aksesoris-brio

Rotasi Ban Honda Brio

#1

Rotasi ban pada Honda Brio memberikan beberapa manfaat. Rotasi ban yang dilakukan rutin pada waktu yang ditentukan, bisa mempertahankan performa ban, handling, traksi, dan membuat keausan ban merata (tidak gundul sebelah).

Pada umumnya ban memiliki garansi yang salah satu syarat nya adalah kewajiban untuk merotasi ban. Nah, kapankah ban harus dirotasi? Setiap pabrikan memberikan jadwal rotasi yang berbeda, sedangkan untuk ban standar Honda Brio, Michelin menyarankan rotasi ban dilakukan setiap 10.000 - 12.000 km. Namun jika ternyata, ditemukan keausan ban tidak merata sebelum waktu tersebut, rotasi ban harus segera dilakukan. Rotasi ban juga bisa dijadwalkan bersamaan periode servis rutin.

Alasan utama dibutuhkan rotasi ban adalah karena setiap ban pada sebuah mobil mengalami tingkat keausan yang berbeda. Ban depan pada Brio memiliki tugas yang lebih berat, karena lebih dari 60% beban ditanggung oleh ban depan. Ban kanan depan juga biasanya yang paling parah mengalami keausan, karena orang Indonesia berbelok ke kanan lebih cepat daripada saat berbelok ke kiri.

Saat ban mengalami keausan yang merata, maka handling dan traksi akan lebih bagus daripada bila ban mengalami gundul sebagian. Dan saat masanya ganti ban, maka kita bisa ganti ban secara bersamaan, ganti keempatnya, atau kalau tidak memungkinkan ganti sepasang depan atau belakang saja.

Nah, pola rotasi ban seperti apa? Bisa dilihat di halaman 151 Buku manual Brio.

   

   

Untuk Honda Brio sendiri, rotasi (silang) ban dilakukan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali.
Website
#2
sesudah dirotasi apakah perlu spooring balancing?
#3
nice info om mimin
Website
#4
(11-18-2013, 11:29 AM)kitza Wrote: sesudah dirotasi apakah perlu spooring balancing?

Balancing sebaiknya sebelum rotasi..
Spooring kalo stir lari kanan kiri om Kitza.. CMIIW
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)