aksesoris-brio

<Ask> ganti oli A/T

#1

ane mau tanya nih
brio ane brio Cbu 1.3 A/T
umur sih udah 1 taon gan..dipake sih hampir tiap hari tapi karena jaraknya dekat aja (rumah - kantor dekat) maklum kota kecil 1 tahun ane cuman dapet 5000km...ini dah 2 kali servis 1 kali ganti oli mesin (maksa sih sebenarnya ma beresBig Grin) ganti oli mesin itu pas servis ke 2 baru 3000km..kata teknisinya nanti aja pas 5000km21tapi ane tetep minta diganti oli mesinnya

nah pas selesai katanya untuk oli A/Tnya nanti pas 10000km, yang ane mo tanyakan apakah ane harus ganti oli A/Tnya nunggu 10000km gan...apa gak kelamaan ya itu

mohon pencerahannya gan
#2
jadi ada 2 oli ya om ?
1 oli mesin
1 oli AT ?

lokasi tangki oli nya dimana tuh om ?
#3
(12-14-2013, 09:11 PM)KAZ3 Wrote: jadi ada 2 oli ya om ?
1 oli mesin
1 oli AT ?

lokasi tangki oli nya dimana tuh om ?

oli A/T = oli transmisi maksudnya gan01
#4
jadi 1 oli aza ya om ?
tapi oli khusus untuk mesin AT ?

ane biasa motor bawa motor kopling, jadi ga ngarti matic..
baru x ini bawa mobil matic, belom perna servis, jarang bawa pula
>.<
#5
Salam kenal om Denny.. di buku servis Brio, disebutkan penggantian oli transmisi setiap 120 ribu km atau enam tahun sekali, untuk pemakaian normal. Dan saya rasa pemakaian Brio om denny masih normal kan?

Setiap sekali perjalanan berapa km om? kalo di bawah 8 km/perjalanan, oli MESIN harus diganti setiap 5000 km atau 3 bulan sekali.
Website
#6
oh.. berarti untuk mobil matic, oli ada 2.
1 oli mesin, 1 oli transmisi ya om Zik ?

04

mantab..
jadi maloe sayah >.<
#7
Semua mobil ada 2 om
1 oli mesin
1 oli transmisi (manual/matic)

Oli mesin biasanya 5000-10000 KM atau 3 bulan sekali
Oli transmisi (boil ane skrg) biasanya 20000Km(4x ganti oli mesin, ganti oli transmisi) sy ganti

Jd klo om melakaukan perjalan sedikit, ya, 3bulan sekali ganti oli mesin, dan 1 tahun sekali ganti oli transmisinya

IMHO
#8
(12-14-2013, 11:30 PM)dedydut Wrote: Oli mesin biasanya 5000-10000 KM atau 3 bulan sekali
Oli transmisi (boil ane skrg) biasanya 20000Km(4x ganti oli mesin, ganti oli transmisi) sy ganti

Jd klo om melakaukan perjalan sedikit, ya, 3bulan sekali ganti oli mesin, dan 1 tahun sekali ganti oli transmisinya

IMHO

Setuju, untuk oli transmisi minimal 1 tahun sekali / 20.000 km ganti, ngga banyak, paling2 jumlahnya sama seperti oli mesin...menurut saya yang di buku service sampe di atas 100.000km itu adalah flushing...

Untuk transmisis otomatis (matic atau A/T), saat penggantian (biasanya 2-3 liter) tidak bisa semuanya diganti, ada beberapa yang masih tersimpan di dalam ruang transmisi, sehingga secara rutin juga harus di flush atau dikuran menggunakan mesin ATF Charger....nah ini bener2 oli disedot pake mesin, terus oli baru dimasukkan lagi oleh mesin ke ruang transmisi, diputer buat ngebersihin, sedot lagi, isi oli baru, dan seterusnya, biasanya oli yang digunakan mencapai 2 sampai 3x lipat dari ganti oli biasa + biaya menggunakan mesin sekitar 100-400ribu tergantung dimana bengkelnya...

Khusus transmisi otomatis, sebaiknya oli lebih diperhatikan daripada manual, karena oli ini pengaruhnya besar sekali (selain perlakuan kita terhadap transmisi saat mengendarai lho ya, kadang2 orang menggampangkan saja, padahal banyak yang harus diperhatikan), karena kalau transmisi otomatis sudah 'kena', bingin nangis darah benerinnya, bahkan bisa ganti 1 gelonding transmisi yang harganya muahaalll...
#9
ooohh.. begitu... info baru... nah kalo oli transmisi MT gimana om fiqi?
Website
#10
(12-24-2013, 10:38 AM)Zikri Irfandi Wrote: ooohh.. begitu... info baru... nah kalo oli transmisi MT gimana om fiqi?

kalau saya periode penggantiannya sama om, 1 tahun sekali atau 20.000km ganti, keuntungannya adalah manual tidak perlu di flush...




Users browsing this thread: 1 Guest(s)