Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 2 Vote(s) - 4.5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Review Brio Satya Type S
01-20-2014, 08:51 AM (This post was last modified: 01-30-2014 07:40 PM by awrt27.)
Post: #1
Review Brio Satya Type S
Misi om, saia mau sharing pengalaman setelah beberapa hari memakai brio satya tipe S
1. Handling
Handling brio sangat ringan, sangat berbeda rasanya dengan membawa avanza.
Begitu stir di putar dalam keadaan diam, tidak ada bunyi mesin yg seolah2 di
gas(RPM naik kita stir d putar) seperti mobil2 dengan hidrolok power stiring. Mobil tetap senyap dan tenang.
ukuran ban yg relatif kecil mungkin juga mempengaruhi kemudahan stir ber manuver. Benar2 nyaman dan mantap
   
2.Mesin
Suara mesin juga sangat halus bahkan menurut kuping saya yg katrok ini kabin berasa senyap dari suara mesin.
Sejauh ini saya menggunakan premium untuk asupan energi si satya, namun setelah 150 km berjalan tidak ada suara gelitik yg biasa
di keluhkan oleh para pengguna mobil berkompresi tinggi.
   
   
3. Tarikan dan kecepatan
Kemaren waktu nyetir luar kota dengan keadaan full peenumpang (5 orang dewasa rata 60 kg) dan full bagasi (1 orang bawa satu ransel)
dan full AC, tarikan masih enak, walau memang ketika di tanjakan presneling hanya bisa di 1 atau sesekali di 2. Begitu penumpang diturunkan
mobil jadi enteng lagi dan enak buat ber akselerasi. Tapi sayang tulisan eco sangat mempengaruhi psikologi mengemudi, saia cenderung
berusaha untuk mempertahankan eco untuk menyala, seolah2 tantangan untuk berkendaraan se eco mungkin, ini mengakibatkan gaya mengemudi
tidak cocok untuk jaln luar kota yg rama lancar. Saya berusaha jalan hanya di RPM 1500-1900 lewat dari itu eco mati, pada rpm ini bisa dapat 70 kmj
tp ya itu akselerasinya perlahan, jadi mobil dibelakang suka ga sabar dan sering kena lampu dim minta d kasih lewat.
Sampe d jalan lurus akhirnya kumping saya panas juga, dan mengganti gaya mengemudi dengan NFS style, dan....mobil2 yg ngedim
tadi saya babat semua, brio punya kelebihan di untuk bermanuver dalam kota dan juga di tikungan, sangat nyaman d kendalikan.
Tapi gaya mengemudi seperti NFS ini butuh pengorbanan. Konsumsi bahan bakar meningkat dari 15 KM/L jadi 13 KM/L, tp sesekali ini perlu dilakukan
buat ngasih tau ke driver lain kalo lambang melati di buritan satya ga bisa di remehin begitu aja. Ya ini mobil murah, tp dia punya speed juga meennnnnn......


4. Kabin and HU
Kabin brio itu simpel, sederahan. Brio cukup menyediakan apa yg anda butuhkan, istilah kata cuma yg penting2 aja yg ada.
HU pun menurut saya yg hanya penikmat MP3, HU dan speakernya udah cukup untuk memanjakan kuping saya yg kampungan ini.
Jdi kalo anda hanya penikmat musik bajakan (MP3, WMA dkk) bukan pembeli CD original, tidak d sarankan untuk ganti speaker.
Kalo HU sih mau ganti ga papa, biar bisa nonton Video gtu (yg juga download dari yuotube).
dari Pengalaman saia PR buat kabin itu karet pedal kopling, rem dan gas itu imut bgt (luas penampang nya kecil)...agak kurang nyaman d kaki.
Oh ya, pilar a suka bunyi kaya plastik ya bergetar gitu, bakal terasa kalau mobil di jalan yg ga rata, bunyinya jd kentara, kalo di jalan
bagus mah ga akan terasa bunyi nya.
   
   
   

5. Rem dan kaki2
Agak kagok juga pas pertama2 nginjak rem di brio, berasa titik tumpu di pengereman itu berda di ban depan semua. Entah ini perasaan atau emang harus d seting ulang
tp saya kayanya belum puas ma rem nya si brio, titik pengereman dan mobil berhenti berasa agak jauh bagi saia.
Kaki2 empuk, tp begitu ada peredam kejut di jalan berasa tekanan ban keras bgt jadi mungkin harus ganti angin dengan nitogen biar nyaman.

Mungkin itu dulu yang bisa saya ceritakan buat sekarang, nanti saya tambahin kalo ada pengalaman baru.....

