09-22-2015, 08:16 PM
Servis di Beres sudah jadi kewajiban bagi mobil baru Honda, pasalnya mangkir dari servis rutin ini, garansi 3 tahun langsung hangus!
Bengkel resmi Honda pastinya punya SOP dalam perawatan mobil kita, semuanya dikerjakan berdasarkan standar tertentu. Jadi hasil pekerjaannya bisa dikatakan bagus. Namun, selama yang mengerjakan servis tersebut adalah manusia, pasti ada khilafnya, walaupun khilaf si mekanik bisa mengakibatkan hal yang fatal baik bagi manusia maupun mobilnya. Jadi sebenarnya khilaf seperti ini tidak bisa ditolerir!!!
Nggak mau hal itu terjadi kan? Jadi baiknya setelah servis lakukan pengecekan ulang, apa saja yang harus diperhatikan?
1. Cek filter udara.
Bukan gombalan jika ada yang mengatakan ada mekanik Beres Honda lupa pasang filter udara!!! Ini buktinya:
(09-21-2015, 03:53 PM)[email protected] Wrote: Serem juga baca cerita om @Kus1998 . jd deg2n.seminggu lalu brio ane masuk servis yg setahun.pas balik lgsg msk garasi rumah.bbrp hr kemudian baru ke cek filter mesin nya ga ada....dan housing dlm keadaan ga terkunci...smp sekarang blm dipake lg tuh brio.mdh2 ga kenapa2.besok mo datengin beres nya...
Baiknya lakukan pengecekan ini sebelum mobil keluar Beres, karena akibatnya fuatal!!! Kalo perlu, minta SA nya membuka air filter box di depan kita. Fatalnya gimana yah? Semua pasti sudah paham fungsi filter udara, menyaring debu supaya nggak masuk ke ruang bakar. Apa akibatnya kalo nggak ada filter udara, debu-debu yang kasar dengan seramnya akan menempel di dinding boring, menggesek dan membuat baret permukaan dinding boring. Efek negatifnya? Kompresi turun, tenaga drop, oli masuk ruang bakar, knalpot ngebul, akhirnya harus turun mesin > lemer.
2. Cek Oil Drain Plug
Oil Drain Plug adalah baut pembuangan oli, jika proses pemasangan kembali nggak pas atau tergesa-gesa, bisa terdapat celah yang jadi rembesan oli. Jangan sampai oli mesin habis, efek negatifnya overheat, piston ngejim, conrod bengkok... BUBAR MESINNYA!!!!
Cara pengecekan paling sederhana adalah dengan melihat lantai garasi mobil, jika terdapat tetesan oli, artinya baut pembuangan oli nggak rapat. Kalo bisa kencangkan sendiri, bagus, atau kembali datangi beres. Atau panggil Beres ke rumah untuk bertanggung jawab.
3. Cek Filter AC (untuk Brio 1300cc)
Filter AC juga adalah komponen yang rutin dicek saat servis, baiknya buka glove box dan cek apakah filter AC masih ada di tempatnya.
4. Cek Tekanan Angin Ban
Biasanya... pengecekan tekanan ban saat servis dilakukan saat ban "panas", dimana udara di dalam ban masih memuai. Akibatnya saat ban dalam kondisi dingin, ban akan kekurangan angin.
Pengalaman saya setelah servis, tekanan ban Brio hanya diisi dengan tekanan 25psi depan-belakang.
Cara pengecekan yang ideal adalah saat pagi hari, saat kondisi ban masih dingin dan belum jalan sama sekali. Jika memang tekanan lebih rendah, silahkan ditambah. Saya menggunakan muscle pump untuk tambah angin ban.
5. Silahkan rekan HBC, kalo ada yang mau ditambahin....
HBC Store | Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451