Honda Brio Community (HBC)

Full Version: [DIY] Cek Kondisi Aki Mobil
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Pages: 1 2
Daripada cuma dicek kl lagi servis rutin di bengkel atau sudah keburu tekor baru ketauan. Ngga ada salahnya kita cek sendiri kondisi aki di mobil secara berkala. Caranya cukup mudah, dan ga pake ribet sama ga perlu ngerti mesin atau listrik kok. Hahaha.PNG

Modalnya cuma 1 :

Spoiler: multimeter

Alatnya namanya multimeter.



Caranya :

- Buka dulu kap mesinnya (ya iyalah, gimana mau akses aki kl ga dibuka Bingung.PNG)
- Lepaskan pelindung terminal kutub positif aki (warna merah).
- Putar posisi kunci kontak ignition ke posisi ON (jangan starter/nyalain mesin dulu).
- Ubah posisi switch di multimeter ke posisi V DC
- Hubungkan kutub positif aki ke kutub positif multimeter dan kutub negatif aki ke kutub negatif multimeter (Positif biasanya merah, negatif hitam).
- Baca angka yang tertera di multimeter. Kalau tegangan yang terbaca sudah dibawah standar, sudah saatnya aki perlu di charge.
- Sekarang bisa coba starter/hidupkan mesin, dan lihat lagi tegangan yang terbaca di multimeter. Kalo angkanya tidak ada di range normal ketika aki melakukan pengisian, bisa jadi alternator rusak (arus yg diproduksi tidak cukup besar/kuat untuk charge aki). Nah kl begini yg dicek harus alternatornya, bukan aki.

Spoiler: gambar cara konek

Contoh bacaan hasil multimeter :

Spoiler: hasil ukur

Maap gambarnya lg cek aki motor, yg mobil ga sempet poto, harus pegang dua tangan soalnya multimeternya, jd pas moto harus ada asisten. Adanya di HP poto yg motor Miao.PNG

P.S : Itu hasil ukur di motor sudah dibawah standar (12.13 V), dan memang faktanya ga bisa nyala lg itu motor saya pake electric starter, harus diengkol. Mau charge akinya blm sempet2 Bingung.PNG

Semoga bermanfaat Ngiler.PNG
bisa juga memakai aksesoris seperti ini untuk mengecek kondisi aki langsung

Spoiler :
VOLT stabilizer MEGARAIZIN (di Engine Bay )


di dalam cabin Voltmeter 4 in 1 display dan Monster Gauge OBD II ECU reader
Nice share om erik, saya pindak ke DIY yah
Wah punya @Opa Yogo mahal hahaha Hahaha.PNG
Kalo saya cuma mau mencoba mengutilisasi tools yg sudah ada opa, soalnya itu multimeter gratisan, dapet dr kantor Miao.PNG
om erik cara lepas pelindung terminal kutub positif aki (warna merah). gimana yah?
Cuma diangkat aja om zik..

Murah itu om @loadeddiapers yg megaraizin 350 rb..yg di cabin 200rb
kok kayaknya gampang patah yah @Opa Yogo ?
Mmg om..jd kudu hati2..
Ada klep2nya kiri kanan..teken baru angkat ke atas om
nah punya @Opa Yogo kayaknya sudah koyak yah?
yah... untuk yg sering pake mobilnya pagi siang malam mesti di check itu klo uda mau setahun, apalagi full variasi yg berhub dgn lampu.. ga lucu klo ga bisa starter nanti, dorong mode on ala HULK..
Pages: 1 2
Reference URL's