aksesoris-brio

Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Tips Perawatan untuk brio AT

#1

Kita semua udah pada tau, kalo perawatan AT itu lbh kudu diperhatikan daripada MT.

Kalo untuk oli AT brio, masih simple karena masih menganut matic konvensional belum cvt spt jazz. Asal teratur aja diganti n flush tiap 20k, dijamin awet.

Nah untuk hal kecil, sering kit lupakan di AT ini adalah ;

Kalo kita parkir atau di lampu merah, jangan langsung masukin gear di "P"

Tapi yang benar, injak rem dahulu n pindah tuas gear ke "N" kemudian lepas rem. Baru kemudian tarik rem tangan. Baru boleh pindah tuas ke "P"
Tujuannya adalah agar posisi ban terkunci oleh rem tangan.

Kalo kita langsung hajar ke "P" maka posisi ban akan terkunci oleh gear AT, apalagi di posisi tanjakan/turunan. Walaupun setelahnya kita tarik rem tangan maka akan useless... Ban sudah terkunci oleh gear AT bukan oleh rem tangan

Semoga dengan trik hal kecil ini, bisa bikin awet brio AT kita
#2
oooo... jadi gear AT nya lebih cepat kemakan ya om Miko? nice tips om...
Website
#3
(11-20-2013, 07:39 AM)Zikri Irfandi Wrote: oooo... jadi gear AT nya lebih cepat kemakan ya om Miko? nice tips om...

Iya om ,kepikiran buat tips ini. Gara" liat teman punya mobil AT tiap lampu merah dihajar "P" terus tanpa tarik rem tangan n rem kaki.

Rem tangan mobilnya serasa pajangan asesoris tambahan aja kali ya hehehehe....
#4
Nice Info,
Om,si Brio AT ini, untuk perpindahan posisi gear "D" ke "N", kenapa gak harus pencet ship yang di knob ya?. Pernah kejadian 2x, si knob ke tendang sama anak ane yang kebetulan duduk di depan, alhasil si Brio langsung meraung(meskipun gak berenti),agak kurang aman Kalo lagi posisi kenceng, ada solusi gak ya, supaya dari posisi "D" ke "N" itu gak langsung(harus pencet ship dulu)?
#5
Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.

Oh iya om Miko, kalau posisi P roda gak di kunci kok, yang di kunci adalah transmisinya. Teknisnya agak rumit dan bias dibaca di http://auto.howstuffworks.com/automatic-...sion11.htm
#6
(11-20-2013, 07:35 AM)Miko Alvin Wrote: Kita semua udah pada tau, kalo perawatan AT itu lbh kudu diperhatikan daripada MT.

Kalo untuk oli AT brio, masih simple karena masih menganut matic konvensional belum cvt spt jazz. Asal teratur aja diganti n flush tiap 20k, dijamin awet.

Nah untuk hal kecil, sering kit lupakan di AT ini adalah ;

Kalo kita parkir atau di lampu merah, jangan langsung masukin gear di "P"

Tapi yang benar, injak rem dahulu n pindah tuas gear ke "N" kemudian lepas rem. Baru kemudian tarik rem tangan. Baru boleh pindah tuas ke "P"
Tujuannya adalah agar posisi ban terkunci oleh rem tangan.

Kalo kita langsung hajar ke "P" maka posisi ban akan terkunci oleh gear AT, apalagi di posisi tanjakan/turunan. Walaupun setelahnya kita tarik rem tangan maka akan useless... Ban sudah terkunci oleh gear AT bukan oleh rem tangan

Semoga dengan trik hal kecil ini, bisa bikin awet brio AT kita
oh gitu ya, thanks infonya, baru tau...

(11-20-2013, 12:50 PM)ADS Wrote: Nice Info,
Om,si Brio AT ini, untuk perpindahan posisi gear "D" ke "N", kenapa gak harus pencet ship yang di knob ya?. Pernah kejadian 2x, si knob ke tendang sama anak ane yang kebetulan duduk di depan, alhasil si Brio langsung meraung(meskipun gak berenti),agak kurang aman Kalo lagi posisi kenceng, ada solusi gak ya, supaya dari posisi "D" ke "N" itu gak langsung(harus pencet ship dulu)?

maksud pabrik sih supaya mudah.
sarannya waktu di lampu merah jangan posisi di "D" & rem kaki ditekan terus, tapi pindahkan ke "N". Jadi mesin tidak di"adu"kan dengan rem: baik fuel effeciency & rem akan lebih boros... Maka pemindahan "D" & "N" akan cukup sering, repot kalau terus menerus harus pencet dulu...

solusinya... anak duduk di belakang saja bro...
kan menurut buku user manual juga anak 12 tahun ke bawah kurang aman di depan... karena adanya airbag tidak didesain untuk anak, dan menurut statistik anak yang di belakang jika ada kecelakaan akan lebih aman jika duduk di belakang. CMIIW...
#7
(11-20-2013, 01:01 PM)ultrakyo Wrote: Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.

Oh iya om Miko, kalau posisi P roda gak di kunci kok, yang di kunci adalah transmisinya. Teknisnya agak rumit dan bias dibaca di http://auto.howstuffworks.com/automatic-...sion11.htm

Hehehe, bisa aja om ini,
Kalo lagi lampu merah di posisi "N" dan tarik rem tangan, Masih amankah?

[quote='ultrakyo' pid='6312' dateline='1384927265']
Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.



Hehehe, bisa aja om ini,
Kalo lagi lampu merah di posisi "N" dan tarik rem tangan, Masih amankah?
#8
seandainya dari D ke N tanpa injak rem , bolehkah dalam jangka panjangnya ?

soalnya saya lbh sering dari D lgs oper ke N 109109109
#9
masih nyimak, walaupun nggak dong..

Lanjutkan!!! Hehe
Website
#10
(11-20-2013, 01:01 PM)ultrakyo Wrote: Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.

Oh iya om Miko, kalau posisi P roda gak di kunci kok, yang di kunci adalah transmisinya. Teknisnya agak rumit dan bias dibaca di http://auto.howstuffworks.com/automatic-...sion11.htm

Ya itu dia, transmisi nya jadi diposisi ngunci . Lebih fatal kalo turunan/tanjakan kita parkir tanpa rem tangan, hanya dengan tuas "P"

Ya kasian aja ntu gear,AT nya disayang sayang aja. Honda kalo matic itu, seandainya rusak kebanyakan kudu diganti satu gelondongan (1 set) 109




Users browsing this thread: 1 Guest(s)