aksesoris-brio

Hubungan Speed Rating dan Umur Ulir Ban

#1

Hubungan Speed Rating dan Umur Ulir Ban adalah baik-baik saja... 10 becanda, keep reading, selanjutnya serius kok 04.

Tabel Speed Rating (Rating Kecepatan) Ban dan Peruntukannya.
   

Speed Rating digagas pertama kali oleh Autobahn. Rating kecepatan sebuah ban dimulai dari A (terendah) sampai Y (tertinggi). Akan tetapi tabel di atas tidaklah berurutan, contohnya H berada di antara U dan V, karena waktu itu, H identik dengan "High Performance", dan ternyata zaman makin canggih, mobil makin cepat dan harus ditemukan ban dengan kemampuan yang lebih tinggi lagi.

Speed Rating bukan hanya menunjukkan kecepatan maksimum ban tersebut, akan tetapi speed rating juga berhubungan dengan kenyamanan berkendara, kemampuan berbelok dan waktu keausan ban.

Pada umumnya, makin tinggi speed rating, makin bagus grip ban, makin pakem dalam mengerem, akan tetapi umur ulir ban akan lebih pendek. Hal ini berhubungan dengan kompon ban, lihat saja bagaimana ban yang digunakan di F1 atau MotoGP.

Satu lagi yang tidak bisa dipisahkan dari speed rating, yaitu Load Index, oleh sebab itu biasanya Load Index dan Speed Rating ditulis berdampingan. Load Index adalah berat maksimum yang mampu ditanggung ban tersebut.

Tabel Load Index ban.
   

Untuk Honda Brio sendiri, tertulis 82T, artinya beban maksimum yang bisa diangkut adalah 475 kg. Dan kecepatan maksimum ban adalah 190 km/jam. Dan jika ingin ganti ban, jangan lupa perhatikan Load Index dan Speed Ratingnua ya? Jangan sampai di bawah 82T.
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)