Servis Rutin Honda Brio 10.000 KM

  • Rencana pagi ini mau servis rutin10.000 km Honda Brio , walaupun belum sampai sih, cuma aturannya memang 10.000 atau 6 bulan. Ada pertanyaan yang ingin dititipkan? mungkin nanti bisa saya tanyakan ke mekaniknya. :senyum:


    UPDATED:
    Selain servis yang tertera di buku servis, ada beberapa keluhan dan permintaan di Brio saya, berikut report pengalaman servis 10.000 Honda Brio kesayangan. :love:


    1. Stir lari ke kanan.
    Selama ini stir lari ke kanan, awalnya saya minta dispooring, tapi setelah dicek mekanik, memang katanya ban depan kanan kurang angin. Nggak jadi deh dispooring, Ya sudah ngikut aja ane... :hahaha: tadi sih waktu jalan pulang, stir sudah lurus lagi, nggak tau kalo bener2 dites di tempat sepi. Oya FYI biaya spooring di beres Honda Lampung Raya Rp. 260.000,- (muahal yah? :nangis:)
    UPDATE: Stir masih lari ke kanan


    2. Dashboard di depan driver getar, karena hari sabtu jam kerja mekanik cuma sampai jam 12, dashboard nggak dibongkar untuk cari sumber getar, dashboard cuma ditekan n dirapatkan. Waktu pulang sih nggak getar lagi, nanti dicoba di jalan yg kasar. Ada panel / trim di dekat jok belakang yang longgar juga. Tapi karena jika mau dirapatkan harus bongkar list karet pintu, dan takutnya karetnya rusak. Jadi dibiarkan saja.
    UPDATE: Dasboard Masih Getar


    3. Ganti oli, filter oli, dan washer.
    Saya ganti Honda Automobile Oil E Pro Gold SAE 0W - 20, memang setelah servis ini tarikan enteng, mungkin pengaruh olinya yang encer, atau juga karena air filter sudah dibersihkan.


    Selain ganti oli, filter oli juga saya ganti karena memang IMHO harganya nggak terlalu mahal, oya washer juga diganti, karena pasti waktu proses buka, washer ini akan rusak, makanya diganti.


    Penggantian oli dengan filternya memerlukan 3,2 L oli, sedangkan belinya 4 liter oli, nah logikanya sisanya kan 0,8 L tuh, tapi kenapa sisa oli yang dibawakan pulang cuma 0,125 L alias 125 mL yah? khawatirnya yang diisikan ke mesin 4 - 0,125 = 3.875 L bisa :muntah: Brio saya :hahaha:


    Ada yang bisa jelaskan? mungkin hondalampung bisa jelaskan juga?hehehe


    UPDATE: Oli melewati batas di dipstick


    4. Rotasi Ban
    Awalnya saya minta kelima ban (termasuk cadangan) di rotasi, tapi... sepertinya SA nya keberatan, dengan penjelasan yang saya sendiri nggak donk, akhirnya rotasi hanya ban belakang dipindah ke ban depan. Nggak sama seperti yang dijelaskan di manual book kita.


    UPDATE: Ban depan lebih kempes dari sebelumnya, stir jadi berat


    Oya, rincian biaya:


    Honda Automobile Oil E Pro Gold SAE 0W - 20 = 480.000,-
    Catridge filter oli = 36.000 - disc 5% = 34.200,-
    Washer drain 14mm = 8.000 - disc 5% = 7.600,-


    total = 521.800 + PPN 10% = Rp. 573.980


  • Rencana pagi ini mau servis 10.000 km, walaupun belum sampai sih, cuma aturannyanya memang 10.000 atau 6 bulan. Ada pertanyaan yang ingin dititipkan? mungkin nanti bisa saya tanyakan ke mekaniknya. :senyum:


    Titip Om.
    Bisa ga untuk yg matic setelan perpindahan gigi di D, perpindahan gigi nya di setting supaya jeda nya agak lebih panjang, terutama pd top gear( dr 3 ke 5 ).
    Krn di brio saya pindah nya terlalu cepat, sehjngga mobil terasa boyo. Saya hrs tekan pedal lebih dalam lagi.
    Gitu Om. Trims sebelumnya.


