aksesoris-brio

Poll: BBM apakah yang digunakan pada Brio rekans HBC?
Premium (oktan 88)
Pertamax (oktan 92)
Pertamax Plus (oktan 95)
[Show Results]
 
Note: This is a public poll, other users will be able to see what you voted for.

Premium atau Pertamax? BBM untuk Honda Brio...

#1

Honda Brio dibekali dengan mesin berkompresi tinggi yaitu 10,5. Idealnya mesin dengan CR (compression ratio) sebesar ini, BBM yang dipasok haruslah berokatan tinggi, semisal Pertamax 92 atau Pertamax plus 95. Namun di buku manual Honda Brio, tertera dengan jelas bahwa BBM yang bisa ditenggak Brio minimal beroktan 88, artinya Brio bisa dicekoki dengan Premium kan? Kelemahan menggunakan Premium adalah daya resistansi Premium terhadap kompresi yang lebih rendah, jadi kemungkinan premium terbakar sebelum waktunya (disulut busi), lebih tinggi. Hal inilah yang disebut knocking atau ngelitik. Knocking ini selain bisa membuat rusak (bolong) kepala piston, juga membuat performa mesin menurun, dan berimbas ke konsumsi BBM yang lebih boros. Namun demikian, jika di manual book Honda Brio sudah tertera BBM minimal adalah Premium, berarti Brio sudah dilengkapi dengan knock sensor, yang mengatur timing pengapian saat mesin diberi BBM dengan nilai oktan lebih rendah.

   

Pengalaman ane menggunakan Pertamax pada Honda Brio adalah konsumsi BBM yang lumayan irit 1:16,8. Belum pernah pake Premium sehingga belum tau efek Premium pada Brio, baik tenaga maupun fuel consumption.

   

Nah, bagaiman dengan teman2 semua? Pake Pertamax atau Premium, ceritakan dong tentang performa n FC nya?
Website
#2
ane masih pake pertamax om, luar kota dapet 16,xx km/l. kalo dalkot posisi agak macet cuman dapet 10,xx km/l
Website
#3
luar kota ke metro om arul?
Website
#4
Sampe kotagajah malah om, lewat pekalongan...
Website
#5
campur premium : pertamax+ dengan skala 1 : 1
selama 2 hari pake 1:12.1
#6
Setelah dibanding2, saya pake premium full karena FC-nya sama aja setelah test menggunakan premium, pertamax dan shell v-power. Selain itu mesin juga tidak mengelitik pada saat menggunakan premium.
#7
(01-07-2014, 08:41 AM)ultrakyo Wrote: Setelah dibanding2, saya pake premium full karena FC-nya sama aja setelah test menggunakan premium, pertamax dan shell v-power. Selain itu mesin juga tidak mengelitik pada saat menggunakan premium.

sama om chris...
Website
#8
Sejak baru Brio 1.2 AT ane selalu diisi premium , sementara ini di odometer & tripmeter menunjukkan angka 800an, FC nya terpantau 12.6.
Berhubung selama ini ngga ada keluhan apa2, kayaknya bakal stay di premium.
#9
(01-07-2014, 12:24 PM)hotocha Wrote: Sejak baru Brio 1.2 AT ane selalu diisi premium , sementara ini di odometer & tripmeter menunjukkan angka 800an, FC nya terpantau 12.6.
Berhubung selama ini ngga ada keluhan apa2, kayaknya bakal stay di premium.

tapi kayaknya bentar lagi naik nih Premium 04
Website
#10
Bahkan bisa gak ada premium lagi di JABODETABEK.




Users browsing this thread: 1 Guest(s)