aksesoris-brio

Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

(Share+Curhat) Masalah LAG di brio satya

#1

Om momod,,ane ijin buka trit baru ya..
Om Zikri dah kasih ijin,,hehehe.. biar ngga melenceng dari trit sebelumnya

begini ceritanya:

Quote:om,,ane baru kejadian hari minggu lalu (30 maret 2014).. di bogor kan macet bgt tuh..ada kampanye plus long weekend.
jam 12an..keluar tol bogor arah tajur dijalanan agak nanjak.

brio ane ngga kuat nanjak,,cm bukan karena ga ada tenaganya..tp respons gasnya lambat bgt..
ane gas ampe dalem sambil ngangkat kopling..tp RPM ngga naik..ada sekitar 2-3 detik tau2 mesin meraung..itupun kopling ane injek lg..kl kopling ane angkat tp gas ane injek dalem..malah makin kopong n mesin mati...

ane di klaksonin dr belakang dikira ga langsung maju pas depannya dah maju..
akhirnya ane gas gede plus setengah kopling buat maju dikit2..ga selang lama bau angus keluar..hiks.. kampas koplingnya bau angus...
ane matiin AC anak ane nangis,,mau minggir ga bisa..ya udah bablasin aja..

catatan : brio ane Satya S,,ane cm berdua ma anak ane, ane bw mobil dah 10th lebih,,dr sma n blm pernah ngalamin ky gini.. mobil ane sebelumnya mits Kuda, aerio, skrg msh ada innova.

Kira2 kenapa ya om2 sekalian???
hipotesa awal: apa karena TBW (throttle by wire) ?? atau Overheat karena fan cuma satu??Nangis.PNG

#2
Pertamax hahahaa
Honda pake DBW om, bukan TBW lagi. Dan kayanya bukan DBW, kl gara2 DBW semua mobil honda sama dong pasti masalahnya 04 Ane sih bawa mobil2 honda lain yg DBW gak pernah sampe ky gitu.
#3
waduh ijin mantau yak bro
ane juga pengguna satya S
sofar blm ada kejadian kaya gini sih
#4
(04-06-2014, 11:37 AM)loadeddiapers Wrote: Pertamax hahahaa
Honda pake DBW om, bukan TBW lagi. Dan kayanya bukan DBW, kl gara2 DBW semua mobil honda sama dong pasti masalahnya 04 Ane sih bawa mobil2 honda lain yg DBW gak pernah sampe ky gitu.

Iya om.. Harusnya DBW buat mobil.. Salah ane.. Kl throttle tu di motor. Hehe

Karena kl ane kejadiannya pas macet n udara panas..dmn jarak 1 KM ane tempuh dlm 2jam.. Perkiraan ane karena gejala overheat di mesin atau kopling..atau kl analisa om zikri di katup kupu2nya yg pas panas jd memuai n gerakannya agak seret. Jd udara masuk ke TB jd telat.

Jd mungkin emang bukan karena DBWnya om.. Atau karena mobil murah bisa jd material DBWnya berbeda dg honda lain yg lbh mahal.. Hehe. Sm2 brio tp yg CBU hampir 2x harga satya om...hiksNangis.PNG

(04-06-2014, 12:08 PM)achs2386 Wrote: waduh ijin mantau yak bro
ane juga pengguna satya S
sofar blm ada kejadian kaya gini sih

Sepertinya hanya brio tertentu om.. And hanya di kondisi tertentu.
Ane jg baru 2x kejadian om.. Dijalan yg agak nanjak n jalan rata.. Dua2nya dlm kondisi macet luar biasa.. Hehe

Mudah2 ane ga ngalamin lg.. N om jg jgn sampe..Weeekkk.PNG
#5
Kayanya permasalahanya karena panas...entah itu dipanas mesin yg suhunya mendekati suhu max(suhu max mesin akan mati) atau mungkin koefisien muai dari dbw valve(bahan mekanik dr butterfly valve beda dng bahan yg dipake brio cbu/ckd).
Karena keluhan semua dlm kondisi jln macet,jln menanjak jg.
Jd klo lapor ke beres pun mekanik susah memahaminya kecuali mekanik itu ngalamin sendiri,sedangkan klo mekanik nyoba kn cuma jalanan wajar,kn g mungkin alamin lag tsb.
Ada cara ga om om disini yg bisa melayangkan surat resmi hpm...yaa...paling tdk biar ada perhatian...