  • Rencana pagi ini mau servis 10.000 km, walaupun belum sampai sih, cuma aturannyanya memang 10.000 atau 6 bulan. Ada pertanyaan yang ingin dititipkan? mungkin nanti bisa saya tanyakan ke mekaniknya. :senyum:


    wah barengan nih kita om, saya jg lagi servis 10.000 km (9.923km) di Honda Autoland Kelapa Gading :) mumpung masih free service (pas 12bulan)
    [hr]

    Titip Om.
    Bisa ga untuk yg matic setelan perpindahan gigi di D, perpindahan gigi nya di setting supaya jeda nya agak lebih panjang, terutama pd top gear( dr 3 ke 5 ).
    Krn di brio saya pindah nya terlalu cepat, sehjngga mobil terasa boyo. Saya hrs tekan pedal lebih dalam lagi.
    Gitu Om. Trims sebelumnya.


    Halo om Gun, kmrn saya sempat ditawari MAPPING ECU supaya mobil lebih responsif sekaligus bisa (sedikit) lebih irit.


    Harga yg ditawarkan oleh bengkel resmi Mitsubishi Rp 3.5000.000 (utk brioners dikasi harga Rp 2.000.000). Garansi beres ga hilang krn tdk akan ketauan katanya. Ada teman saya yg pake dan ketagihan (semua mobilnya di mapping ecu-nya). Saya sendiri belum tertarik krn brio gen 1 saya masih tokcer :)
    Btw ada juga di youtube.com videonya.


    Mungkin ada teman yg bisa share info atau pengalamannya.


  • Wah mahal bgt Om, saya mo coba CAI aja dl dech, katanya biayanya cuma 500Rb aja.


    @ Om Zikri, Maaf om AnoGun , baru sempat baca, jadi nggak ditanyakan.


    Yah Om Zikri.....:nangis:... ya dech ga pa pa....


  • ceritain dong om @"fredo" report servis 10ribu nya?
    Maaf om @"AnoGun", baru sempat baca, jadi nggak ditanyakan.


    Sorry om Zikri Irfandi saya baru buka forum nih.. persis spt servis 5.000km servisnya hanya ganti oli dan saringan udara. Kmrn di bengkel yg saya datangi, biayanya Rp 426.000 berhubung mereka baik hati (krn tyt sudah lewat 12bulan) saya ga bayar biayanya tuh om ;)



    pas 5000KM ganti oli gak om?


    Om arul kmrn saya sempat tanya ke SA (Service Advisor) nya perihal ganti oli tiap 5.000 km. Ktnya tetap disarankan ganti oli tiap 5.000 km mungkin krn kemampuan oli Honda (dan merk terkenal lainnya - pernah saya tanyakan juga ke bengkel Astra Daihatsu Pondok Pinang) belum ada oli yg bisa mencapai 10.000km (max 7.000km).
    Disarankan datang ke beres untuk ganti oli krn ga ada biayanya cukup dengan beli oli dari mereka. Sebelumnya saya bilang mau ganti oli sendiri :P tapi emang sih bingung kalau ganti oli sendiri (ga bisa flush krn ga punya kompresor) tp tetap pake merk Honda ya sama aj boong kale ya? Mending datang ke beres aj skalian...
    [hr]


    :tanya: ternyata ada keluhan om ? berhubung istri yg pake dan selama menuju bengkel ga berasa apa-apa ya saya servis tanpa keluhan :cool:
    keluhannya setelah pulang kalah sama ferrari ijo yg di bawa ma Hotman Paris :nangis:


    saya malah ga ada oli sisa yg dibalikin.. apa krn gratis jd ga dikasi ke customer? atau mereka mau kumpulin buat dipake ke mobil lain ? :hahaha:

  • Brio ane ternyata sudah dipakai 10 bulan, dg jelajah "baru" 5260 KM. Keluhan alhamdulillah tidak ada (kecuali bunyi klakson yg spt tikus kejepit pintu, hehehehe). Tadi pagi2 sekali dibawa ke HondaPrima Bekasi utk service berkala yg kedua, dg biaya:


    Oli HAO 5W-30 E ProBlue Rp 315.000
    Brake parts cleaner Rp 65.000
    Super Engine Flush Rp 70.000
    Catridge Oil Filter Rp 36.000
    Washer Drain Rp 8.000


    Total + PPN Rp 543.400. Ongkos kerja gratis.


    Sekedar info. :)


  • loh kenapa ya aku mau servis 5rb km tapi yg tertera di buku servis di bagian 10rb km. apa krn sdh leawt 6 bulan ya... padahal KM msh di 3rban
    ...
    trus jg knpa item2 servis ganti oli lengkap spt diatas, sedangkan aku waktu itu cuma dikenakan biaya oli aja 5W-30E 4 liter @130rb /ltr jd total 520rb..
    trus sisa olinya gak dibalikin, jgn2 4 liter msuk smua ya..hihihiiii bakal muncrat2 gak nih di mesin ayee :nangis:
    coba nanti saya liat stik olinya, selama ini cuman panasin doang :D


    kesan setelah ganti oli sih mmg terasa enteng cuman sdh hampir 1 bulan ini kembali normal..


  • Om arul kmrn saya sempat tanya ke SA (Service Advisor) nya perihal ganti oli tiap 5.000 km. Ktnya tetap disarankan ganti oli tiap 5.000 km mungkin krn kemampuan oli Honda (dan merk terkenal lainnya - pernah saya tanyakan juga ke bengkel Astra Daihatsu Pondok Pinang) belum ada oli yg bisa mencapai 10.000km (max 7.000km).
    Disarankan datang ke beres untuk ganti oli krn ga ada biayanya cukup dengan beli oli dari mereka. Sebelumnya saya bilang mau ganti oli sendiri :P tapi emang sih bingung kalau ganti oli sendiri (ga bisa flush krn ga punya kompresor) tp tetap pake merk Honda ya sama aj boong kale ya? Mending datang ke beres aj skalian...
    [hr]


    Om @"fredo" ada kok oli yang bisa sampe 10rb KM, bahkan ada yg bisa sampe 40rb KM :cool:


    Nih oli2 dewa, monggo dicoba :
    - Amsoil Signature Series (http://www.amsoil.com/shop/by-product/motor-oil/gasoline/) : AMSOIL Signature Series Synthetic Motor Oil is recommended for extended drain intervals in unmodified. Normal Service – Up to 25,000 miles or one year, whichever comes first.


    - Mobil 1 Extended Performance (http://www.mobiloil.com/USA-En…Extended_Performance.aspx) : Performance and Guaranteed protection for up to 15,000 miles.


    Note : 1mile = 1,6KM

  • adulloser om adjie, itu mungkin kebijakan beresnya, kalo filter oli memang saya yg minta, washer itu karena memang bentuknya semi karet yg dipenyet baut, logikanya memang kalo sudah pernah dibongkar, nggak layak pakai lagi...
    [hr]
    adulloser om adjie, itu mungkin kebijakan beresnya, kalo filter oli memang saya yg minta, washer itu karena memang bentuknya semi karet yg dipenyet baut, logikanya memang kalo sudah pernah dibongkar, nggak layak pakai lagi...


  • wah ternyata ada ya oli dewa :heran: hebat euy
    nice info om Samuel Setiawan , apa sudah pernah pake oli dewanya?, mungkin bisa share dan kasi opini/review ataupun saran, thanks