Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Perawatan untuk brio AT
11-20-2013, 07:35 AM (This post was last modified: 01-11-2014 11:53 PM by Zikri Irfandi.)
Post: #1
Tips Perawatan untuk brio AT
Kita semua udah pada tau, kalo perawatan AT itu lbh kudu diperhatikan daripada MT.

Kalo untuk oli AT brio, masih simple karena masih menganut matic konvensional belum cvt spt jazz. Asal teratur aja diganti n flush tiap 20k, dijamin awet.

Nah untuk hal kecil, sering kit lupakan di AT ini adalah ;

Kalo kita parkir atau di lampu merah, jangan langsung masukin gear di "P"

Tapi yang benar, injak rem dahulu n pindah tuas gear ke "N" kemudian lepas rem. Baru kemudian tarik rem tangan. Baru boleh pindah tuas ke "P"
Tujuannya adalah agar posisi ban terkunci oleh rem tangan.

Kalo kita langsung hajar ke "P" maka posisi ban akan terkunci oleh gear AT, apalagi di posisi tanjakan/turunan. Walaupun setelahnya kita tarik rem tangan maka akan useless... Ban sudah terkunci oleh gear AT bukan oleh rem tangan

Semoga dengan trik hal kecil ini, bisa bikin awet brio AT kita
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-20-2013, 07:39 AM
Post: #2
RE: Tips untuk brio AT
oooo... jadi gear AT nya lebih cepat kemakan ya om Miko? nice tips om...

Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-20-2013, 07:47 AM
Post: #3
RE: Tips untuk brio AT
(11-20-2013 07:39 AM)Zikri Irfandi Wrote:  oooo... jadi gear AT nya lebih cepat kemakan ya om Miko? nice tips om...

Iya om ,kepikiran buat tips ini. Gara" liat teman punya mobil AT tiap lampu merah dihajar "P" terus tanpa tarik rem tangan n rem kaki.

Rem tangan mobilnya serasa pajangan asesoris tambahan aja kali ya hehehehe....
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-20-2013, 12:50 PM
Post: #4
RE: Tips untuk brio AT
Nice Info,
Om,si Brio AT ini, untuk perpindahan posisi gear "D" ke "N", kenapa gak harus pencet ship yang di knob ya?. Pernah kejadian 2x, si knob ke tendang sama anak ane yang kebetulan duduk di depan, alhasil si Brio langsung meraung(meskipun gak berenti),agak kurang aman Kalo lagi posisi kenceng, ada solusi gak ya, supaya dari posisi "D" ke "N" itu gak langsung(harus pencet ship dulu)?
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-20-2013, 01:01 PM
Post: #5
RE: Tips untuk brio AT
Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.

Oh iya om Miko, kalau posisi P roda gak di kunci kok, yang di kunci adalah transmisinya. Teknisnya agak rumit dan bias dibaca di http://auto.howstuffworks.com/automatic-...sion11.htm
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-20-2013, 01:05 PM (This post was last modified: 11-20-2013 01:08 PM by kitza.)
Post: #6
RE: Tips untuk brio AT
(11-20-2013 07:35 AM)Miko Alvin Wrote:  Kita semua udah pada tau, kalo perawatan AT itu lbh kudu diperhatikan daripada MT.

Kalo untuk oli AT brio, masih simple karena masih menganut matic konvensional belum cvt spt jazz. Asal teratur aja diganti n flush tiap 20k, dijamin awet.

Nah untuk hal kecil, sering kit lupakan di AT ini adalah ;

Kalo kita parkir atau di lampu merah, jangan langsung masukin gear di "P"

Tapi yang benar, injak rem dahulu n pindah tuas gear ke "N" kemudian lepas rem. Baru kemudian tarik rem tangan. Baru boleh pindah tuas ke "P"
Tujuannya adalah agar posisi ban terkunci oleh rem tangan.

Kalo kita langsung hajar ke "P" maka posisi ban akan terkunci oleh gear AT, apalagi di posisi tanjakan/turunan. Walaupun setelahnya kita tarik rem tangan maka akan useless... Ban sudah terkunci oleh gear AT bukan oleh rem tangan

Semoga dengan trik hal kecil ini, bisa bikin awet brio AT kita
oh gitu ya, thanks infonya, baru tau...