Kayanya permasalahanya karena panas...entah itu dipanas mesin yg suhunya mendekati suhu max(suhu max mesin akan mati) atau mungkin koefisien muai dari dbw valve(bahan mekanik dr butterfly valve beda dng bahan yg dipake brio cbu/ckd).
Karena keluhan semua dlm kondisi jln macet,jln menanjak jg.
Jd klo lapor ke beres pun mekanik susah memahaminya kecuali mekanik itu ngalamin sendiri,sedangkan klo mekanik nyoba kn cuma jalanan wajar,kn g mungkin alamin lag tsb.
Ada cara ga om om disini yg bisa melayangkan surat resmi hpm...yaa...paling tdk biar ada perhatian...
#6
Hmmm... kontak hpm yah? Kita coba dulu yah om..
Website
#7
Kayanya permasalahanya karena panas...entah itu dipanas mesin yg suhunya mendekati suhu max(suhu max mesin akan mati) atau mungkin koefisien muai dari dbw valve(bahan mekanik dr butterfly valve beda dng bahan yg dipake brio cbu/ckd).
Karena keluhan semua dlm kondisi jln macet,jln menanjak jg.
Jd klo lapor ke beres pun mekanik susah memahaminya kecuali mekanik itu ngalamin sendiri,sedangkan klo mekanik nyoba kn cuma jalanan wajar,kn g mungkin alamin lag tsb.
Ada cara ga om om disini yg bisa melayangkan surat resmi hpm...yaa...paling tdk biar ada perhatian...
#8
Share juga gan...
Brio ane gen 1 cbu mt 2012 2800km...Brio ane juga mengalami kejadian sama persis diatas, terjadi Lag yg agak lama pada saat panas dan posisi nanjak sampe ane paksa ya..bau angus kopling deh...Jadi kalo menurut prakiraan diatas penyebab material DBW satya dgn CBU relatif sama ya...jadi so pasti apakah hal tsb kelemahan DBW yg notabene tarikan gas dgn sensor......tapi yg pasti salah satu kelemahan brio diantara banyak kelebihannya..
#9
Oh, cbu juga seperti itu om @Niever ? Waduh....
Website
#10
(04-06-2014, 05:06 PM)Prihandhito van Deindaag Wrote: Iya om.. Harusnya DBW buat mobil.. Salah ane.. Kl throttle tu di motor. Hehe

Karena kl ane kejadiannya pas macet n udara panas..dmn jarak 1 KM ane tempuh dlm 2jam.. Perkiraan ane karena gejala overheat di mesin atau kopling..atau kl analisa om zikri di katup kupu2nya yg pas panas jd memuai n gerakannya agak seret. Jd udara masuk ke TB jd telat.

Jd mungkin emang bukan karena DBWnya om.. Atau karena mobil murah bisa jd material DBWnya berbeda dg honda lain yg lbh mahal.. Hehe. Sm2 brio tp yg CBU hampir 2x harga satya om...hiksNangis.PNG


Sepertinya hanya brio tertentu om.. And hanya di kondisi tertentu.
Ane jg baru 2x kejadian om.. Dijalan yg agak nanjak n jalan rata.. Dua2nya dlm kondisi macet luar biasa.. Hehe

Mudah2 ane ga ngalamin lg.. N om jg jgn sampe..Weeekkk.PNG

Hehehe mobil jg ada om yg TBW, tapi setau saya TBW lebih jadul daripada DBW.

Kalo soal material DBW nya beda kurang tau jg. Tapi kl selisih harga sih wajar kok om. Yg pertama dari mesin udah beda, dan pajak mobil yg masuk utuh memang lebih tinggi drpd komponen yg masuk terpisah untuk dirakit disini. Belum lg kl Satya gak kena PPN BM. Kalo kena PPN BM paling selisih harga Satya ke A/T CKD 1.2 10 jutaan aja om 04




Users browsing this thread: 1 Guest(s)