aksesoris-brio

Komparasi Headlamp: Halogen vs. Xenon vs. LED

#1

HALOGEN HEADLAMP

Umumnya headlamp mobil saat ini menggunakan jenis halogen. Kenapa banyak pabrikan mobil menggunakan headlamp halogen? Keuntungan utamanya adalah umur pemakaian headlamp halogen sangat panjang, lup to 1.000 jam pemakaian wajar, dan tentu saja harga bohlam halogen ini cukup terjangkau. Namun, kedepannya trend penggunaan headlamp halogen menurun, karena apa? karena efisiensi bohlam ini rendah.

Efisiensi headlamp halogen yang rendah bisa dijelaskan melalui cara kerja bohlam ini sendiri. Pertama, bohlam halogen terdiri dari kaca, filamen, dan gas (biasanya argon dan nitrogen). Untuk menghasilkan cahaya, filamen harus dialiri listrik sehingga berpendar dan harus menahan temperatur yang sangat panas, sampai dengan 2.500 derajat celcius.

Masalah utamanya adalah panas yang dihasilkan dari bohlam halogen ini. Panas ini adalah energi yang terbuang percuma. Dan jika bohlam halogen ini sudah mendekati ajalnya, tungsten di filamen akan menguap dan mengenai kaca bohlam, dan akhirnya membuat bohlam terbakar. Maka tak jarang kita menyaksikan bohlam halogen ini meleleh sampai dengan housingnya.

Masalah lainnya, adalah perlunya kehati-hatian saat mengganti bohlam halogen ini, jika kaca bohlam tersentuh kulit sedikit saja, alamat bohlam ini akan wafat dengan segera.

Namun tetap saja, pabrikan mobil memilih bohlam halogen - Brio saja masih pakai H4 kan? Bohlam halogen memiliki beberapa kelebihan dari segi ekonomis, seperti: bohlam halogen menghasilkan cahaya yang lebih cerah, karena efek filamen yang berpendar. Bohlam halogen memiliki ukuran yang bervariasi.

   

Kelebihan Headlamp Halogen:
Umur panjang
Ukuran bervariasi
cahaya terang
relatif murah

Kekurangan Headlamp Halogen:
Kurang efisien
Penanganan extra hati-hati

XENON HEADLAMP

Bohlam Xenon, atau yang lebih dikenal dengan nama HID (high-intensity discharge headlamp), adalah bohlam yang lebih efisien dari bohlam halogen. Hal ini karena wasted energy berupa panas yang lebih rendah dari halogen. HID mengasilkan cahaya yang kebiru-biruan karena mengandung gas Xenon.

Headlamp HID pertama ada di BMW 7 Series tahun 1991, dan perlahan-lahan mulai diimplementasikan oleh pabrikan mobil pada produk mereka, namun biasanya headlamp HID dijadikan aksesoris optional.

Bohlam HID jauh lebih efisien dari halogen, cahaya yang dihasilkan juga jauh lebih terang. Bohlam HID menghasilkan 3000 lumen dan 90 mcd/m2, sedangkan halogen menghasilkan 1400 lumens dan 30 mcd/m2.

Efisiensi inilah yang menjadi pertimbangan utama saat memilih HID sebagai pengganti bohlam headlamp mobil kita, ini artinya fuel consumption dan emisi akan lebih rendah juga.

Bohlam HID juga memiliki umur yang lebih panjang dari halogen, umurnya bisa sampai 2.000 jam untuk pemakaian wajar.

Namun headlamp HID memiliki beberapa kelemahan, utamanya: HID menghasilkan cahaya yang lebih silau dari halogen, hal ini bisa menggaggu pengemudi di depan kita. Selain itu harga bohlam HID jauh lebih mahal dari halogen.

Dari segi kesehatan, ada bohlam HID yang mengandung gas beracun metal mercury, sehingga beberapa negara melarang penggunaan bohlam HID ini.

