03-11-2014, 03:59 PM
Daripada cuma dicek kl lagi servis rutin di bengkel atau sudah keburu tekor baru ketauan. Ngga ada salahnya kita cek sendiri kondisi aki di mobil secara berkala. Caranya cukup mudah, dan ga pake ribet sama ga perlu ngerti mesin atau listrik kok.
Modalnya cuma 1 :
Alatnya namanya multimeter.
Caranya :
- Buka dulu kap mesinnya (ya iyalah, gimana mau akses aki kl ga dibuka )
- Lepaskan pelindung terminal kutub positif aki (warna merah).
- Putar posisi kunci kontak ignition ke posisi ON (jangan starter/nyalain mesin dulu).
- Ubah posisi switch di multimeter ke posisi V DC
- Hubungkan kutub positif aki ke kutub positif multimeter dan kutub negatif aki ke kutub negatif multimeter (Positif biasanya merah, negatif hitam).
- Baca angka yang tertera di multimeter. Kalau tegangan yang terbaca sudah dibawah standar, sudah saatnya aki perlu di charge.
- Sekarang bisa coba starter/hidupkan mesin, dan lihat lagi tegangan yang terbaca di multimeter. Kalo angkanya tidak ada di range normal ketika aki melakukan pengisian, bisa jadi alternator rusak (arus yg diproduksi tidak cukup besar/kuat untuk charge aki). Nah kl begini yg dicek harus alternatornya, bukan aki.
Contoh bacaan hasil multimeter :
Maap gambarnya lg cek aki motor, yg mobil ga sempet poto, harus pegang dua tangan soalnya multimeternya, jd pas moto harus ada asisten. Adanya di HP poto yg motor
P.S : Itu hasil ukur di motor sudah dibawah standar (12.13 V), dan memang faktanya ga bisa nyala lg itu motor saya pake electric starter, harus diengkol. Mau charge akinya blm sempet2
Semoga bermanfaat
Modalnya cuma 1 :
Spoiler: multimeter
Alatnya namanya multimeter.
Caranya :
- Buka dulu kap mesinnya (ya iyalah, gimana mau akses aki kl ga dibuka )
- Lepaskan pelindung terminal kutub positif aki (warna merah).
- Putar posisi kunci kontak ignition ke posisi ON (jangan starter/nyalain mesin dulu).
- Ubah posisi switch di multimeter ke posisi V DC
- Hubungkan kutub positif aki ke kutub positif multimeter dan kutub negatif aki ke kutub negatif multimeter (Positif biasanya merah, negatif hitam).
- Baca angka yang tertera di multimeter. Kalau tegangan yang terbaca sudah dibawah standar, sudah saatnya aki perlu di charge.
- Sekarang bisa coba starter/hidupkan mesin, dan lihat lagi tegangan yang terbaca di multimeter. Kalo angkanya tidak ada di range normal ketika aki melakukan pengisian, bisa jadi alternator rusak (arus yg diproduksi tidak cukup besar/kuat untuk charge aki). Nah kl begini yg dicek harus alternatornya, bukan aki.
Spoiler: gambar cara konek
Contoh bacaan hasil multimeter :
Spoiler: hasil ukur
Maap gambarnya lg cek aki motor, yg mobil ga sempet poto, harus pegang dua tangan soalnya multimeternya, jd pas moto harus ada asisten. Adanya di HP poto yg motor
P.S : Itu hasil ukur di motor sudah dibawah standar (12.13 V), dan memang faktanya ga bisa nyala lg itu motor saya pake electric starter, harus diengkol. Mau charge akinya blm sempet2
Semoga bermanfaat