aksesoris-brio

<ASK> Spooring dan balancing

#1

mohon tanya kepada mastah di sini..

ban saya yg kiri belakang dinding ban nya tertembus paku sampe berlubang, di coba tambal ban.
setelah selesai tambal kata tukang tambal, sebaiknya di swap az ban yg uda berlubang dinding nya itu dengan ban serep, karena berbahaya.

akhirnya kmaren di swap dengan ban serep ( ban di copot dari velg )

nah, dapet info, klo ban di copot dari velg wajib balancing .
1. apakah betul (untuk case ini ) ?
2. kalau perlu balancing, apakah perlu 1 ban yg di swap itu saja ? ato 4 ban ( termasuk 3 ban yg di apa2in ) ?
3. kalau balancing, wajib spooring juga ga ?

thx buat para master yg bantu jawab
#2
Dari Saft7.com

Quote:Tujan utama dari proses spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Sedangkan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan.
http://www.saft7.com/pentingnya-balancing-spooring/

Tapi kok ane punya definisi lain yah..

Spooring itu wheel alignment, yang diquote di atas itu yang disebut spooring, jadi menyelaraskan roda kanan kiri, depan - belakang. Ban perlu spooring kalo ada gejala "membuang" ke kanan atar ke kiri.

Sedangkan balancing adalah meratakan distribusi masa di ban. makanya ditambahkan beberapa timah, agar distribusi masa seimbang. Ban perlu dibalancing kalo terasa limbung, goyang-goyang..

Untuk kasusnya om Kurniawan, mungkin yah memang distribusi masa ban serep itu nggak bagus, makanya perlu balancing lagi.

IMHO, jika sebelum ganti ban serep, handling Brio sehat walafiat, yang perlu dibalancing cukup ban serep itu sajah...
Website
#3
Sering denger istilahnya tapi belum ngerti juga...ikut menyimak..
#4
(12-27-2013, 06:54 PM)Zikri Irfandi Wrote: Dari Saft7.com

Quote:Tujan utama dari proses spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Sedangkan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan.
http://www.saft7.com/pentingnya-balancing-spooring/

Tapi kok ane punya definisi lain yah..

Spooring itu wheel alignment, yang diquote di atas itu yang disebut spooring, jadi menyelaraskan roda kanan kiri, depan - belakang. Ban perlu spooring kalo ada gejala "membuang" ke kanan atar ke kiri.

Sedangkan balancing adalah meratakan distribusi masa di ban. makanya ditambahkan beberapa timah, agar distribusi masa seimbang. Ban perlu dibalancing kalo terasa limbung, goyang-goyang..

Untuk kasusnya om Kurniawan, mungkin yah memang distribusi masa ban serep itu nggak bagus, makanya perlu balancing lagi.

IMHO, jika sebelum ganti ban serep, handling Brio sehat walafiat, yang perlu dibalancing cukup ban serep itu sajah...

brarti yg perlu di balancing itu cukup ban serep itu aja ya om Zik ? 04
soale tukang ban dan bbrp org bilang perlu 4 4 nya..
makanya saya bingung, logikanya balancing itu pengerjaan perataan per ban ( ibarat setel velg ), knp mesti 4 yg di stel klo cm 1 yg ganti ban.

nah, klo bawa brio pada kecepatan > 80km per jam, itu biasanya emank agak kayak mo keguling ga sih om ?
#5
hmm.. jarang banget bawa 80kpj.. tapi biasa aja tuh om.. lempeng aja..btw.. kalo disini spooring laser 100ribu, balancing per ban 25ribu...
Website
#6
(12-27-2013, 11:17 PM)KAZ3 Wrote:
(12-27-2013, 06:54 PM)Zikri Irfandi Wrote: Dari Saft7.com

Quote:Tujan utama dari proses spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Sedangkan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan.
http://www.saft7.com/pentingnya-balancing-spooring/

Tapi kok ane punya definisi lain yah..

Spooring itu wheel alignment, yang diquote di atas itu yang disebut spooring, jadi menyelaraskan roda kanan kiri, depan - belakang. Ban perlu spooring kalo ada gejala "membuang" ke kanan atar ke kiri.

Sedangkan balancing adalah meratakan distribusi masa di ban. makanya ditambahkan beberapa timah, agar distribusi masa seimbang. Ban perlu dibalancing kalo terasa limbung, goyang-goyang..

Untuk kasusnya om Kurniawan, mungkin yah memang distribusi masa ban serep itu nggak bagus, makanya perlu balancing lagi.

IMHO, jika sebelum ganti ban serep, handling Brio sehat walafiat, yang perlu dibalancing cukup ban serep itu sajah...


brarti yg perlu di balancing itu cukup ban serep itu aja ya om Zik ? 04
soale tukang ban dan bbrp org bilang perlu 4 4 nya..
makanya saya bingung, logikanya balancing itu pengerjaan perataan per ban ( ibarat setel velg ), knp mesti 4 yg di stel klo cm 1 yg ganti ban.

nah, klo bawa brio pada kecepatan > 80km per jam, itu biasanya emank agak kayak mo keguling ga sih om ?

Ga mau rugi tukang ban nya...
Hahahah

1 aja om, (dgn catt yg 3 emang ga masalah...
Balancing kan diatur tiap roda,
Klo cm 1 yg di ganti, ya 1 itu aja yg di balancing
#7
@om Dedy :
nah kan..
bener..
soale saya berasa aneh, jgn2 tukang ban nya mo nepu neh..
di liat di youtube, balancing itu per velg koq ( balance velg atas ban ban nya )

@Om Zikri:
saya jg agak jarang bawa over 80kmpj sih, tapi pas naek tol 2x dalam 2 hari, ada gejala goyang2 getu.. jadi serem.
#8
Saya selalu mentok speed..mmg sih di 100km/h agak goyang..tp setelah itu..wuenak tenan..hahaha..ngebut melulu sih di tol..kecuali ada polisi jasa marga..baru deh 80km/h..hihihi
Website
#9
agak goyang nya itu maksudnya kayak kiri kanan kiri kanan ( agak gradak gruduk, seolah olah ban ada yg kempes / jalan ga rata ) ya om ?
#10
Yups..klw gw rasa emg jalannya yg nda rata..
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)