NB. Penulis adalah pengguna avanza selama 3 thn, segala komparasi menjadikan avanza sebagai tolak ukur.Hasil akan berbeda jika penulis adalah seorang pengguna mobil mewah
reader discretion is advised!!

Tambahan :

(-) Ketika lampu utama dan AC dinyalakan ketika kompresor ac bekerja maka lampu utama akan meredup sampai kompresor AC mati lagi (mobil diam tp dalam keadaan menyala)
(-) Setelah 2 minggu bawa satya, trus balik bawa avanzah, semua terasa berbeda (kalo ga mau dibilang semua terasa keras sih..hehehe), satya memberikan sensi mengemudi tersendiri kepada anda,


Attached File(s) Image(s)
   
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-20-2014, 10:20 AM (This post was last modified: 01-20-2014 10:21 AM by Zikri Irfandi.)
Post: #2
RE: Review Brio Satya Type S
mantab review nya om.. untuk ECO indicator, awalnya saya juga begitu, pokoknya ECO harus nyala. Setelah terbiasa dengan Brio, ternyata nggak masalah lah nge-gas dikit, karena dengan gaya mengemudi yg agresif sekalipun, FC nggak jauh berbeda...

Btw, foto - fotonya dong om?

Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 768B24E1
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-20-2014, 10:35 AM
Post: #3
RE: Review Brio Satya Type S
mantap repiuw nya, memang mantap ya brio.. 04. upload potonya dunk om...

HBC-LPG-001 | My Red Brio E CKD
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-20-2014, 10:41 AM
Post: #4
RE: Review Brio Satya Type S
(01-20-2014 08:51 AM)awrt27 Wrote:  Misi om, saia mau sharing pengalaman setelah beberapa hari memakai brio satya tipe S
3. Tarikan dan kecepatan
Kemaren waktu nyetir luar kota dengan keadaan full peenumpang (5 orang dewasa rata 60 kg) dan full bagasi (1 orang bawa satu ransel)

5. Rem dan kaki2
Agak kagok juga pas pertama2 nginjak rem di brio, berasa titik tumpu di pengereman itu berda di ban depan semua. Entah ini perasaan atau emang harus d seting ulang
tp saya kayanya belum puas ma rem nya si brio, titik pengereman dan mobil berhenti berasa agak jauh bagi saia.
Wuih diisi 5 org @60kg + full bagasi? ga gasruk bos?
punya saya diisi 4 org, kdg lwt polisi tidur yg agak tinggi gasruk, mgkn kena plastik cover yg di bawah.

Kl masalah rem, saya jg merasa kl kurang pakem, terlalu empuk, jd hrs jaga jarak ama kendaraan di depan. Ntar pas service 1000km mau coba distel remnya.
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-20-2014, 11:04 AM
Post: #5
RE: Review Brio Satya Type S
brio ane isi 4 org dewasa 4 anak kecil "nekat" ketemu polisi tidur ambil posisi miring .alhamdulilah..amannn
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-20-2014, 02:21 PM (This post was last modified: 01-20-2014 02:24 PM by awrt27.)
Post: #6
RE: Review Brio Satya Type S
(01-20-2014 10:35 AM)arul Wrote:  mantap repiuw nya, memang mantap ya brio.. 04. upload potonya dunk om...
udah saia upload om di mari :https://hondabrio.org/Thread-Brio-Satya-Polish-Metal-Metalic-Type-S-Pertama-di-Sumbar-Polosan
(01-20-2014 10:41 AM)hanz Wrote:  
(01-20-2014 08:51 AM)awrt27 Wrote:  Misi om, saia mau sharing pengalaman setelah beberapa hari memakai brio satya tipe S
3. Tarikan dan kecepatan
Kemaren waktu nyetir luar kota dengan keadaan full peenumpang (5 orang dewasa rata 60 kg) dan full bagasi (1 orang bawa satu ransel)

5. Rem dan kaki2
Agak kagok juga pas pertama2 nginjak rem di brio, berasa titik tumpu di pengereman itu berda di ban depan semua. Entah ini perasaan atau emang harus d seting ulang
tp saya kayanya belum puas ma rem nya si brio, titik pengereman dan mobil berhenti berasa agak jauh bagi saia.
Wuih diisi 5 org @60kg + full bagasi? ga gasruk bos?
punya saya diisi 4 org, kdg lwt polisi tidur yg agak tinggi gasruk, mgkn kena plastik cover yg di bawah.

