsumsi bensin, karena saya sudah lama pake xtrail yang terkenal boros, tapi menurut saya whorted dng kualitas mesinnya ya. Nah kalau brio 1:9 mesin 1200?? Padahal gw pikir orang mau beli mobil ini kan buat city car yang irit bbm.
    Terakir apa bener sih 1:9??? Masi ngga bisa percaya
    Mungkin itu sekilas gambarannya


  • wkwkwkwkwk..sama bro..yang penting hajar kabeh..cpt nyampe..
    mau eco ON/OFF nda peduli lagi (klw premium.klw pertamax mikir dah gw)
    wkwkwkwk..

  • Klo pemikiran ane sih, ini ondometer dan km/l itu bikin nyetir ga nyaman....
    Jd ane bikin perbandingan pemakaian xenia ane manual... Pengisian 200rb n di isi lg kira 8-9hari dengan pemakaian rata2...
    Bini ane yg pake brio sehari2 dan jarak lebih jauh sedikit daripada xenia ane...
    200rb isi hitung tgl 2november dan hari ini tgl 12november ada kemungkinan ane isi lg 200rb...


    So sebanding antara xenia manual ane dengan brio at...

  • Maap ikut nimbrung, saya pemakai brio AT ckd.


    Mobil datang hari kamis kemarin, n langsung saya full tank isi shell power (330rb an)
    Nah kemarin minggu , bensin sudah hilang 3 strip (84km). Saya isi lagi shell super 110rb (10.83 lt ) bensin sudah full lagi, nah loo... kok jadi FC 1: 7,9 an..


    Mobil ini belum ada stnk, jadi cuma saya puter" kompleks n ke pasar plus anter sekolah (semua radius 4-5km pp) ama bini ane.


    Bini ane, kalo bawa mobil ya biasa aja. Kira" kenapa ya?


  • Wah kayaknya sama persis ama gw, jenis type sama ckd 1200cc AT kan?, mobil juga gw ambil hari kamis hahahaha.... sama broo...makanya bener2 illfill sama nih mobil.
    Atau salah produksi nih mobil? Hahaha tunggu aja deh respon sesama pengguna yang laen

  • Sedikit gambaran jg...
    1minggu mobil dtg ane yg pake n fc 1:8.2...
    Seminggu kemudian bini and yg pake fc turun ke 1:7.4...
    Cara nyetir n kecepatan yg di butuhin mempengaruhi fc pastinya...
    Bini ane nyetir pelan n pasti dpt tuh lampu eco...
    Ane gas seenaknya sukur2 eco nyala...


    Ane new brio 1.2L AT type E jg yaaaaa..... Mobil dtg tgl 24oct n br 450km...