aksesoris-brio

Mengapa Honda Brio Bisa Irit Sekaligus Kenceng? Ini Jawabannya...

#1

Mesin Honda Brio L13A menerapkan fitur 12/16 VTEC, yang disebut Honda sebagai Valve Pause VTEC. Artinya saat rpm mesin rendah sampai medium, mesin Brio hanya akan beroperasi menggunakan 12 valve, dengan menutup salah satu intake valve nya, jadi di setiap silinder, valve yang aktif adalah 1 valve intake dan dua valve exhaust. Nah, karena kondisi ini juga, campuran bensin-udara yang masuk ke silinder sudah berbentuk putaran / mini tornado, sehingga campuran bensin - udara lebih merata yang efeknya pembakaran lebih stabil dan sempurna.

Selain itu L13A dilengkapi sistem EGR (Exhaust Gas Recirculate). Gas buang akan dimasukkan kembali ke silinder untuk mendinginkan ruang bakar, sehingga meningkatkan fuel economy.

   
Website
#2
bagi sy brio hemat bgt om...nice info...
#3
Kalau mesin L12B gimana om? Kalau gak salah secara sepsifikasi teknis kerja mesin ada perbedaan tapi kurang tau apanya.
#4
nah itu, saya cari2 info L12B nggak ketemu juga.. Ada yang tahu?

btw, ane belum pernah merasakan Brio saat i-vtec nya active.. 16 valve main semua.. Apa ada jambakan setan waktu i-vtec nya aktif?

* dulu anak2 ninja 150 sering menganalogikan super skips dengan i-vtec. kalo skips kan mainnya di exhaust.. Tp apa sensasinya sama?
Website
#5
denger2 dari seles ane sih.. klo brio 1,2 gak ada itu..
maka nya kt nya masih bisa lebih irit gen1 dari pada brio 1,2
Website
#6
@om dhanny.. Bukannya ini prinsip dasar i-vtec ya? On - off salah satu valve. L12B pun masih ada embel2 i-vtec. Ane rasa bukan di sini perbedaan L13A dan L12B..
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)