aksesoris-brio

Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Bisakah Filter Udara Brio Dicuci?

#1

Filter udara bisa dikatakan pelindung mesin dari debu, karena tugasnya menyaring debu dari memasuki ruang bakar. FYI, debu yang masuk ke ruang bakar bisa menyebabkan mesin cepat rusak. ie; baret pada dinding boring.

Seiring waktu, debu akan menumpuk pada element filter udara mobil kita, saat ini terjadi asupan udara akan terhambat dan menyebabkan hilangnya tenaga.

Solusinya bagaimana? Filter udara harus dibersihkan, bagaimana cara membersihkannya? Tergantung jenis bahan elemen filter udara.

1. Filter udara katun
Filter udara berbahan katun umumnya bisa dicuci dengan air, dan setelah kering bisa dilumasi lagi dengan pelumas khusus, contohnya apa? Filter K&N, hurricane dll.

2. Filter udara stainless steel
Filter udara ini bisa dicuci juga, karena bahan elementnya yang kokoh terbuat dari stainless.

3. Filter udara busa
Filter ini biasa ditemukan di kendaraan model lama, bahan busa bisa dicuci dengan bensin, dan setelah kering bisa dipasang lagi.

4. Filter udara kertas
Kertas seperti kita ketahui tidak dapat bersatu dengan air, jika filter udara kertas dicuci maka kontur elemen akan berubah dan tentunya supply udara akan berkurang juga.

5. Filter udara kertas berpelumas
Nama lainnya adalah viscous element, merupakan filter udara terbaru, kendaraan modern banyak yang menggunakan ini. Karakteristik sama dengan filter udara kertas, hanya saja ditambahkan dengan pelumas untuk meningkatkan filtrasi debu.


Manakah tipe filter udara Brio (standar)? Betul, nomor 5. Filter udara kertas berpelumas. Jika rekan pernah membuka filter box Honda Brio, maka akan menemukan filter udara Brio rada basah-basah gitu Heran.PNG

Jadi apakah filter udara Brio bisa dibersihkan dengan cara dicuci? IMHO tidak bisa, karena akan merubah kontur elemen filter. Dan bahayanya jika serpihan kertas tersedot dan masuk ke ruang bakar. Bisa bikin dinding silinder baret karena tergores kertas yang masuk bersama kotoran.

Bagaimana pendapat rekan?
Website
#2
ane prefer beli aja om.....
harga dan resiko nya ga sebanding soalnya
bisa bisa bikin baret dalaman mesin.....
blowby makin tinggi nnti....
#3
Ngikut yg diatas aje…hhhhh…yg standar pastinya,g nguber performa soalnya…
#4
(06-26-2015, 05:44 AM)hary prast Wrote: Ngikut yg diatas aje…hhhhh…yg standar pastinya,g nguber performa soalnya…
hahahahaha....ane juga ngikut om Zikri Om....hehehehehe
Hahaha.PNG Hahaha.PNG Hahaha.PNG Hahaha.PNG Hahaha.PNG Hahaha.PNG Hahaha.PNG

sebetulnya cost / km nya juga ga mahal kok Om...
karena bisa dilakukan penyemprotan tiap 2500-5000 km, nah baru ganti di 10 rb km.

harga filter udara brio misalkan di 150 rb (misalnya lho ya)
cost / km nya cuma  Rp.15/km

# ane kalau melakukan periodic maintenance buat mobil-mobil ane juga gitu gan
selalu hitung cost / hour, supaya sadar bahwa beli agak mahal tp dipakai jangka panjang....toh jatuhnya murah.
Contoh kaya tadi.
Uda gitu oli premium grade f#stron gold misalnya yang teruji lulus MB Class.
harga mungkin agak mahal...tp setelah dihitung cost /km nya setelah dilakukan penggantian di 5000 km
ternyata ketemu di Rp.98 / km

masih lebih mahal naik taxy....atau bahkan angkot (walaupun faktor fuel dan depresiasi mobil blm dihitung ya...wkwkwk)
Haus.PNG Haus.PNG Haus.PNG Haus.PNG
#5
Kalo di manual book, ganti filter udara per 30ribu km, tapi itu pasti sudah kotor banget...

Ane sudah ganti dua kali nih, di servis 1 tahun n 1,5 tahun.

Iya, harga filter sekitar 150ribu di beres.
Website
#6
(06-26-2015, 08:23 AM)Zikri Irfandi Wrote: Kalo di manual book, ganti filter udara per 30ribu km, tapi itu pasti sudah kotor banget...

Ane sudah ganti dua kali nih, di servis 1 tahun n 1,5 tahun.

Iya, harga filter sekitar 150ribu di beres.

balik lagi tergantung kondisi medan yang dilewati dan kondisi maupun pemahaman yang punyanya gan.
kalau mau hitung cost /km nya saya rasa orang tidak segan-segan untuk merawat mobilnya dengan benar, bahkan dengan schedule maintenance yang lebih ketat dari yang direkomendasikan dealer.

Karena toh ini mobil pribadi. Lain hal nya kalau digunakan sebagai barang modal, untuk mencari untung misalnya.

contoh :
- dealer tidak ada rekomendasi untuk drain oli mesin + transmisi di 1000 km pertama. (padahal ada yang namanya break-in kan ? atau org sini kenal dengan instilah inrejjen - alias in reyen)
- dealer malah merekomendasikan penggantian oli setiap 10.000 km (kalau di daihatsu sama toyota sih gitu gan....ga tau kalau honda...soalnya blm pernah lihat buku service nya brio juga...)

kalau dari preventive maintenance nya bagus
biasanya unit akan lebih awet Om....
# berharapnya sih begitu
cmiiw Socute.PNG




Users browsing this thread: 1 Guest(s)