(11-20-2013 12:50 PM)ADS Wrote:  Nice Info,
Om,si Brio AT ini, untuk perpindahan posisi gear "D" ke "N", kenapa gak harus pencet ship yang di knob ya?. Pernah kejadian 2x, si knob ke tendang sama anak ane yang kebetulan duduk di depan, alhasil si Brio langsung meraung(meskipun gak berenti),agak kurang aman Kalo lagi posisi kenceng, ada solusi gak ya, supaya dari posisi "D" ke "N" itu gak langsung(harus pencet ship dulu)?

maksud pabrik sih supaya mudah.
sarannya waktu di lampu merah jangan posisi di "D" & rem kaki ditekan terus, tapi pindahkan ke "N". Jadi mesin tidak di"adu"kan dengan rem: baik fuel effeciency & rem akan lebih boros... Maka pemindahan "D" & "N" akan cukup sering, repot kalau terus menerus harus pencet dulu...

solusinya... anak duduk di belakang saja bro...
kan menurut buku user manual juga anak 12 tahun ke bawah kurang aman di depan... karena adanya airbag tidak didesain untuk anak, dan menurut statistik anak yang di belakang jika ada kecelakaan akan lebih aman jika duduk di belakang. CMIIW...
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-20-2013, 03:30 PM (This post was last modified: 11-20-2013 03:44 PM by ADS.)
Post: #7
RE: Tips untuk brio AT
(11-20-2013 01:01 PM)ultrakyo Wrote:  Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.

Oh iya om Miko, kalau posisi P roda gak di kunci kok, yang di kunci adalah transmisinya. Teknisnya agak rumit dan bias dibaca di http://auto.howstuffworks.com/automatic-...sion11.htm

Hehehe, bisa aja om ini,
Kalo lagi lampu merah di posisi "N" dan tarik rem tangan, Masih amankah?

[quote='ultrakyo' pid='6312' dateline='1384927265']
Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.



Hehehe, bisa aja om ini,
Kalo lagi lampu merah di posisi "N" dan tarik rem tangan, Masih amankah?
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-20-2013, 06:13 PM
Post: #8
RE: Tips untuk brio AT
seandainya dari D ke N tanpa injak rem , bolehkah dalam jangka panjangnya ?

soalnya saya lbh sering dari D lgs oper ke N 109109109

BABY SNOW ICE | View My Video| BASIC - MOVIE
Member HBC Regional JATENG Silahkan Absen Disini
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-20-2013, 06:53 PM
Post: #9
RE: Tips untuk brio AT
masih nyimak, walaupun nggak dong..

Lanjutkan!!! Hehe

Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
11-20-2013, 10:04 PM (This post was last modified: 11-20-2013 10:14 PM by Miko Alvin.)
Post: #10
RE: Tips untuk brio AT
(11-20-2013 01:01 PM)ultrakyo Wrote:  Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.

Oh iya om Miko, kalau posisi P roda gak di kunci kok, yang di kunci adalah transmisinya. Teknisnya agak rumit dan bias dibaca di http://auto.howstuffworks.com/automatic-...sion11.htm

Ya itu dia, transmisi nya jadi diposisi ngunci . Lebih fatal kalo turunan/tanjakan kita parkir tanpa rem tangan, hanya dengan tuas "P"

Ya kasian aja ntu gear,AT nya disayang sayang aja. Honda kalo matic itu, seandainya rusak kebanyakan kudu diganti satu gelondongan (1 set) 109
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Injector Cleaner untuk Honda Brio Zikri Irfandi 14 506 05-13-2014 04:15 PM
Last Post: zaboey
  Bonus perawatan dari dealer Rudy Wahyudy 13 383 05-06-2014 12:23 PM
Last Post: loadeddiapers
  PERAWATAN AKI rian_yellow 51 3,136 02-01-2014 02:20 PM
Last Post: Zikri Irfandi
  Tips Unik Membersihkan Kaca Dengan Koran Supriatna 11 768 01-18-2014 11:02 AM
Last Post: Opa Yogo
  Biaya Perawatan Berkala Honda Brio ultrakyo 10 1,823 10-27-2013 02:32 PM
Last Post: Opa Yogo



User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)