aksesoris-brio

Power Steering Problem?

#1

Brioners,

mohon bantuannya, kmren brio sya mengalami masalah nih...setelah parkir dan mau nyalain mesin, indikator setir nyala....saya matikan kunci, dan putar-putar setir, kemudian nyalain lagi...akhirnya berhasil, mobil Normal kembali.

tapi pagi tadi pas isi bensin, terjadi lagi hal serupa...saya sdah putar-putar setir, tapi indikator setir tetep nya....coba lagi dan lagi...akhirnya bisa lagi.

nah pas parkir di kantor, tadi trjadi lagi....hadeh, apanya ya ini yang salah?
mohon bantuannya dong, 77
#2
kalo di posisi mesin mati, dan kontak ON memang nyala kan om? Setelah mesin hidup baru indikator ini mati. CMIIW
Website
#3
(01-27-2014, 10:54 AM)Zikri Irfandi Wrote: kalo di posisi mesin mati, dan kontak ON memang nyala kan om? Setelah mesin hidup baru indikator ini mati. CMIIW

bukan om...masalahnya pas nyalain mesin...begitu masukin perseniling..mobil gak mau jalan..indikator setir kgk mau mati

eh..bentar-bentar...jangan-jangan seperti artikel ini nih tanpa di sengaja

Quote: Cara Membuka Kunci Stir Mobil (Unlock)
Kunci Stir merupakan salah satu fitur pengaman pada mobil agar roda kemudi (steering) tidak dapat digerakkan dan digunakan oleh orang yang tidak berhak menggunakannya dalam hal ini agar dapat mengurangi niat si pencuri untuk menggunakan dan membawa kabur mobil tersebut. Setiap pengemudi tentu sudah banyak yang menerapkan fitur pengaman ini dengan mengunci stir mobil, namun tidak sedikit yang belum menggunakan fungsi tersebut. Steer akan terkunci secara sendirinya jika kunci kontak dilepas dan roda kemudi diputar ke arah kiri kira-kira 60-75 derajat.

Tentu banyak yang secara tidak sengaja mendapati roda kemudinya terkunci secara otomatis ketika memutar roda kemudi di saat kunci dilepas, dalam hal ini ingin meluruskan roda kemudi atau dengan sengaja memutar roda kemudi, namun belum mengetahui bahwa hal tersebut akan mengunci roda kemudi (steering). Atau memang secara sengaja mengunci steer seperti pada tulisan sebelumnya yaitu cara mengunci stir mobil untuk mengamankan mobilnya namun belum mengetahui cara membuka kunci stir.

Cara membuka kunci stir (unlock steering):

Tangan kanan memegang kunci steer dan dimasukkan ke dalam lubang kunci.
Tangan kiri menarik roda kemudi ke arah kiri/bawah atau dorong ke atas/kanan.
Ketika roda kemudi ditarik atau didorong (pilih salah satu) tangan kanan memutar kunci stir hingga berpindah dari switch LOCK ke ACC atau ON.

Demikian cara membuka roda kemudi, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan dan tentunya yang belum mengetahui cara tersebu
#4
Om @possac.....Ini maksudnya masalah pada indikator EPS (yang bergambar setir) nyala terus atau masalah setir gak bisa digerakkan?

Kalo masalah indikator EPS nyala terus ketika mesin sudah nyala, sebaiknya bawa ke beres aja om. Tapi kalo masalahnya pada kunci setir, seperti kutipan artikel di atas (apabila setir terkunci, indikator EPS gak akan nyala om)....tinggal diputar aja kok setirnya om. Kalo mau kunci setir, tinggal diputar setir kira² 90° ke arah kiri...kalo mau buka tinggal putar setir ke arah sebaliknya.
Wherever I Lay My Head Is Home
______________________________________________


Website
#5
Klo pas mbl parkir trus steering kita kunci brarti arah roda berbelok jadinya....nah kata katanya sih klo pas parkir possisi roda harus lurus..cz klo roda belok malah g bagus buat steering nya.....ad yg bs jelasin g
#6
di sini om @Rood Imantara http://hondabrio.org/Thread-Agar-Electri...Lebih-Awet
Website
#7
(01-28-2014, 12:05 PM)Rood Imantara Wrote: Klo pas mbl parkir trus steering kita kunci brarti arah roda berbelok jadinya....nah kata katanya sih klo pas parkir possisi roda harus lurus..cz klo roda belok malah g bagus buat steering nya.....ad yg bs jelasin g

Ada banyak paham aliran mengenai ini Om @Rood Imantara....ada yang bilang "Waah jangan, nanti bisa bikin sistem power steering rusak" dan ada juga yang bilang "It's ok...no problem kalo memarkir kendaraan ban dalam posisi berbelok. Toh pompa power steeringnya tidak bekerja jika kita parkir"

Nah...kalo menurut saya nih om...mobil terparkir dengan posisi setir terkunci yang menyebabkan roda depan berbelok sedikit, aman² saja om. Karena apa? Karena ketika setir kita terkunci, roda depan hanya terbelok beberapa derajat saja.

Spoiler: Posisi roda saat setir terkunci
   

Pernah saya dapat info kalo yang bisa merusak itu, parkir dengan keadaan roda depan berbelok patah (full belok) dalam jangka waktu yang lama. Nah posisi roda depan Brio saat setir terkunci kan gak begitu ekstrim beloknya. Bener gak?

Itu sih menurut saya. Kalo dipikir².....ya masa orang² yang terlibat dalam pembuatan Honda Brio tidak memikirkan hal ini kalo memang benar bisa merusak. Betul?
Wherever I Lay My Head Is Home
______________________________________________


Website
#8
iya om ade cuma sedikit yah beloknya.. belajar ngunci stir ahhhh..

@Krembolizer
Website
#9
(01-28-2014, 01:31 PM)Zikri Irfandi Wrote: iya om ade cuma sedikit yah beloknya.. belajar ngunci stir ahhhh..

@Krembolizer

Iya om, beloknya sedikit, gak terlalu ekstrim kok.
Wherever I Lay My Head Is Home
______________________________________________


Website
#10
Coba bawa ke beres aja om, mungkin ada problem di EPS. Kalau ada tool OBDII bisa juga tuh check dulu ada error message gak dan errornya apa. Kalau gak punya minta beres yang check.




Users browsing this thread: 1 Guest(s)