   

Kelebihan headlamp HID:

umur lebih panjang dari halogen
lebih efisien dari halogen
cahaya lebih terang dari halogen

Kekurangan headlamp HID:
Cahaya lebih silau, bisa mengganggu pengemudi di depan
HID mahal
Ada kemungkinan mengandung gas beracun.

LED HEADLAMP

Keuntungan utama dari penggunaan LED pada headlamp mobil adalah, konsumsi daya yang sangat rendah. Nah, mobil-mobil hybrid biasanya menggunakan headlamp jenis LED.

Akan tetapi, walaupun LED tidak menghasikan cahaya panas, namun di emitter LED tetap ada panas, yang dapat menimbulkan masalah di koneksi dan wiring headlamp. Nah, karena inilah, pabrikan menghindari penggunaan LED pada headlamp, terkecuali pada sein, atau lampu rem.

Cahaya yang dihasilkan LED ada di antara headlamp halogen dan HID.

   

Kelebihan headlamp LED:
Ukuran LED kecil, sehingga mudah dibentuk.
Konsumsi daya yang sangat rendah.

Kekurangan headlamp LED:
Biaya produksi yang tinggi.
Cahaya yang dihasilkan tidak seterang HID.
Emitter diode yang cepat panas.

Nah, bagaimana dengan rekan HBC, pilih yang mana untuk digunakan pada headlamp Brio?
Website
#2
pilih HID yang tepat..sklian projector lebih bagus lagi..hehehe

untuk HID pilihlah sesuai kebutuhan anda..untuk hasil cahayanya..
Bohlam Lampu terdapat banyak WARNA dengan satuan Kelvin (K), berikut penjelasan singkat untuk warna:
- 2300/3000K = cahaya yg dihasilkan berwarna Kuning Emas atau Sangat Kuning.
- 4300/5000K = cahaya yg dihasilkan berwarna Kuning (ini yg dipakai standar pabrik motor atau mobil).
- 6000K = cahaya yg dihasilkan berwarna Putih.
- 8000K = cahaya yg dihasilkan berwarna Putih Kebiruan (byk org bilang inilah standart lampu HID).
- 10000K = cahaya yg dihasilkan berwarna Biru.
- 12000K = cahaya yg dihasilkan berwarna Biru Keunguan.
- 15000K = cahaya yg dihasilkan berwarna Ungu.
Website
#3
nice info om Yogo.. yang terang tapi masih aman buat pengemudi di depan.. yang berapa lumens om?
Website
#4
(11-13-2013, 08:56 AM)Zikri Irfandi Wrote: nice info om Yogo.. yang terang tapi masih aman buat pengemudi di depan.. yang berapa lumens om?

sebenarnya bukan lumens atw jenis cahanya yang dihasilkan HIDnya yang mempengaruhi bro..lampu biasa/std parbik aja klw pas kena mata kita bisa buta sesaat..
jadi yang mempengaruhi aman atw nda nya untuk pengemudi yang di depan/berlawanan adalah tinggi dan rendahnya settingan lampu kt..klw saya punya saran sih bagus pake 6000 K ke bawah..karena masih tembus hujan..

jujur..klw utk led saya nda rekom..hampir sama cahayanya dengan halogen bro,,masih menang HID..
Website
#5
mw tanya master2.. klw pakai lampu HID, apakah kita harus ganti projector nya juga??
#6
maksudnya reflektor om alenska?

Btw, Merk HID yg bagus apa ya?
Website
#7
kesimpulannya pilih HID dibawah 6000k dan setting sorotan pencahayaan agar tdk menganggu pengendara lain
atau ditambahkan projector..
nah penambahan pojector ini bisa gak ya dipake HID diatas 6000k misal 8000k/10000k
#8
@om adjie: projie di headlamp?
Website
#9
bisa aja..cuma safety pada saat hujan jadi berkurang..krn lampu nda akan keliatan jika diatas 8000K bro..
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)