aksesoris-brio

Apa itu LCGC

#1

Selamat siang lagi para suhu"..kali ini saya pengen ngebahas "Apa itu LCGC" buat nambah" ilmu..sebenarnya LCGC itu mobil yang memang bener murah dan diperuntukkan masyarakat kelas menengah bukan?apakah harga mobil LCGC tiap tahunnya bakal naik?jika begitu menurut saya lcgc hanya kedok buat para ATPM utk mendapatkan subsidi dari pemerintah kemudian selang beberapa tahun harga mobil yang dulunya Terjangkau menjadi sangat tidak terjangkau lg oleh masyarakat kelas menengah..apakah LCGC car skrg nasibnya bakal kayak av*nza dulu 90jt(walau bukan lcgc si) semakim berkembangnya jaman skrg mobil tersebut sudah cukup mahal..daerah ane skrg tipe plg tendah it kisaran 200jt..mohon share pendapat" agan..sekalian bisa bantu nambah" ilmu buat kita" terima kasih 04
#2
LCGC berdasarkan UU, harga tertinggi adalah 95 juta.. Selama UU nggak berubah, yah harganya segitu aja om.. Yg buat naik itu kan BBN nya.. Jadi tergantung daerahnya juga.. BBN setiap daerah berbeda2 kan? CMIIW..

kalo dikatakan ATPM dapat subsidi, imho nggak betul. Karena yg buat murah adalah dibebaskannya kendaraan lcgc dari pajak barang mewah.. Yg mendapatkan subsidi yah konsumennya.. Tentu ATPM di sini juga ada kepentingan. Dengan bebasnya dari PPnBM, dagangan mereka makin laris.

Nah, sebenernya jg, konsumen LCGC ini walaupun mendpatkan subsidi PPnBM, namun subsidi BBM nya diambil, yaitu dg cara mewajibkan mobil LCGC pakai BBM non subsidi.

Sama aja kan? 0 - 0 jadinya.. Hehehe..
Website
#3
Ohhh begitu om zikri asik forum ini selalu ada yang bisa kasi info" berguna ane jd tenang skrg soalnya lagi dimarak"in soal harga mobil lcgc :p
#4
terima kasih om..semoga HBC bisa berguna bagi semua membernya..
jangan sungkan untuk posting klw ada info yang lain seputar brio ya om..
Website
#5
Waah topik "dalam" nih. Ikut coba urun pendapat yah...meski ilmunya cuma dikit.

Ini kita bahas LCGC secara keseluruhan yah...LCGC atau mobil murah dan ramah lingkungan, dikatakan murah karena dalam peraturan disebutkan harga tertinggi 95jt. Karena memang LCGC pasarnya kelas menengah.Tapi....dalam peraturan tersebut juga ada tapinya. Penetapan harga tersebut bisa menyesuaikan dengan keadaan ekonomi yang terjadi di negara kita...nilai tukar rupiah terhadap dollar, inflasi, dsb. Nah...ini terbukti dari beberapa rekan kita yang masih inden tapi mendapat informasi jika harga mengalami koreksi dan naik beberapa juta. Jadi ada kemungkinan nantinya kendaraan LCGC akan mengalami kenaikan harga terus dan sudah tidak bisa dikatakan murah lagi.

Mengenai ramah lingkungan....apakah kendaraan LCGC benar² ramah lingkungan? Menurut saya yang benar² Green Car itu ya mobil listrik, karena mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan. Tapi memang dari segi harga mobil listrik lebih mahal. Sedangkan para pemilik LCGC meski ada aturan penggunaan jenis BBM, dimana jenis BBM diharuskan menggunakan ron 92 dan juga ada aturan jika mobil LCGC menggunakan jenis BBM di bawah ron 92 dan terjadi kerusakan kendaraan disebabkan oleh BBM yang tidak sesuai maka garansi akan hangus. Tapi apakah benar para pemilik kendaraan LCGC taat pada peraturan tersebut? Jujur...masih banyak yang memakai premium untuk kendaraan LCGC-nya.

