aksesoris-brio

Voltage Stabilizer Meningkatkan Power dan Torque - Mitos atau Fakta?

#1

Disclaimer: Artikel ini diterjemahkan secara bebas dari importtuner.com

Sistem kelistrikan adalah bagian yang paling misterius dari sebuah mobil. Pembakaran, setup suspensi, atau setting rem lebih mudah dimengerti karena kita bisa merasakan dan mengamati hasil tuning tersebut secara langsung.

Tapi tidak dengan sistem kelistrikan, di mana listrik bekerja pada kecepatan cahaya , sehingga kelistrikan mobil lebih sulit diraba dan diprediksi. Ada beberapa produk kelistrikan yang diklaim mampu meningkatkan performa dan efisiensi mobil kita, salah satunya voltage stabilizer. Tapi apakah itu benar? voltage stabilizer mampu meningkatkan performa maupun efisiensi mobil kita?

importtuner.com melakukan test terhadap tiga voltage stabilizer merk kenamaan dan satu voltage stabilizer yang tidak bermerk.

Sebelumnya, mari mengenal apa itu voltage stabilizer. Voltage Stabilizer atau sering disebut kondensor (karena memang terbuat dari kondensor/kapasitor) dipasang paralel terhadap aki mobil, artinya kutub positif bertemu positif aki, dan kutub negatif bertemu kutub negatif aki. Cara kerja voltage stabilizer adalah seperti cadangan tegangan, jika tegangan di Brio kita turun, misal karena banyaknya aksesoris elektronik yang hidup. Maka, voltage stabilizer dengan "sigap dan cepat" menggantikan kekurangan tegangan tersebut, sehingga tidak sempat terjadi drop tegangan. Tegangan yang stabil, sangat dibutuhkan untuk kinerja yang baik dari ECU, dan Ignition (pengapian). Nah, dari sinilah teori kegunaan voltage stabilizer bagi performa mesin.

Oke deh, langsung aja lihat hasil dyno sebelum dan sesudah penggunaan voltage stabilizer.

Pertama adalah Raizin Pivot, Voltage stabilizer ini made in Japan, casingnya transparan sehingga bisa dilihat isinya, yang berupa 4 buah kapasitor. Ada dua buah kabel positif - negatif, dua buah sekring, dan sebuah LED.

   

   

Yang kedua adalah Buddy Club's Racing Spec Condenser, isinya sama saja dengan Raizin Pivot, bedanya kapasitornya lebih besar dan sudah terdapat kabel ground tambahan.

   

   

Yang ketiga adalah Sun Auto's venerable Hyper Voltage System, harness nya lebih besar dari dua voltage stabilizer di atas. Casingnya juga tertutup dengan sealer yang rapat, sehingga meminimalisir masuknya kontaminan ke dalam casing.

   

   

Yang terakhir adalah voltage stabilizer, dari penampakannya yang standar diperkirakan ini adalah home made voltage stabilizer.

   

   

Kesimpulan:

Setiap voltage stabilizer meningkatkan sedikit power dan torsi pada setiap rentang rpm, kecuali Raizin yang malah membuat HP turun pada top rpm. Tapi peningkatan sebesar power 0.5 hp dan torsi 1.5 lb-ft belum bisa disebut peningkatan yang signifikan pada mobil berumur 15 tahun. Tapi dilaporkan juga bahwa voltage stabilizer Sun Auto mampu membuat headlamp lebih terang, jadi kesimpulannya alat ini ada kemungkinan mempunyai manfaat pada mobil kita.
Website
#2
Menurut om Zikri worthed gak jadinya?
#3
Ntar aku review stelah psg..hp down atw nda..hehehe..
Soalnya yg itu raizin..bukan mega raizin volt stabilizernya..
Mmg yg raizin not recommended sm om viekri kmrin
Website
#4
(11-30-2013, 07:12 PM)ultrakyo Wrote: Menurut om Zikri worthed gak jadinya?

kalo sudah banyak modif elektronik menurut ane worth it.. om Chris punya voltmeter (yg dicolok di lighter seperti om Yogo)? waktu elektronik full load terjadi turun tegangan nggak? terutama pas low rpm, karena waktu ini output dinamo cas kecil... Diperhatikan fluktuasi tegangan juga.. Tegangan ideal mobil 12 V, ane lupa toleransi nya.

(11-30-2013, 07:26 PM)Yogo Priyayi ZS Wrote: Ntar aku review stelah psg..hp down atw nda..hehehe..
Soalnya yg itu raizin..bukan mega raizin volt stabilizernya..
Mmg yg raizin not recommended sm om viekri kmrin

nah nunggu om Yogo nih..
Website
#5
Hehhehe kocak nih..

sama2 tunggu comment dan pengalaman Om Yogo yah dalam hal ini krn stau saya beliau sudah pasang Pivot Mega Raizin dan bukan Pivot Raizin.
#6
HP tidak ada mslh..malah kelistrikan jd lebih stabil..
Mesin berat akibat kipas radiator dan dinamo cas idup jg nda aku rasakan lagi..
Nah yang lebih mantap,lampu utama gw jadi lebih terang..
Website
#7
Ternyata ada produk lokal juga nih merk VBS dr testimoni nya sih lumayan bagus
#8
Pivot mega raizin brp duit om?
Trus klo pas cuci mobil, kesirem aer aman ga? (Bener" diguyur aer bukan kecipratan)
#9
Kmrin 500rb..

Lah..om mau guyur pake air di daerah mesin?hihihihihi
Website
#10
(12-17-2013, 11:28 PM)Yogo Priyayi ZS Wrote: Kmrin 500rb..

Lah..om mau guyur pake air di daerah mesin?hihihihihi

Misalnya lg cuci mobil om... Jarang" sih sy cuci daerah mesin... Tp sesekali kan pasti kesirem jg...
Klo bawa ke tempat cuci mobil aja, tuh kap mesin di buka trus di semprot aja ama tuh orang heheheh




Users browsing this thread: 1 Guest(s)