aksesoris-brio

Membersihkan Air Filter Sendiri?

#1

Penasaran nih.. Sebenernya aman nggak kalo kita melakukan pembersihan air filter oem sendiri. Kalo nggak salah bahan dasar air filter oem ini kertas kan?

menurut manual book, air filter dibersihkan setiap 10.000 km. Tapi ane rasa itu terlalu lama. Ane khawatir sudah terlalu banyak debu yg bersarang di air filter. Sekarang aja ane ngerasa FC turun.. awalnya bisa 19 km/l sekarang max 18.5 km/l.

Yang mau ane tanyakan.

cara paling bagus u/ cleaning air filter itu disemprot kompresor atau sedot vacuum cleaner?

Misal disemprot kompresor, ada batas tekanan anginnya nggak?

jika makin sering dibersihkan memperpendek umur air filter nggak?
Website
#2
(01-01-2014, 01:21 PM)Zikri Irfandi Wrote: Penasaran nih.. Sebenernya aman nggak kalo kita melakukan pembersihan air filter oem sendiri. Kalo nggak salah bahan dasar air filter oem ini kertas kan?

menurut manual book, air filter dibersihkan setiap 10.000 km. Tapi ane rasa itu terlalu lama. Ane khawatir sudah terlalu banyak debu yg bersarang di air filter. Sekarang aja ane ngerasa FC turun.. awalnya bisa 19 km/l sekarang max 18.5 km/l.

Yang mau ane tanyakan.

cara paling bagus u/ cleaning air filter itu disemprot kompresor atau sedot vacuum cleaner?

Misal disemprot kompresor, ada batas tekanan anginnya nggak?

jika makin sering dibersihkan memperpendek umur air filter nggak?

1. Bukan kertas biasa ya om, kalau yang udah pernah saya lakukan di heavy equipment, aman aja bersihin sendiri. Kalau di mobil belum pernah, secara baru punya mobil hehehe...
2. Air cleaner itu tipe maintenance nya On-Condition Om, artinya secara periodik diinspeksi, kalau ada penurunan performa dan filter terlihat kotor, maka dibersihkan. Tetapi masing-masing filter mesti ada panduan cara membersihkannya, lihat di shop manual. Dan ada batasnya jika boleh dibersihkan sampai berapa kali.
Seperti contoh dibawah ini,
   
Ini contoh bersihin air cleaner di unit Excavator, heavy equipment om. Pressure dry air compressor kurang dari 7 kg/cm2. Terus filter itu kan ada lipatannya om, semprotnya harus lurus, tidak memotong arah lipatan filter biar hasilnya optimal.
3. Kalau filter tipe kering, baiknya pakai air compressor, jadi bisa atur jarak penyemprotannya om, akan pengaruh ke pressurenya juga. Kalau pakai vacuum, kan kudu dekat tuh, khawatir vacum gak bisa disetting pressurenya sampai low, terus menghisap terlalu kuat hingga bisa rusak filternya.
4. Tentunya keseringan bersihin bisa memperpendek umurnya om. Proses restorasi (cleaning) tentu akan mempengaruhi kinerja filter. Dari contoh cleaning filter diatas, standarnya 6x cleaning diganti, tapi untuk lingkungan sangat berdebu, bisa 3-4x sudah harus diganti baru om.

Kalau filter K&N disini ada panduannya: http://www.knfilters.com/cleaning.htm

Ane penasaran sama shop manual asli Honda Brio.. mekaniknya mau gak ya ngasi liat shop manual yang lengkap.. materi training mereka.. harusnya standard maintenance ada disitu semua.. Big Grin
Website
#3
nice info nih om.. Btw, nama aslinya siapa sih? Hehehe..

Nah, itu dia shop manual nya yg lagi ane cari.. Dulu twincam gti berhasil dapat, versi english, malah terakhir dpt versi indo..

Nah.. Kira2 nih.. Om yogo, bisa usahakan nggak ya? Hehehe... Kan temannya di beres..
Website
#4
Hehehe.. Nama ane Dimas om, sudah join juga di Grup Whatsapp HBC, di invite om Yogo smaa Om Chris.

Nah itu sudah, ayo Om Yogo dilobi mekaniknya.. atau Spv nya langsung hihihi 04
Website
#5
Hhaahahaha..nnti aku cuba tanya
Website
#6
kalo ada softcopy om yogo?
Hehehehe
#BanyakMau
Website
#7
Nnti cuba aku mnta ya om..klw nda adapun,aku foto..
Itupun klw dikasih..hehehe..

Soalnya itu bs dibilang privasi bengkel..
Website
#8
wuih difoto om? Biasanya sampai 200 an halaman..
Website
#9
Hehe.. betul om, itu privacy.. poto yang critical2 aja om.. khususnya area engine..
Website
#10
Mudah2an bs hehehe
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)