aksesoris-brio

Sistem REM ABS

#1

Om Momod, ijin copas ya.

Perawatan Rem ABS, Hati-hati sensornya

Melakukan perawatan terhadap sistem rem sudah menjadi hal yang umum bagi pengemudi kendaraan bermotor. Bagaimana dengan sistem rem yang menggunakan ABS?

Pada prinsipnya, ABS terdiri dari tiga bagian yaitu sensor, modul dan komputer yang terintegrasi dengan ECU kendaraan. Komputer bertugas untuk menterjemahkan data yang diinput oleh sensor.

Lalu data itu diteruskan ke modul yang kemudian memberikan perintah kepada master rem untuk mendistribusikan tekanan kepada setiap kaliper.

Nah, bila salah satu atau keempat roda mulai kehilangan daya cengkeramnya, maka secara otomatis kaliper akan melepas tekanannya.

Yang kerap terjadi, sensor yang terdapat di kaliper rusak karena mengalami perlakuan kasar. Perlakuan itu sendiri bisa karena hal sepele atau bahkan tidak disengaja. Misalnya ketika berniat membersihkan atau mengganti kampas rem yang telah aus.

“Ketika ingin mengganti kampas, mekanik yang kurang paham biasanya menggunakan cara mencongkel atau mengetok untuk mengangkat kaliper dari cakram, padahal di area tersebut terdapat sensor ABS,” jelas Ir. Yeddi Chandra, dari Nabila Motor.

Karena bentuknya yang mini dan lokasinya berada di bodi kaliper sebelah dalam, tanpa sengaja sensor itu dapat rusak akibat ketokan atau congkelan tersebut. Hal ini akan menyebabkan sistem ABS menjadi gagal bekerja.

Tanda dari ABS yang rusak dapat dilihat dengan menyalanya simbol ABS di panel indikator dasbor. Atau tentu dengan menguncinya roda ketika melakukan pengereman keras karena rem bekerja kembali dengan sistem konvensional.

Bila tidak mengalami salah perlakuan, sensor ABS dapat dipakai selamanya. “Justru modul ABS yang memiliki masa pakai, walau mencapai belasan tahun,” ujar Yeddi.

Meski begitu, perawatan ABS tetap dapat dilakukan yaitu dengan melakukan perawatan rem konvensional seperti rutin melakukan pengecekkan kondisi minyak rem, dan membersihkan sensor ABS.

“Membersihkan sensor ABS cukup dengan menyemprot permukaan sensor yang ada unsur magnetnya dengan cairan pembersih,” jelas Denny Hermawan, dari Bimmer Auto Works di jalan Arteri Kelapa Dua, Jakarta Barat.

Sumber: Otomotif.net
#2
Mantap Om @AnoGun infonya..
Kalau di Brio CKD ABS nya di keempat rodanya atau roda depan saja ya? Maaf masih newbie..Shy
#3
(02-18-2014, 01:30 PM)Kus1998 Wrote: Mantap Om @AnoGun infonya..
Kalau di Brio CKD ABS nya di keempat rodanya atau roda depan saja ya? Maaf masih newbie..Shy

Untuk Brio saya belum tau Om, masih cari nformasinya.
Tapi dari informasi yang saya dapat :

Ada empat komponen utama pada ABS: sensor kecepatan, katup, pompa, dan kontroler.

* Sensor Kecepatan
Sistem ABS memiliki beberapa cara untuk mengetahui ketika roda akan terkunci atau selip. Sensor terletak pada masing-masing roda kendaraan

* Katup
Ada sebuah katup di jalur rem dari masing-masing rem yang dikendalikan oleh ABS. Pada beberapa sistem, katup memiliki tiga posisi, yaitu:

- Dalam posisi satu, katup terbuka. tekanan dari Silinder utama dilewatkan sampai ke rem
- Dalam posisi dua, katup menutup jalur dari jalur silinder utama. Hal ini untuk mencegah tekanan pada jalur rem meningkat sehingga pengemudi harus menekan pedal rem lebih keras.
- Dalam posisi tiga, katup membuka beberapa tekanan dari rem.

