News
Apakah saya sudah menjadi member resmi HBC??? Click to know
Group Buy AKSESORIS HONDA BRIO Best Price>>> Daftar di sini
Supaya nggak double thread, silahkan Search Dulu Di Sini.
Dapatkan Official Merchandise Honda Brio Community di sini.
Pengguna Iphone, Android, Windows phone bisa unduh Tapatalk di SINI
Apakah saya sudah menjadi member resmi HBC??? Click to know
Group Buy AKSESORIS HONDA BRIO Best Price>>> Daftar di sini
Supaya nggak double thread, silahkan Search Dulu Di Sini.
Dapatkan Official Merchandise Honda Brio Community di sini.
Pengguna Iphone, Android, Windows phone bisa unduh Tapatalk di SINI
Tweet
Sistem REM ABS |
02-18-2014, 12:12 PM
|
|||
|
|||
Sistem REM ABS
Perawatan Rem ABS, Hati-hati sensornya Melakukan perawatan terhadap sistem rem sudah menjadi hal yang umum bagi pengemudi kendaraan bermotor. Bagaimana dengan sistem rem yang menggunakan ABS? Pada prinsipnya, ABS terdiri dari tiga bagian yaitu sensor, modul dan komputer yang terintegrasi dengan ECU kendaraan. Komputer bertugas untuk menterjemahkan data yang diinput oleh sensor. Lalu data itu diteruskan ke modul yang kemudian memberikan perintah kepada master rem untuk mendistribusikan tekanan kepada setiap kaliper. Nah, bila salah satu atau keempat roda mulai kehilangan daya cengkeramnya, maka secara otomatis kaliper akan melepas tekanannya. Yang kerap terjadi, sensor yang terdapat di kaliper rusak karena mengalami perlakuan kasar. Perlakuan itu sendiri bisa karena hal sepele atau bahkan tidak disengaja. Misalnya ketika berniat membersihkan atau mengganti kampas rem yang telah aus. “Ketika ingin mengganti kampas, mekanik yang kurang paham biasanya menggunakan cara mencongkel atau mengetok untuk mengangkat kaliper dari cakram, padahal di area tersebut terdapat sensor ABS,” jelas Ir. Yeddi Chandra, dari Nabila Motor. Karena bentuknya yang mini dan lokasinya berada di bodi kaliper sebelah dalam, tanpa sengaja sensor itu dapat rusak akibat ketokan atau congkelan tersebut. Hal ini akan menyebabkan sistem ABS menjadi gagal bekerja. Tanda dari ABS yang rusak dapat dilihat dengan menyalanya simbol ABS di panel indikator dasbor. Atau tentu dengan menguncinya roda ketika melakukan pengereman keras karena rem bekerja kembali dengan sistem konvensional. Bila tidak mengalami salah perlakuan, sensor ABS dapat dipakai selamanya. “Justru modul ABS yang memiliki masa pakai, walau mencapai belasan tahun,” ujar Yeddi. Meski begitu, perawatan ABS tetap dapat dilakukan yaitu dengan melakukan perawatan rem konvensional seperti rutin melakukan pengecekkan kondisi minyak rem, dan membersihkan sensor ABS. “Membersihkan sensor ABS cukup dengan menyemprot permukaan sensor yang ada unsur magnetnya dengan cairan pembersih,” jelas Denny Hermawan, dari Bimmer Auto Works di jalan Arteri Kelapa Dua, Jakarta Barat. Sumber: Otomotif.net |
|||
02-18-2014, 01:30 PM
|
|||
|
|||
Re: Sistem REM ABS
Mantap Om @AnoGun infonya..
Kalau di Brio CKD ABS nya di keempat rodanya atau roda depan saja ya? Maaf masih newbie.. |
|||
02-18-2014, 01:47 PM This post was last modified: 02-18-2014 02:02 PM by AnoGun.
