Servis Rutin Honda Brio 10.000 KM

  • Rencana pagi ini mau servis rutin10.000 km Honda Brio , walaupun belum sampai sih, cuma aturannya memang 10.000 atau 6 bulan. Ada pertanyaan yang ingin dititipkan? mungkin nanti bisa saya tanyakan ke mekaniknya. :senyum:


    UPDATED:
    Selain servis yang tertera di buku servis, ada beberapa keluhan dan permintaan di Brio saya, berikut report pengalaman servis 10.000 Honda Brio kesayangan. :love:


    1. Stir lari ke kanan.
    Selama ini stir lari ke kanan, awalnya saya minta dispooring, tapi setelah dicek mekanik, memang katanya ban depan kanan kurang angin. Nggak jadi deh dispooring, Ya sudah ngikut aja ane... :hahaha: tadi sih waktu jalan pulang, stir sudah lurus lagi, nggak tau kalo bener2 dites di tempat sepi. Oya FYI biaya spooring di beres Honda Lampung Raya Rp. 260.000,- (muahal yah? :nangis:)
    UPDATE: Stir masih lari ke kanan


    2. Dashboard di depan driver getar, karena hari sabtu jam kerja mekanik cuma sampai jam 12, dashboard nggak dibongkar untuk cari sumber getar, dashboard cuma ditekan n dirapatkan. Waktu pulang sih nggak getar lagi, nanti dicoba di jalan yg kasar. Ada panel / trim di dekat jok belakang yang longgar juga. Tapi karena jika mau dirapatkan harus bongkar list karet pintu, dan takutnya karetnya rusak. Jadi dibiarkan saja.
    UPDATE: Dasboard Masih Getar


    3. Ganti oli, filter oli, dan washer.
    Saya ganti Honda Automobile Oil E Pro Gold SAE 0W - 20, memang setelah servis ini tarikan enteng, mungkin pengaruh olinya yang encer, atau juga karena air filter sudah dibersihkan.


    Selain ganti oli, filter oli juga saya ganti karena memang IMHO harganya nggak terlalu mahal, oya washer juga diganti, karena pasti waktu proses buka, washer ini akan rusak, makanya diganti.


    Penggantian oli dengan filternya memerlukan 3,2 L oli, sedangkan belinya 4 liter oli, nah logikanya sisanya kan 0,8 L tuh, tapi kenapa sisa oli yang dibawakan pulang cuma 0,125 L alias 125 mL yah? khawatirnya yang diisikan ke mesin 4 - 0,125 = 3.875 L bisa :muntah: Brio saya :hahaha:


    Ada yang bisa jelaskan? mungkin hondalampung bisa jelaskan juga?hehehe


    UPDATE: Oli melewati batas di dipstick


    4. Rotasi Ban
    Awalnya saya minta kelima ban (termasuk cadangan) di rotasi, tapi... sepertinya SA nya keberatan, dengan penjelasan yang saya sendiri nggak donk, akhirnya rotasi hanya ban belakang dipindah ke ban depan. Nggak sama seperti yang dijelaskan di manual book kita.


    UPDATE: Ban depan lebih kempes dari sebelumnya, stir jadi berat


    Oya, rincian biaya:


    Honda Automobile Oil E Pro Gold SAE 0W - 20 = 480.000,-
    Catridge filter oli = 36.000 - disc 5% = 34.200,-
    Washer drain 14mm = 8.000 - disc 5% = 7.600,-


    total = 521.800 + PPN 10% = Rp. 573.980


  • Rencana pagi ini mau servis 10.000 km, walaupun belum sampai sih, cuma aturannyanya memang 10.000 atau 6 bulan. Ada pertanyaan yang ingin dititipkan? mungkin nanti bisa saya tanyakan ke mekaniknya. :senyum:


    Titip Om.
    Bisa ga untuk yg matic setelan perpindahan gigi di D, perpindahan gigi nya di setting supaya jeda nya agak lebih panjang, terutama pd top gear( dr 3 ke 5 ).
    Krn di brio saya pindah nya terlalu cepat, sehjngga mobil terasa boyo. Saya hrs tekan pedal lebih dalam lagi.
    Gitu Om. Trims sebelumnya.


  • Rencana pagi ini mau servis 10.000 km, walaupun belum sampai sih, cuma aturannyanya memang 10.000 atau 6 bulan. Ada pertanyaan yang ingin dititipkan? mungkin nanti bisa saya tanyakan ke mekaniknya. :senyum:


    wah barengan nih kita om, saya jg lagi servis 10.000 km (9.923km) di Honda Autoland Kelapa Gading :) mumpung masih free service (pas 12bulan)
    [hr]

    Titip Om.
    Bisa ga untuk yg matic setelan perpindahan gigi di D, perpindahan gigi nya di setting supaya jeda nya agak lebih panjang, terutama pd top gear( dr 3 ke 5 ).
    Krn di brio saya pindah nya terlalu cepat, sehjngga mobil terasa boyo. Saya hrs tekan pedal lebih dalam lagi.
    Gitu Om. Trims sebelumnya.


    Halo om Gun, kmrn saya sempat ditawari MAPPING ECU supaya mobil lebih responsif sekaligus bisa (sedikit) lebih irit.


    Harga yg ditawarkan oleh bengkel resmi Mitsubishi Rp 3.5000.000 (utk brioners dikasi harga Rp 2.000.000). Garansi beres ga hilang krn tdk akan ketauan katanya. Ada teman saya yg pake dan ketagihan (semua mobilnya di mapping ecu-nya). Saya sendiri belum tertarik krn brio gen 1 saya masih tokcer :)
    Btw ada juga di youtube.com videonya.


    Mungkin ada teman yg bisa share info atau pengalamannya.

    The post was edited 1 time, last by fredo ().


  • pas 5000KM ganti oli gak om?


    Rencana yang 5000km nggak aja, saya nunggu 6 bulan aja, paling baru dapat 7000 , mosok harus ganti di 6 bulan lagi atau di 10000 km, Tanya in ya om Zik... bagaimana kalau di km 5000 nggak ganti oli, efek di mesinnya.


  • kalo nggak ganti nggak masalah om dwi, di manual book aja nggak ada petunjuk untuk ganti oli di 5000..@"oniexs"


    kalau di buku service (dibawah kartu service) kalau kerja berat oli ganti 5000km
    :tanya: Juga bingung yang mbedakan kerja ringan sama berat , kalau ringan bisa per 10.000 km