Sebenarnya saya pribadi mempertanyakan ke arah mana tujuan pemerintah membuat program LCGC ini. Setau saya pemerintah lebih bertujuan pada terciptanya kemandirian industri otomotif untuk menekan impor kendaraan bermotor. Meski pemerintah juga menegaskan bahwa program ini bisa membuka lapangan pekerjaan karena salah satu syarat kendaraan LCGC yaitu memuat 80% komponen lokal. Tapi apakah benar demikian?
Yang terjadi adalah semakin terciptanya kemacetan di beberapa kota besar. Pemerintah pernah berdalih jika kendaraan LCGC ini diperuntukan bagi "rakyat kecil" di daerah dan distribusinya lebih banyak ke daerah. Tapi nyatanya masyarakat perkotaan yang paling banyak memilikinya.
Logikanya...jika memang kendaraan LCGC ditujukan bagi masyarakat yang ada di daerah, mengapa menciptakan kendaraan LCGC berjenis city car? Kenapa bukan jenis kendaraan bermuatan banyak atau berjenis pick up? Kita tahu bahwa infrastruktur jalan di beberapa daerah kurang memadai untuk jenis kendaraan city car.

Jadi berhasilkah pemerintah dalam program ini? Program yang dirasa beberapa pihak terlalu dipaksakan dan terkesan tergesa².
Wherever I Lay My Head Is Home
______________________________________________


Website
#6
Yang saya heran itu tetangga sebelah ud pada naekin harga..saya jmpol buat honda masi komit untuk tidak naekkin harga..jadi kira" yang bakal mempengaruhi kenaikkan harga itu BBN saja yah diluar masalh inflasi dll..kalo ekonomi indo stabil maka kesimpulanya harga dasar mobil lcgc ttp stabil dan ga naik (terkecuali bbn),begitu bukan?
#7
Pernah baca (kalo tidak salah)...pihak Honda tetap akan menaikkan harga kendaraan LCGC tapi masih menunggu keadaan ekonomi makro kita om. Tapi nantinya mereka akan menaikkan secara bertahap harga kendaraan LCGC, karena penyesuaian nilai tukar kurs kita.

(01-19-2014, 11:44 PM)Eric Laze Wrote: jadi kira" yang bakal mempengaruhi kenaikkan harga itu BBN saja yah diluar masalh inflasi dll..kalo ekonomi indo stabil maka kesimpulanya harga dasar mobil lcgc ttp stabil dan ga naik (terkecuali bbn),begitu bukan?

Secara teori sih harusnya begitu, karena memang aturannya begitu.
Wherever I Lay My Head Is Home
______________________________________________


Website
#8
Buat saya..
Tujuan baik, namun regulasi yang tidak jelas, menyebabkan LCGC hanya sebatas semboyan saja...
- Ditujukan buat rakyat "rakyat kecil", namun kalo "rakyat besar" yang beli, apa dilarang?
- Harus ngisi BBM non Subsidi, kalo beli BBM subsidi apa dihukum?
- 80% komponen lokal? emang yang CKD komponen lokalnya brp %?
- dll...dll...
Low Cost karena pajak "disubsidi", kita liat aja sampe berapa lama subsidinya bisa bertahan...
Green Car karena ngisi bbm non subsidi, kalo ngisinya bbm subsidi, apa bisa...
Hehehe...
#9
Saya rasa regulasi ini bakal tahan lama , secara bisa membantu kelas" menengah yg kndaraannya cm motor bisa beralih ke mobil..dan juga kenapa bisa saya katakan lama banyak pemerintah yng pro dengan regulasi lcgc ini , hatta rajasa contohnya dan memang bener otomotif indonesia makin maju walau ga signifikan , bukti dengan duo punya astra ud di ekspor ke india dan malaysia..begitu si opini saya..yah asal selama ATPM tidak menyalahgunakan pembebasan pajak mewah tersebut..yakin nanti makin banyak org yg pake mobil ketimbang motor.,:p
#10
denger2 warga jakarta banyak yg nggak sepakat sama LCGC ini? Karena bikin jakarta tambah macet...
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)