* Pompa
Karena katup mampu melepaskan tekanan dari rem, Pompadigunakan untuk menekan itu kembali. itulah fungsi pompa pada sistem ini. Ketika katup mengurangi tekanan dalam sebuah jalur pengereman, Pompa inilah yang berfungsi untuk mengembalikan tekanan.

* Kontroler
Kontroler atau ECU berfungsi menerima informasi dari masing-masing sensor kecepatan roda. Saat roda kehilangan traksi, sinyal akan dikirim ke ECU, ECU kemudian akan membatasi Brakeforce (EBD) dan mengaktifkan modulator ABS
Sistem ABS menggunakan tergantung pada jenis rem yang digunakan. Biasanya dibedakan oleh jumlah channel (saluran), berapa banyak katup yang dikontrol dan jumlah sensor kecepatan. Diantaranya adalah,

Ada beberapa macam ABS :
Empat saluran, empat sensor ABS
Ini adalah skema terbaik. Ada sensor kecepatan di ke empat roda dan katup yang terpisah untuk keempat rodanya . Dengan setup ini, controller memonitor setiap roda secara individual untuk memastikan itu mencapai gaya pengereman maksimum.

Tiga saluran, empat sensor ABS
Ada sensor kecepatan di keempat roda dan katup yang terpisah untuk masing-masing roda depan , tetapi hanya satu katup untuk kedua roda belakang.

Tiga saluran, tiga sensor ABS
Skema ini memiliki sensor kecepatan dan katup untuk masing-masing roda depan , dengan satu katup dan satu sensor untuk kedua roda belakang .

Satu saluran, satu sensor ABS
Memiliki satu katup, yang mengontrol kedua roda belakang dan satu sensor kecepatan , yang terletak di poros belakang. Sistem ini biasanya diterapkan pada Truck
#4
Hmmm... jadi nggak bisa sembarangan ganti kampas nih, tapi ane memang pernah lihat mobil ane diketok2 seperti itu di bengkel umum
Website
#5
Tanya dunk. Satya ini udah abs belum yah? Dl waktu ambil, salesnya bilang udah abs untuk satya s keatas. Tp barusan ada yg info klo yg abs ini hanya yg ckd keatas.
#6
(10-28-2014, 02:15 PM)zeguym Wrote: Tanya dunk. Satya ini udah abs belum yah? Dl waktu ambil, salesnya bilang udah abs untuk satya s keatas. Tp barusan ada yg info klo yg abs ini hanya yg ckd keatas.
Satya ga kebagian om. Ckd keatas
Seputaran Banjarbaru - Martapura | Warga KST (Kalimantan Selatan dan Tengah) Mohon Absen DISINI
#7
(10-28-2014, 03:52 PM)Dedy_Sulistianto Wrote: Satya ga kebagian om. Ckd keatas

Sy dibujuki sales nya dunk, hihihi
#8
(10-28-2014, 03:52 PM)Dedy_Sulistianto Wrote: Satya ga kebagian om. Ckd keatas
ga ikut antri ya om? [emoji28]
(10-28-2014, 03:58 PM)zeguym Wrote: Sy dibujuki sales nya dunk, hihihi
kalo belum yakin, lihat aja di pojok kiri ruang mesin om.. master abs itu bentuknya silinder dg banyak selang.
Website
#9
Klo satya mo ganti abs bisa nggak ya?
#10
(10-29-2014, 11:23 AM)Zikri Irfandi Wrote: ga ikut antri ya om? [emoji28]
kalo belum yakin, lihat aja di pojok kiri ruang mesin om.. master abs itu bentuknya silinder dg banyak selang.
Ada foto nya om
loading...




Users browsing this thread: 1 Guest(s)