|
|||
|
|||
RE: Sistem REM ABS
(02-18-2014 01:30 PM)Kus1998 Wrote: Mantap Om @AnoGun infonya.. Untuk Brio saya belum tau Om, masih cari nformasinya. Tapi dari informasi yang saya dapat : Ada empat komponen utama pada ABS: sensor kecepatan, katup, pompa, dan kontroler. * Sensor Kecepatan Sistem ABS memiliki beberapa cara untuk mengetahui ketika roda akan terkunci atau selip. Sensor terletak pada masing-masing roda kendaraan * Katup Ada sebuah katup di jalur rem dari masing-masing rem yang dikendalikan oleh ABS. Pada beberapa sistem, katup memiliki tiga posisi, yaitu: - Dalam posisi satu, katup terbuka. tekanan dari Silinder utama dilewatkan sampai ke rem - Dalam posisi dua, katup menutup jalur dari jalur silinder utama. Hal ini untuk mencegah tekanan pada jalur rem meningkat sehingga pengemudi harus menekan pedal rem lebih keras. - Dalam posisi tiga, katup membuka beberapa tekanan dari rem. * Pompa Karena katup mampu melepaskan tekanan dari rem, Pompadigunakan untuk menekan itu kembali. itulah fungsi pompa pada sistem ini. Ketika katup mengurangi tekanan dalam sebuah jalur pengereman, Pompa inilah yang berfungsi untuk mengembalikan tekanan. * Kontroler Kontroler atau ECU berfungsi menerima informasi dari masing-masing sensor kecepatan roda. Saat roda kehilangan traksi, sinyal akan dikirim ke ECU, ECU kemudian akan membatasi Brakeforce (EBD) dan mengaktifkan modulator ABS Sistem ABS menggunakan tergantung pada jenis rem yang digunakan. Biasanya dibedakan oleh jumlah channel (saluran), berapa banyak katup yang dikontrol dan jumlah sensor kecepatan. Diantaranya adalah, Ada beberapa macam ABS : Empat saluran, empat sensor ABS Ini adalah skema terbaik. Ada sensor kecepatan di ke empat roda dan katup yang terpisah untuk keempat rodanya . Dengan setup ini, controller memonitor setiap roda secara individual untuk memastikan itu mencapai gaya pengereman maksimum. Tiga saluran, empat sensor ABS Ada sensor kecepatan di keempat roda dan katup yang terpisah untuk masing-masing roda depan , tetapi hanya satu katup untuk kedua roda belakang. Tiga saluran, tiga sensor ABS Skema ini memiliki sensor kecepatan dan katup untuk masing-masing roda depan , dengan satu katup dan satu sensor untuk kedua roda belakang . Satu saluran, satu sensor ABS Memiliki satu katup, yang mengontrol kedua roda belakang dan satu sensor kecepatan , yang terletak di poros belakang. Sistem ini biasanya diterapkan pada Truck |
|||
02-18-2014, 05:41 PM
|
|||
|
|||
RE: Sistem REM ABS
Hmmm... jadi nggak bisa sembarangan ganti kampas nih, tapi ane memang pernah lihat mobil ane diketok2 seperti itu di bengkel umum
Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451 Visit juga: Forum MotorExpertz.com |
|||
10-28-2014, 02:15 PM
|
|||
|
|||
Sistem REM ABS
Tanya dunk. Satya ini udah abs belum yah? Dl waktu ambil, salesnya bilang udah abs untuk satya s keatas. Tp barusan ada yg info klo yg abs ini hanya yg ckd keatas.
|
|||
10-28-2014, 03:52 PM
|
|||
|
|||
Re: RE: Sistem REM ABS
(10-28-2014 02:15 PM)zeguym Wrote: Tanya dunk. Satya ini udah abs belum yah? Dl waktu ambil, salesnya bilang udah abs untuk satya s keatas. Tp barusan ada yg info klo yg abs ini hanya yg ckd keatas.Satya ga kebagian om. Ckd keatas Seputaran Banjarbaru - Martapura | Warga KST (Kalimantan Selatan dan Tengah) Mohon Absen DISINI |
|||
10-28-2014, 03:58 PM
|
|||
|
|||
Sistem REM ABS | |||
10-29-2014, 11:23 AM This post was last modified: 10-29-2014 11:24 AM by Zikri Irfandi.
|
|||
|
|||
Re: RE: Sistem REM ABS
(10-28-2014 03:52 PM)Dedy_Sulistianto Wrote: Satya ga kebagian om. Ckd keatasga ikut antri ya om? (10-28-2014 03:58 PM)zeguym Wrote: Sy dibujuki sales nya dunk, hihihikalo belum yakin, lihat aja di pojok kiri ruang mesin om.. master abs itu bentuknya silinder dg banyak selang. Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451 Visit juga: Forum MotorExpertz.com |
|||
10-30-2014, 11:06 AM
|
|||
|
|||
RE: Sistem REM ABS
Klo satya mo ganti abs bisa nggak ya?
|
|||
10-30-2014, 09:09 PM
|
|||
|
|||
Re: RE: Sistem REM ABS | |||
Possibly Related Threads... | |||||
Thread: | Author | Replies: | Views: | Last Post | |
Rem blong saat kecepatan tinggi! apa yang harus dilakukan? | Fazlulrahman | 25 | 1,291 | 09-15-2014 07:59 PM Last Post: Krembolizer |
|
Rem Honda Brio Terlalu Pakem di Pagi Hari?? | Zikri Irfandi | 17 | 1,353 | 11-11-2013 08:50 AM Last Post: Opa Yogo |
Thread options | ||
User(s) browsing this thread: 1 Guest(s) |