Kl masalah rem, saya jg merasa kl kurang pakem, terlalu empuk, jd hrs jaga jarak ama kendaraan di depan. Ntar pas service 1000km mau coba distel remnya.
Alhamdulillah aman2 aja om, soalnya jalan lintas gitu jadi gada poldur-nya bahkan belum nemu lobang malah nih si brio...biasanya poldur yg sadis2 itu di komplek perumahan sih om
(01-20-2014 11:04 AM)Dedi Dedot Suryadi Wrote:  brio ane isi 4 org dewasa 4 anak kecil "nekat" ketemu polisi tidur ambil posisi miring .alhamdulilah..amannn
Iya tadi ketemu sama teman yg make brio juga, katanya kalo ketemu poldur ya agak di ambil miring nanjaknya....

(01-20-2014 10:20 AM)Zikri Irfandi Wrote:  mantab review nya om.. untuk ECO indicator, awalnya saya juga begitu, pokoknya ECO harus nyala. Setelah terbiasa dengan Brio, ternyata nggak masalah lah nge-gas dikit, karena dengan gaya mengemudi yg agresif sekalipun, FC nggak jauh berbeda...

Btw, foto - fotonya dong om?

wauih mantab ya om, alhamdulillah...boleh dikasih reputation donk, hehehe...ngarep.....
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-20-2014, 02:25 PM
Post: #7
RE: Review Brio Satya Type S
om nanya donk.. Satya S tu di firewall ada heat shield nya ga ya?
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-20-2014, 03:08 PM
Post: #8
RE: Review Brio Satya Type S
(01-20-2014 02:25 PM)zell_dincht Wrote:  om nanya donk.. Satya S tu di firewall ada heat shield nya ga ya?
setau saya sih ga ada om,paling adanya karpet dasar aja yg sebagai heatseal dari ruang mesin ke dalam kabin....tp rasanya ga banyak juga ngaruh panas mesin ke dalam kabin
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-20-2014, 03:40 PM
Post: #9
RE: Review Brio Satya Type S
ECO sih cuekin aja hahahaha
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
01-20-2014, 03:46 PM
Post: #10
RE: Review Brio Satya Type S
masalah saya juga sama, REM
agak serem juga ngebut pake brio satya, kecepatan 80km/j udah susah payah ngerem nya, entah belum dapet feelingnya atau emang bawaannya. ketika melakukan pengereman mendadak kok rasanya malah meluncur melayang, kurang pakem.
utk mengatasi kesan "tidak pakem" sekarang saya biasakan ketika mengerem sambil menurunkan gear secara berturut2 dengan cepat dari 4 ke 2

selain itu ya gear 1 dan 2 yg rada keras
kalo bunyi pilar A di jalanan yg gak rata mungkin itu emang penyakit bawaan pabrik, krn kalo saya baca di review pasti keluhannya sama

kalo soal kelincahan dan enteng nya sih masih lebih enteng brio dibanding ipah saya (ya iya lah beda kelas - hrs nya gak bisa dibandingkan ya hehehe 04 )

akselerasi satya juga lumayan, meskipun suka ada rasa "nyendat" ketika akselerasi cepat dari gear 2 ke 3 (mungkin masalah timing tangan dan kaki yg belum biasa), tapi tadi pagi sempet juga kasih asep n1san 3vali@ yg sok2an di jalan, mobil murah bukan berarti murahan lho, value for money dah Smile
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Review Brio Satya E vs Rival.. T Adhi 56 14,648 10-31-2014 03:44 PM
Last Post: Razgriz_Brio
Big Grin Brio Satya S Balikpapan-Bontang Razgriz_Brio 11 702 09-17-2014 11:02 PM
Last Post: Razgriz_Brio
Photo perjalanan mudik satya A jkt-pwkerto Fjk Isnot Jfk 6 1,175 09-15-2014 12:17 PM
Last Post: Sayap Juang
  Beda satya A sama S apa aja yah? edwinsudrajat 20 3,018 09-08-2014 03:26 PM
Last Post: Fadjry
  Review Blue Brio E AT Gen 1 jpcante2004 20 3,938 09-05-2014 01:47 PM
Last Post: jpcante2004
  Perbandingan Spesifikasi Honda Brio Satya Vs Brio Sport Zikri Irfandi 23 10,451 08-12-2014 02:32 PM
Last Post: Zikri Irfandi
  Review Brio E AT Makassar-Polewali noeqx 11 1,406 08-12-2014 12:36 PM
Last Post: noeqx
  Perbedaan Brio Satya 2013 vs 2014 Zikri Irfandi 52 9,908 08-11-2014 09:31 AM
Last Post: cupidokidz
Star FR SATYA MALANG TO BALI PP achs2386 15 1,485 08-05-2014 09:47 AM
Last Post: daniel yusuf
  Perbedaan brio 1.2 E CKD dengan brio satya 1.2 E M Ekka Januar Akbar 20 5,912 08-01-2014 12:49 PM
Last Post: Dody Aris Permana



User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)