aksesoris-brio

Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

DIY Pasang Klakson Brio

#1
Wink 

Berikut tutorial cara mengganti klakson standar Brio yang bunyinya mirip klakson Honda Beat Gosong.PNG  :
sebelumnya disarankan dikasih masking tape dibagian tepi bumper agar tidak tergores saat pemasangan bumper

1.Lepas bumper brio (thanks to tutorial om opa yogo Cool.PNG  ) dengan cara mencopot/mencongkel klip cover radiator,

kemudian buka sekrup di spakbor yang berjumlah 2 dengan obeng kembang

dan terakhir copot dudukan plat nomor dimana dibaliknya terdapat 2 baut 10mm


2.Tarik keluar bumper samping sambil sedikit diangkat (jangan khawatir dengan bunyi plastik yang mengintimidasi Hahaha.PNG  ) dan ulangi untuk sisi sebelahnya

3.Setelah bumper samping terbuka seluruhnya maka tinggal tarik bumper ke arah luar dan jangan lupa diberi alas untuk bagian bawahnya agar tidak terlalu menggantung karena klip bagian bawah tidak di copot

4.Lepas klakson bawaan dengan kunci 12mm berikut soketnya (ada di bawah headlamp bagian penumpang)

5.Mulailah merangkai kabel set untuk klakson bisa beli jadi (lebih mudah tinggal plug n play tetapi terbatas pada manajemen kabel) atau membuat sendiri dengan skema berikut ini :
Relay kaki 4 seperti ini


‌Kaki 30 = ke aki positif + dan jangan lupa dipasang sekring, saya menggunakan 15A
‌Kaki 87 = ke klakson yang baru dan diparalel untuk kedua klakson
‌Kaki 85 = ke kabel klakson standar (bisa langsung di jumper atau kalau tidak mau merusak kabel bisa menggunakan terminal male seperti ini (ukuran kecil)

‌Kaki 86 = ke ground, bisa dipasang di aki negatif, dudukan klakson standar atau bagian body mobil lainnya 
Tips : agar kelihatan rapi dan seperti bawaan wiring pabrik, kabelnya diberikan selang fleksibel seperti ini


 
6. Urut kabel set ke lokasi pemasangan klakson yang diinginkan, dalam hal ini saya menggunakan dudukan klakson standar dan di dekat radiator

7. Pasang klakson ke tempat yang diinginkan, disini dibutuhkan sedikit kreatifitas untuk memodif braket klakson



8. Terakhir hubungkan kabel set sesuai skema pada nomor 5 dan sekarang klakson brio sudah sama seperti mobil jerman  Love.PNG

Untuk pemasangan kembali bumpernya kebalikan dari proses diatas yaitu mulailah mengangkat bumper dan untuk mudahnya intip lubang baut dibalik plat nomor kemudian di pas kan dengan dudukannya kemudian di dorong ke depan

Setelah itu tinggal paskan posisi spakbor bumper samping dan kemudian tinggal di pukul bagian sampingnya agar mengunci kembali, sisanya tinggal pasang sekrup di spakbor, baut di balik plat nomor dan klip cover radiator

Semoga dapat membantu rekan-rekan HBC yang telah banyak memberikan ilmu mengenai honda brio dan punten kalau tutorialnya berantakan dan kurang jelas  Miao.PNG

Berikut hasil pemasangan klakson brio barusan, terlihat seperti bawaan pabrik, kabel tidak seliweran dan posisi relay dan sekring mudah dijangkau apabila ada masalah



#2
mantab om, terimakasih DIY nya. mau tanya, terminal male seperti apa ya? untuk pemilihan fuse 15 A, pertimbangannya apa ya?
Website
#3
(12-31-2016, 06:25 AM)Zikri Irfandi Wrote: mantab om, terimakasih DIY nya. mau tanya, terminal male seperti apa ya? untuk pemilihan fuse 15 A, pertimbangannya apa ya?

Terimal kuningan seperti ini gan tapi yang kecil seperti yang di soket klakson bawaan


Pertimbangan pake fuse 15A karena klakson yang saya pakai yaitu merek Fer kira kira membutuhkan 8-9A, karena kalau 10A itu sepertinya terlalu mepet kecuali untuk klakson keong denso yang tidak membutuhkan banyak daya bisa pake 10A
#4
sip om, jadi fuse= rating ampere + 5 ya...
jadi cuma pakai satu klakson aja ya om?
Website
#5
(12-31-2016, 07:01 PM)Zikri Irfandi Wrote: sip om, jadi fuse= rating ampere + 5 ya...
jadi cuma pakai satu klakson aja ya om?
 Pakai dua klakson gan, kalau satu ntar sama dengan klakson beat dong hehe

Itu di poin 7 ada gambarnya, klakson pertama di dudukan klakson standar dan klakson kedua di dekat radiator
#6
oh, jadi  8-9A untuk dua klakson ya?

btw, keterangan kaki-kaki relay:

Quote:‌Kaki 85 = ke kabel klakson standar (bisa langsung di jumper atau kalau tidak mau merusak kabel bisa menggunakan terminal male seperti ini (ukuran kecil)
‌Kaki 86 = ke ground, bisa dipasang di aki negatif, dudukan klakson standar atau bagian body mobil lainnya


Nggak kebalik ya om?
Website
#7
(12-31-2016, 08:27 PM)Zikri Irfandi Wrote: oh, jadi  8-9A untuk dua klakson ya?

btw, keterangan kaki-kaki relay:



Nggak kebalik ya om?

Iya benar untuk dua klakson kecuali buat merk Stebel mungkin itunganya satu klakson

Untuk kaki 85,86 sepengetahuan saya bisa di bolak balik penggunaannya
#8
   

kalo yang saya lingkar merah itu kotak fuse ya om? pakai fuse model tancap kah?
Website
#9
(12-31-2016, 09:00 PM)Zikri Irfandi Wrote: kalo yang saya lingkar merah itu kotak fuse ya om? pakai fuse model tancap kah?

Ya benar gan model tancap sekering model ATC seperti sekering motor
#10
wiringnya rapi bener om.. 

   
inline ATC/ATO fuse holder.

Kalo untuk relaynya pakai holder juga ya itu om?
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)